Sering Mood Swing! 6 Zodiak Anak yang Sulit Mengendalikan Emosi

Suka terlalu sensitif sehingga merasakan emosinya terlalu dalam

16 September 2020

Sering Mood Swing 6 Zodiak Anak Sulit Mengendalikan Emosi
Freepik

Seiring bertambahnya usia anak, ia akan menjadi semakin paham tentang emosi yang dirasakan. Hal ini seharusnya membuat mereka dapat belajar untuk mengendalikan emosi dalam dirinya.

Namun terlepas dari usia, ada beberapa karakter anak yang bisa merasakan perubahan emosi dengan intensitas tinggi. Sehingga, mereka cenderung sering mengalami perubahan suasana hati dengan cepat, atau yang biasa dikenal mood swing.

Perasaan yang sensitif dan suka berubah ini, membuat anak sering murung, dan bertindak impulsif. Beberapa zodiak ini dikenal sering mengalaminya. Zodiak apa sajakah itu?

Berikut ini Popmama.com akan membahas 6 zodiak yang sulit mengendalikan emosinya dan sering mengalami perubahan suasana hati dengan cepat. Yuk simak di bawah ini!

1. Cancer (21 Juni - 21 Juli)

1. Cancer (21 Juni - 21 Juli)
Freepik/Master1305

Anak yang berzodiak Cancer dikenal sensitif, sehingga dapat merasakan semuanya terlalu dalam. Mungkin itu sebabnya mereka mudah moody. Zodiak ini pun paling tidak bisa menutupi isi perasaannya, sehingga perubahan emosinya dapat terlihat langsung oleh orang di sekitar anak.

Ketika dalam mood yang baik, anak akan menunjukkan rasa penuh kasih sayang dan perhatian. Namun, saat mood-nya buruk, mereka tidak dapat terkendali. Mereka tidak segan menyerang atau pergi untuk menunjukkan kekesalannya.

Namun sisi baiknya, anak berzodiak Cancer ini bisa secara jujur mengekspresikan isi perasaannya daripada memendamnya. Anak juga paham bagaimana menenangkan suasana hatinya sendiri, jadi jika mood anak sedang buruk, berikan saja mereka waktu.

2. Pisces (19 Febuari - 20 Maret)

2. Pisces (19 Febuari - 20 Maret)
Freepik/Ksandrphoto
Ilustrasi

Picses terkadang sangat sensitif, sehingga suasana hati anak cepat berubah. Masalah-masalah kecil dapat membuat anak murung, dan bersedih.

Karena itu lah anak yang berzodiak Picses ini sangat takut berada dalam konflik, sehingga mereka cenderung menyelesaikannya di belakang.

Anak cenderung tidak akan menghadapi masalahnya secara langsung, mereka merasa tidak memiliki mental yang kuat. Namun hal ini bukan berarti menunjukkan mereka lemah. Sebaliknya, mereka melakukannya sebagai cara untuk mencari solusi dari masalahnya tersebut.

Editors' Picks

3. Scorpio (22 Oktober - 21 November)

3. Scorpio (22 Oktober - 21 November)
Freepik/Ulkas

Anak dengan zodiak berlambang kalajengking ini, menggunakan perasaannya ketika berada dalam masalah. Suasana hatinya dapat tercermin dari ekspresi dan sikapnya.

Mereka tidak dapat menyembunyikannya ketika dalam kondisi yang buruk, karena Mama bisa melihatnya dari raut wajah anak.

Saat berhadapan dengan masalah, anak hanya ingin merasakannya sendiri. Akibatnya, hal ini bisa berpengaruh pada kegiatan sehari-harinya.

Mereka mungkin akan memutar lagu-lagu sedih, berdiam diri di kamar, atau marah di depan cermin. Namun semua ini juga sebagai cara agar dirinya segera bertindak dan tidak murung sepanjang hari.

4. Aries (20 Maret - 19 April)

4. Aries (20 Maret - 19 April)
Freepik/User11472009

Aries tidak akan menyimpan perasaan mereka sendiri, ia cenderung marah kepada siapapun. Anak juga termasuk keras kepala dan ingin menunjukkan kebenaran yang mereka pegang.

Namun kemarahan mereka hanya bertahan sebentar, karena itu hanya luapan emosi dalam diri anak. Anak yang berzodiak Aries tidak menyimpan dendam pada orang lain, bahkan mereka juga tidak malu meminta maaf jika sudah melakukan sesuatu dengan berlebihan.

Sifat impulsif dalam dirinya seringkali tidak terkendali dan tergesa-gesa. Mereka juga terkadang tidak bisa mengendalikan emosinya dengan baik.

5. Libra (22 September - 22 Oktober)

5. Libra (22 September - 22 Oktober)
Freepik/drobotdean

Ketika anak yang berzodiak Libra melakukan kesalahan, saat itulah suasana hatinya dapat berubah-ubah. Mereka jadi takut orang lain marah dan menjauhinya. Karena terkadang, anak memang tidak sengaja melakukan kesalahan-kesalahan.

Namun buruknya, ketika suasana hati anak sedang tidak baik ia cenderung menebusnya dengan murung seharian, dan menyesali segalanya. Mereka menempatkan beban perasaan orang lain pada dirinya, dan hal ini bukan keputusan yang tepat.

Karena belum tentu orang lain benar-benar marah, namun kadang semua itu hanya pikiran negatifnya saja. Jadi ingatkan anak untuk berhenti merasakan sesuatu secara berlebihan ya Ma, terutama untuk sesuatu yang tidak ada hubungannya sekalipun.

6. Gemini (20 Mei - 20 Juni)

6. Gemini (20 Mei - 20 Juni)
Freepik

Zodiak dengan lambang kembar yang satu ini, tidak ingin menunjukkan rasa sedihnya di depan orang lain. Namun, bagaimanapun caranya anak tidak mampu menyembunyikannya. Ketika Mama bertanya keadaannya, anak akan menjawab baik-baik saja dan tidak jujur tentang suasana hatinya.

Meski begitu, sebenarnya banyak orang yang menyadari bahwa anak sedang mengalami masalah. Anak yang berzodiak Gemini ingin selalu terlihat bahagia, tetapi ia seringkali melampiaskan perasaannya lewat media sosial.

Sehingga, Mama bisa ingatkan pada anak jika dengan mengakui kesedihan dan menunjukkan apa adanya, bukan berarti dirinya lemah.

Mencoba menyembunyikan perasaan memang bukan tindakan yang tepat, jika terus menerus dipendam dan pura-pura bahagia, itu hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental anak. Jadi terus ingatkan anak untuk lebih terbuka tentang perasaan yang dialaminya ya, agar ia tidak memendamnya sendirian.

Itulah zodiak yang sulit mengendalikan emosinya, harap maklum ya Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.