11 Channel YouTube untuk Bantu Anak Belajar Bahasa Inggris

Bermodalkan kuota dan buku catatan, anak dapat belajar Bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja

28 Juli 2021

11 Channel YouTube Bantu Anak Belajar Bahasa Inggris
Pexels/Katerina Holmes

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang wajib dikuasai setiap anak. Pentingnya mempelajari bahasa Inggris ditunjukkan ketika anak mulai memasuki usia sekolah, di mana ada kurikulum bahasa Inggris sejak ia berada di taman kanak-kanak.

Namun karena bukan bahasa ibu, anak mungkin merasa kesulitan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu solusi yang dapat Mama berikan adalah memberitahu anak channel-channel YouTube yang mengajarkan bahasa Inggris.

Dengan bermodalkan kuota dan buku catatan, anak dapat belajar bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja. 

Untuk membantu Mama, kali ini Popmama.com akan membahas 11 channel YouTube yang membantu anak belajar bahasa Inggris. Lihat daftarnya di bawah ini ya!

1. BBC Learning English

BBC Learning English adalah bagian dari BBC World Service yang dikhususkan untuk pembelajaram bahasa Inggris. Pada saluran YouTube-nya, mereka menyediakan sumber daya dan kegiatan belajar bahasa Inggris untuk semua orang dari usia berapapun.

Mama tentu tak perlu ragu lagi dengan kualitas pengajarannya, karena BBC Learning English telah mengajarkan bahasa Inggris sejak 1943, sehingga bisa dibilang mereka adalah pengajar bahasa Inggris yang paling tua.

Dalam channel-nya, mereka mengajarkan bahasa Inggris melalui materi audio, video dan teks gratis untuk para pelajar dan guru di seluruh dunia. Anak juga bisa memilih belajar secara full course atau materi secara terpisah dengan durasi video yang lebih singkat.

2. English Addict

Anak-anak dikenal mudah bosan, sehingga menyulitkannya untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam. Agar anak tidak cepat bosan belajar bahasa Inggris, kenalkan ia pada channel English Addict yang dipandu oleh Mr. Duncan.

Channel ini telah dibuat sejak tahun 2006 dan memiliki banyak video tentang materi bahasa Inggris yang cara yang menyenangkan, karena Mr Duncan menggunakan pendekatan yang humoris sehingga membantu anak belajar agar tidak bosan.

Selain itu, materi yang disampaikan juga berisi tentang kehidupan sehari-hari, sehingga sangat mudah diikuti oleh anak-anak dalam menggunakan bahasa Inggris yang tidak terfokus pada grammar.

3. English Singsing

Anak yang lebih berusia muda, yang baru saja ingin belajar bahasa Inggris tentunya akan lebih mudah belajar jika konten yang disaksikan sesuai dengan usianya. Nah channel English Singsing bisa menjadi solusinya.

Di channel ini anak akan melihat konten-konten secara animasi, yang bertujuan untuk membuat anak berpikir sendiri, aktif, dan dinamis. Mama juga akan melihat bagaimana konten yang diberikan menunjukkan kesenangan yang sesuai dengan karakter anak-anak usia muda.

Walaupun ditujukan untuk anak-anak, materi yang diberikan pun sangat lengkap, mulai dari latihan percakapan sehari-hari dengan role play, melatih vocabulary anak dengan beragam lagu-lagu, meningkatkan kemampuan fonik dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

4. English With Lucy

Jika anak tertarik ingin mempelajari bahasa Inggris dengan aksen British, menyaksikan konten video English With Lucy bisa menjadi solusi. Channel ini dimiliki oleh seorang guru bahasa Inggris bernama Lucy. 

Dalam channel-nya anak akan dapat melihat berbagai macam materi yang dapat meningkatkan keterampilan grammar, pronunciation, percakapan bahasa Inggris, dan juga tips-tips belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Editors' Picks

5. Go Natural English

Di kelas bahasa Inggris reguler, anak mungkin hanya belajar tentang tata bahasa Inggris dan kosa kata bahasa Inggris. Namun jika anak belajar dari channel Go Natural English, ia akan melatih percakapan bahasa Inggris-nya dengan lancar, dengan latihan percakapan dan latihan mendengarkan.

Go Natural English merupakan sebuah channel YouTube yang dikelola oleh Gabby Wallace seorang Native Speaker

Pada channel ini, anak akan menemukan beragam materi yang membantunya melatih percakapan bahasa Inggris, mulai dari langkah-langkah agar fasih berbahasa Inggris, idiom, slangexpression and phrasal verbslistening skill, dan lain-lain.

