5 Zodiak Remaja yang Gampang Minder dan Insecure di Kondisi Tertekan

Memiliki potensi dan kemampuan tapi tidak percaya diri saat harus menunjukkannya

11 Oktober 2020

5 Zodiak Remaja Gampang Minder Insecure Kondisi Tertekan
Freepik/drobotdean

Membangun rasa percaya diri yang kuat bukanlah hal mudah, seorang remaja harus mengerti cara mencintai diri sendiri terlebih dahulu yang dimulai dari dalam, atau biasa disebut dengan self esteem.

Dengan cara ini, anak dapat menghargai diri sendiri dan tidak mudah merasa insecure.

Anak yang memiliki self esteem rendah, cenderung sulit mencintai diri sendiri dan sering membanding-bandingkan kehidupannya dengan orang lain.

Sama hal nya ketika mereka semangat memiliki ide-ide baru.

Tidak hanya menyumbang ide saja, anak juga menjadi pelaku hingga idenya benar-benar terwujud. Namun, ketika ia diragukan, dipertanyakan dan dipersulit dengan orang-orang sekitarnya maka beberapa remaja justru minder dan insecure.

Kali ini Popmama.com akan membahas 5 zodiak remaja yang gampang minder dan insecure. Ada zodiak apa saja ya, Ma?

1. Aries (20 Maret - 19 April)

1. Aries (20 Maret - 19 April)
Freepik

Mungkin aneh melihat zodiak yang paling percaya diri seperti Aries, masuk ke dalam daftar ini. Remaja berzodiak Aries memang dikenal paling percaya diri dan terlihat tanpa keraguan sedikit pun.

Padahal dalam hatinya, anak sering merendahkan dirinya karena ia memiliki sifat yang kompetitif. Anak selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari siapapun, yang membuat mereka makin sangat kompetitif.

Mereka juga sering merasa sedih ketika membandingkan pencapaian dirinya dengan orang lain.

Di sini Mama perlu ingatkan anak untuk menyadari bahwa dalam hidup ini tidak semuanya bisa dibanding-bandingkan dengan orang lain.

Editors' Picks

2. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

2. Gemini (21 Mei - 20 Juni)
Freepik.com/photoroyalty

Tantangan dalam kelompok seperti di sekolah, komunitas, atau dalam keluarga sering membuat remaja berzodiak Gemini memiliki ambisi yang kuat. Mereka bangga dengan kecerdasan dirinya dan suka bertukar pikiran dengan orang lain.

Tetapi ketika situasi semakin sulit, anak cenderung menjadi tidak terkendali. Zodiak berlambang kembar ini, cemas ketika dipandang rendah dan tidak bisa membuktikan kemampuannya.

Ekspektasi anak yang tinggi, membuat mereka merasa dituntut bisa dalam segala hal.

Sehingga, seharusnya anak yang berzodiak Gemini ini tidak perlu “angkuh” dengan kemampuannya, dan cobalah untuk meminta bantuan atau belajar bekerja sama.

3. Virgo (22 Agustus - 22 September)

3. Virgo (22 Agustus - 22 September)
Freepik

Kemampuan berpikir yang unggul dan perfeksionis adalah kelebihan utama seorang remaja Virgo. Mereka merupakan pemikir dan perencana yang hebat. Namun tanpa disadari hal ini juga menjadi sumber kelemahannya.

Mereka cenderung tidak menikmati hidupnya karena terdapat banyak hal yang mereka pikirkan.

Anak yang berzodiak Virgo ini, dapat menderita kecemasan dan kekhawatiran hanya karena tekanan untuk mengejar kesuksesan pribadi.

Padahal sebenarnya tidak ada ruginya bagi anak untuk sekadar terlepas dari belenggu rutinitas sehari-hari, dan mencoba menikmati hal-hal sederhana di sekitarnya.

4. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

4. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)
Freepik/Jcomp

Ambisi remaja Capricorn yang besar membuatnya memiliki harapan yang tinggi tentang kesuksesan dalam hidup. Mereka memiliki semangat pantang menyerah dalam berjuang.

Namun sifat inilah yang juga membuat anak tidak pernah puas dengan hasil yang dicapainya. Anak cenderung selalu merasa rendah diri dan menganggap belum memenuhi standar yang diharapkan.

Agar tidak menjadi overthinking dan berujung pada stres atau depresi, Mama bisa ingatkan anak untuk bersyukur atas apa saja yang telah ia raih dan menikmati proses yang dijalani, serta luangkan waktu untuk istirahat.

5. Aquarius (20 Januari - 18 Febuari)

5. Aquarius (20 Januari - 18 Febuari)
Freepik/Dashu83

Anak yang berzodiak Aquarius ini terlihat menonjol dengan sisi kreatif dan inovatif dalam diriya. Sifat ini lah yang juga membuat mereka tampak berbeda dari yang lain.

Walaupun begitu, terkadang tekanan yang ada dalam diri anak membuat mereka jadi takut dengan penilaian orang lain. Mereka jadi canggung untuk mengeluarkan ide-ide baru dan mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan.

Sehingga, remaja Aquarius harus mulai percaya dengan kemampuannya dan perlu menyadari bahwa orang-orang tidak memiliki persepsi buruk tentangnya.

Anak remaja perlu menumbuhkan self esteem dengan lebih mencintai diri sendiri dan berfokus pada pontensi dan kemampuan yang dimilikinya, karena hal-hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dalam kehidupan sosialnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.