Paling Peka, 5 Zodiak Remaja yang Dikenal Empati Tinggi

Memiliki empati yang terlalu tinggi terkadang jadi "mimpi buruk" pada anak

27 April 2021

Paling Peka, 5 Zodiak Remaja Dikenal Empati Tinggi
Freepik/Seventyfour

Empati adalah kemampuan anak dalam merasakan yang dirasakan oleh orang lain, yang bisa menyenangkan atau mengerikan. Seorang anak yang memiliki sifat empati sejati, membuatnya mampu memproses emosi dari orang lain secara internal.

Beberapa anak memiliki lebih banyak empati, dan beberapa lebih sedikit. Empati memilikiki sedikit kemiripan dengan simpati. Jika simpati memungkinkan anak untuk merasa iba pada orang lain, empati memungkinkannya untuk memahami, berhubungan, dan terikat secara emosional dengan orang lain.

Uniknya, sifat empati pada anak bisa dipengaruhi oleh tanda astrologinya. Beberapa zodiak tertentu memiliki kepekaan dan empati yang tinggi. Zodiak apa saja ya?

Berikut telah Popmama.com rangkum beberapa zodiaknya di bawah ini!

1. Pisces (19 Februari - 10 Maret)

1. Pisces (19 Februari - 10 Maret)
Freepik/Ufabizphoto

Terkadang cukup sulit bagi seorang anak Pisces untuk menjadi orang yang menyenangkan, namun anak juga merupakan seorang empati sejati. Di antara dua hal itu, anak pada dasarnya berada dalam keadaan gelisah dan kecemasan tanpa henti.

Anak berzodiak Pisces mungkin tahu ketika Mama sedang berada dalam kesedihan emosional, dan ia kemudian mendekati Mama untuk merasakan hal negatif tersebut.

Ini dilakukannya bukan hanya karena hanya ingin tahu perasaan Mama, namun karena memiliki keinginan untuk membantu. Ia ingin kehadirannya mampu menenangkan dan mendamaikan orang lain.

Dengan melihat orang lain yang sedih, anak seperti merasakan beban dunia, dan ia berusaha sangat keras untuk tidak membiarkan orang lain tahu bahwa anak merasakan beban tersebut.

Editors' Picks

2. Taurus (20 April - 20 Mei)

2. Taurus (20 April - 20 Mei)
Freepik/Bilahata

Anak berzodiak Taurus sangat peka terhadap lingkaran emosional orang lain, bahkan secara fisik ia bisa selaras dengan orang-orang di sekitarnya. Anak dapat mengenali perasaan di dalam diri orang lain dan ia tidak menunjukkannya.

Anak hanya membiarkan dirinya berada di sana untuk menemani seseorang yang sedih, kemudian mengambil rasa sakitnya. Sifat baik serta keinginan anak untuk membantu benar-benar muncul pada saat itu.

Anak Taurus adalah sahabat yang ingin dimiliki oleh siapa pun, karena sifatnya yang benar-benar empati, dan tahu cara menenangkan orang lain dengan cinta dan kebaikan.

3. Virgo (23 Agustus - 22 September)

3. Virgo (23 Agustus - 22 September)
Freepik

Seorang anak Virgo terpecah antara sifat perfeksionisnya yang keras, dan empati yang benar-benar lembut. Salah satu alasan mengapa anak menjadi begitu dingin dan keras adalah, karena ia harus melindungi diri sendiri.

Anak mencoba memahami segalanya, dan terkadang itu semua sangat menyakitkan untuknya. Sebagai naluri anak untuk bertahan hidup, ia terlihat dingin dan tidak menerima. Namun, ini sebenarnya hanya image yang ingin ditunjukkannya.

Sebenarnya, anak Virgo dapat merasakan segalanya dengan sangat dalam, terutama jika menyangkut hewan. Jika melihat hewan dalam kesusahan, anak hampir tidak bisa bernapas. Empati tertanam dalam di dalam diri anak yang terkadang itu juga menyiksanya.

4. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

4. Scorpio (23 Oktober - 21 November)
Freepik

Meskipun zodiak Scorpio dikenal keras, sebenarnya anak dengan zodiak berlambang kalajengking ini juga merupakan tanda zodiak paling sensitif, perhatian, dan empatik. Bahkan anak selalu terdorong ingin membantu dan membuat orang bahagia.

Ketika anak merasakan temannya dalam masalah, ia berusaha sekuat tenaga untuk mendampinginya. Tapi masalahnya, cara anak dalam menunjukkan empatinya anak tidak selalu tepat. Meski sangat berempati, anak seringkali tidak bisa mengatur emosinya sendiri.

Sehingga cara menyampaikannya pada orang lain bisa diterima secara berbeda dan sering disalahpahami.

5. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

5. Gemini (21 Mei - 20 Juni)
Freepik/bilahata

Zodiak kembar ini memiliki sifat yang empati, dan bagi anak Gemini, tidak selalu mudah untuk menjadi seperti ini. Ia menerima perasaan orang lain dan terkadang itu diproses dalam jiwanya sendiri, sehingga perasaan yang tercampur aduk itu mulai terasa lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Anak Gemini dikenal menghindar dari orang lain karena menyadari rasa sakit dan kecemasan yang dirasakan oleh orang lain itu menyakitkan. Namun jika orang tersebut menghubunginya, anak akan menjadi orang yang berdiri tegak dan datang untuk membantunya.

Menariknya, anak tidak selalu bisa "membantu" karena itu terlalu berat baginya. Namun, ia selalu melakukan yang terbaik, untuk diri sendiri dan orang lain yang terlibat.

Nah itulah beberapa zodiak yang dikenal sangat empati dengan orang lain. Walaupun empati adalah salah satu sifat yang perlu dikembangkan pada anak agar mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain, empati yang terlalu kuat seringkali menjadi perasaan yang membawa mimpi buruk.

Apakah zodiak anak ada dalam daftar di atas, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.