6. Jennifer ESL

Channel Jennifer ESL yang dimulai sejak tahun 2008 oleh seorang Native Speaker bernama Jennifer ini dibuat agar penontonnya dapat berkomunikasi lebih percaya diri dan efektif dalam bahasa Inggris.

Ketika anak masih dalam tingkatan pemula, channel ini berisi lebih dari 200 video yang mengajarkannya seputar pembelajaran bahasa Inggris. Bahkan anak dapat memulainya dari playlist pembelajaran untuk pemula, yang menyediakan berbagai materi untuk percakapan, belajar menulis, grammar, dan lain-lain.

7. Learn English with EnglishClass101.com

Channel YouTube selanjutnya untuk belajar bahasa Inggris adalah Learn English with EnglishClass101.com, yang telah memiliki 5 juta lebih subscribers

Dengan pengajar dengan berbahasa Inggris asli, tentu anak akan lebih mudah dalam mempelajari dan memahami bahasanya. Uniknya, channel ini mengajarkan anak aksen bahasa Inggris Amerika dan juga British. 

Sehingga ia bisa membedakan beberapa kata dan logat dari dua aksen yang berbeda dan paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Mama tak perlu khawatir, karena di sini ada beragam bahan ajaran, mulai dari vocabulary, writing, reading, dan juga speaking

8. Learn English With TV Series

Setiap anak tentunya suka menonton TV, bukan? Ketika anak membutuhkan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris, ini bisa dimulai dari menyaksikan tayangan-tayangan TV dan film favoritnya lho!

Mama dapat mengenalkan anak pada channel Learn English With TV Series. Dalam channel ini anak akan dipandu oleh native speaker untuk belajar melatih percakapannya dan juga pemahaman pendengarannya melalui acara TV, film, dan talk show, dengan cara yang menyenangkan.

9. Oxford Online English

Selanjutnya adalah Oxford Online English memiliki sampai saat ini memiliki subscribers lebih dari 2 juta. Di sini, anak mama bisa belajar percakapan dalam bahasa Inggris untuk melancarkan dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam berbahasa Inggris. 

Selain itu ada berbagai macam materi yang membantu anak belajar bahasa Inggris, misalnya anak menyaksikan konten seputar English Writing yang mengajarkannya bagaimana cara belajar menulis dengan jelas dan akurat.

Lalu juga ada English Grammer, untuk mengajarkan anak menggunakan struktur bahasa Inggris dengan benar, dan juga ada English Pronunciation yang juga penting anak gunakan untuk berbicara dengan jelas dan natural.

10. Speak English With Vanessa

Selanjutnya adalah Speak English with Vanessa. Seperti namanya, anak akan belajar dari perempuan berkebangsaan Amerika Serikat bernama Vanessa yang telah memiliki subscibers sebanyak 3,2 juta. 

Di sini, ada lebih dari 400 yang bisa anak saksikan secara rutin, dan materi yang disampaikan Vanessa bisa tentang grammar, vocabulary, listening, phrasal verb, pronounciation, dan juga ada berbagai tips untuk membuat anak lebih fasih dalam belajar bahasa Inggris. 

11. VOA Learning English

VOA Learning English merupakan sumber pembelajaran bahasa Inggris yang diluncurkan oleh VOA ( Voice of America). Dalam saluran YouTube ini, anak bisa memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya.

Misalnya Beginning Level, yang cocok bagi anak yang baru belajar bahasa Inggris. Pada level ini, ada beragam video pendek yang menjelaskan berbagai kata dalam bahasa Inggris. 

Selanjutnya ada Intermediate Level, di mana anak dapat belajar kata-kata bahasa Inggris dari bidang kesehatan dan gaya hidup, sains dan teknologi, seni dan budaya, dan lain-lain.

Terakhir ada Advanced Level, di mana anak akan mendapatkan materi yang lebih berat, seperti mempelajari literatur klasik Amerika, idiom dan ekspresi, tata bahasa sehari-hari, dan masih banyak lain.

Dengan mengikuti setiap levelnya, diharapkan anak dapat membangun kosa kata, memperkuat keterampilan berbahasa Inggrisnya, kemudian meningkatkan kemampuan komunikasi untuk sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Nah itulah beberapa channel YouTube yang dapat mengajarkan anak bahasa Inggris. Kini anak bisa lebih praktis untuk belajar bahasa Inggris, Mama hanya perlu menyesuaikan channel mana yang sesuai dengan kemampuan awal anak.

Yuk mulai belajar bahasa Inggris di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.