TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

11 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Puncak, Yuk Ajak Anak Healing!

Yuk hilangkah kepenatan anak dengan suasana asri dan sejuk di Puncak

24 Juni 2022

11 Rekomendasi Tempat Wisata Anak Puncak, Yuk Ajak Anak Healing
klook.com

Berkunjung ke tempat wisata di Puncak Bogor, merupakan pilihan yang paling sering warga Jakarta dan sekitarnya lakukan saat akhir pekan atau pada saat hari libur nasional.

Bagaimana tidak, dengan jarak yang tak begitu jauh dari Jakarta, Mama dan anak bisa merasakan suasana baru pegunungan yang sejuk dan terhindar dari kepenatan gedung-gedung tinggi ibu kota.

Banyaknya tempat wisata di Puncak juga bisa memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi anak-anak.

Jika Mama bingung memilih tempat wisata anak di Puncak, kali ini Popmama.com telah menyiapkan beberapa daftarnya di bawah ini. Yuk simak!

1. Cimory Riverside

1. Cimory Riverside
travelspromo.com

Masih terbilang baru, Cimory Riverside merupakan salah satu restoran dan tempat wisata yang populer di Puncak, sejak dibuka pada tahun 2021.

Kepopuleran tempat wisata ini tak lepas dari fasilitas yang diberikan, mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa. Seperti Cimory Forest Walk, Monster Aquarium, Museum Lulu, hingga toko-toko yang menyediakan banyak barang menarik dan area bermain anak.

Jika tertarik untuk mengunjungi Cimory Riverside, Mama bisa mendatangi lokasinya di Jalan Raya Puncak KM 76, Bogor, Jawa Barat.

2. Kampung Nde

2. Kampung Nde
anekatempatwisata.com

Masih terletak di daerah Cipanas, Cianjur, Kampung Nde merupakan lokasi wisata sederhana yang tepat apabila Mama sekadar berkunjung atau menikmati wisata kuliner siang bersama anak dan keluarga.

Ketika masuk, Mama akan disambut oleh saung-saung dan kolam ikan yang bisa kamu pancing ikannya. Lebih jauh ke dalam, Mama bisa mengenalkan anak pada kampung buatan yang berisi kebun sayuran dan kandang hewan ternak kecil seperti ayam, angsa, kelinci, dan bebek.

Di dalam kawasan Kampung Nde ini juga terdapat trek sepeda dan ATV yang tidak terlalu besar, sehingga aman dan cocok bagi anak-anak. Selain itu, anak juga bisa mencoba permainan tradisional seperti egrang, congkak, dan bakiak batok.

Untuk masuk ke Kampung Nde, Mama memang tidak diharuskan membayar tiket masuk. Namun, untuk menyewa sepeda, ATV, dan permainan lain akan dikenakan biaya tambahan di luar makanan yang dipesan di restoran.

3. Kebun Raya Cibodas

3. Kebun Raya Cibodas
Pegipegi.com

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Puncak yang memiliki area yang asri dan sejuk. Hal ini karena tempat wisata ini berada di ketinggian 1.300 sampai 1.425 di atas permukaan laut dengan luas 84,99 hektare. 

Maka dari itu, Kebun Raya Cibodas sangat cocok dikunjungi untuk bersantai, termasuk jika Mama ingin datang bersama anak.

Tak hanya suasananya yang sejuk, di sana juga terdapat banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk foto. Jika lelah saat berkeliling, Mama dapat menyewa sepeda atau menaiki shuttle bus.

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

4. Little Venice

4. Little Venice
Commons.wikimedia.org

Ingin berlibur ke luar negeri namun dengan harga yang terjangkau? Kini Mama dan anak tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri untuk mendapatkan pemandangan alam yang indah.

Cukup datangi Kawasan Little Venice di Cisarua Puncak, yang menyerupai kota Venesia di Italia.

Kawasan Little Venice akhir-akhir ini mendapatkan perhatian dari para wisatawan domestik maupun mancanegara, karena memiliki danau buatan yang dirancang dengan gaya arsitektur menyerupai danau aslinya.

Selain itu, Mama dan anak juga bisa mencoba Mississippi Boat Ride yang akan mengajak berkeliling danau dengan suasana kota a la Little Venice.

Jika ingin mengunjungi Little Venice jangan lupa berfoto ya! Karena banyak spot foto menarik yang membuat anak tampak seperti sedang berlibur di luar negeri.

Untuk mengunjungi Little Venice, Mama bisa mendatangi alamat  jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor.

Editors' Picks

5. Melrimba Garden Cisarua

5. Melrimba Garden Cisarua
itrip.id

Suasana alam yang asri dengan suhu udara yang sejuk dapat membuat anak betah berlama-lama saat mengunjungi Melrimba Garden Cisarua.

Tak hanya udaranya yang sejuk, anak akan melihat taman yang dipenuhi bunga bermekaran yang ditata dengan rapi.

Selain itu, tempat wisata yang berlokasi di berlokasi di Jl. Puncak Km 8, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat ini juga menyediakan fasilitas outbond yang lengkap.

Untuk menambah keseruan dalam liburan, Mama juga bisa mengajak anak untuk bermain ATV, High Rope, Mini Soccer, dan lainnya.

6. Nirvana Valley Resort

6. Nirvana Valley Resort
travelspromo.com

Selanjutnya jika Mama mencari tempat wisata di Puncak yang cocok bermain bersama anak sekaligus bersantai, maka Nirvana Valley Resort bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di sini Mama bisa memilih menginap di vila dengan bentuk yang unik atau juga berkemah di area dengan pemandangan indah. Bahkan juga ada kolam renang dan taman bermain untuk anak-anak yang sedang aktif bermain.

Jika Mama ingin mengunjungi Nirvana Valley Resort, yuk datangi lokasinya di Jalan Puncak Dua, Wargajaya, Bogor, Jawa Barat.

7. Taman Bunga Nusantara

7. Taman Bunga Nusantara
wisatakaka.com

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat wisata yang berada di dalam wilayah adminstratif kabupaten Cianjur.

Di sini Mama dan anak bisa melihat keindahan beragam jenis bunga yang terdapat pada taman seluas 35 hektare ini. Sejumlah taman dari berbagai daerah di Indonesia dapat dikunjungi di sini lho!.

Menariknya lagi, Mama bisa mengajak anak melakukan permainan yang meningkatkan kemampuan kerja sama tim. Karena di Taman Bunga Nusantara ini terdapat labirin yang akan membuat Mama dan anak saling bekerja sama untuk mencari jalan keluarnya.

Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patung-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh.

8. Taman Riung Gunung

8. Taman Riung Gunung
hargatiket.net

Taman Riung Gunung yang berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, ini berjarak hanya 17 km dari pintu tol Ciawi. 

Tempat wisata di Puncak Bogor ini menawarkan kegiatan yang lengkap, tak hanya orangtua namun juga untuk anak-anak. Misalnya bagi orangtua, dapat menikmati makanan khas Sunda atau berjalan di sekitar perkebunan teh yang asri.

Sementara itu, anak bisa bersenang-senang di kolam renang dan wahana permainan yang ada di dalam kawasan Taman Riung Gunung ini.

9. Taman Safari Cisarua Bogor

9. Taman Safari Cisarua Bogor
id.wikipedia.org

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata yang satu ini? Taman Safari Cisarua Bogor menjadi salah satu ikon wisata Puncak yang seringkali menjadi pilihan destinasi wisata alam dan edukasi yang menarik bagi anak-anak, untuk mengenalkan nama-nama hewan serta habitatnya.

Tak hanya mengenalkan anak pada berbagai jenis hewan, anak juga bisa melihat berbagai atraksi atau pertunjukan hewan, dan berbagai wahana permainan.

Jika Mama memiliki anak-anak yang usianya lebih kecil, tersedia juga permainan seperti mandi bola, gajah terbang, climbing car, dan lain-lain, yang dapat menambah keseruan dalam liburan bersama keluarga.

Untuk mengunjunginya, Mama bisa datang ke Taman Safari Cisarua yang berlokasi di Jl. Raya Puncak No 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

10. Taman Wisata Matahari

10. Taman Wisata Matahari
tempatwisata.my.id

Taman Wisata Matahari adalah tempat wisata yang tepat jika Mama ingin mengajak anak rekreasi sekaligus mendapatkan edukasi pada setiap wahananya.

Wisata Puncak Bogor ini menyediakan wahana permaianan menarik dengan fasilitas yang memadai. Seperti wahana permainan air waterpark, arung jeram, paddle boat, sepeda air, perahu naga, dan permainan seru lainnya.

Taman Wisata Matahari ini berlokasi di di Jalan Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

11. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

11. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya
bogorraincake.com

Tempat wisata anak di Puncak yang bisa dikunjungi terakhir adalah Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Sesuai namanya, di sini Mama dan anak bisa bermain dengan rusa.

Anak tak hanya bisa bermain dengan rusa, namun juga bisa mengenal hewan ini lebih dekat. Mulai dari apa makanannya hingga bagaimana cara berkembangbiaknya.

Selain memiliki penangkaran rusa, Mama dan anak juga bisa berfoto di sebuah jembatan gantung yang terbentang tepat di atas sungai Cibeet.

Nah itulah 11 rekomendasi tempat wisata anak di Puncak, yang bisa Mama kunjungi bersama anak saat libur sekolah atau di akhir pekan. 

Dengan suasana asri dan udaranya yang sejuk, dirasa mampu untuk mengisi kembali energi anak dan Mama sebelum kembali beraktifitas. Tak hanya itu, Mama dan anak juga akan mendapatkan pengalaman bermakna yang tak terlupakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk