TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Arti Mimpi Menulis, Pertanda Baik atau Buruk?

Mimpi menulis akan membantu anak mengekspresikan dirinya

13 Agustus 2021

10 Arti Mimpi Menulis, Pertanda Baik atau Buruk
Unsplash/artempodrez

Pada umumnya, anak akan bermimpi saat ia sedang tertidur. Tak jarang anak penasaran tentang arti atau makna yang tersirat dari apa yang ia mimpikan ketika tidur. Makna mimpi sedang menulis menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang ingin disampaikan anak pada orang lain.

Selain itu mimpi ini juga melambangkan keinginan anak untuk berkomunikasi dan juga interaksi dengan lingkungannya.

Mimpi ini bukan sekadar melakukan aktivitas menulis, namun ada makna tersirat sebagai tanda dari alam bawah sadar dan pikiran.

Popmama.com berhasil merangkum beberapa arti mimpi menulis yang bisa dijadikan pertanda baik atau buruk. Simak penjelasannya!

1. Bermimpi sedang menulis

1. Bermimpi sedang menulis
Unsplash/katerinaholmes

Saat anak melihat dirinya sedang menulis dalam mimpinya, itu menunjukkan bahwa anak tidak bisa mengungkapkan perasaan dan pikirannya kepada orang-orang di sekitarnya. Menulis menjadi salah satu bentuk untuk menyampaikan pesan.

Mungkin anak sulit untuk mengutarakan keinginannya kepada Mama selama ini, atau ia memiliki pemikiran sendiri tentang apa yang harus ia lakukan.

2. Mimpi menulis cerita

2. Mimpi menulis cerita
Unsplash/andreapiacquadio

Anak-anak memang hobi dalam bercerita atau mengutarakan isi hatinya melalui cerita, namu berbeda jika ia bermimpi sedang menulis cerita. Mimpi ini menunjukkan akan tercapainya semua yang dicita-citakan anak.

Anak Mama mencoba untuk menciptakan dunianya sendiri saat sedang bermimpi menulis atau mengarang cerita. Cobalah untuk membebaskan anak dalam memilih apa yang dia inginkan, tentunya masih dalam pengawasan Mama dan Papa ya!

3. Mimpi menulis menggunakan pulpen atau pensil

3. Mimpi menulis menggunakan pulpen atau pensil
Unsplash/artempodrez

Menulis dengan menggunakan pulpen menjadi simbol yang baik, yaitu berupa pengambilan keputusan besar dalam kehidupan anak Mama. Keputusan ini nantinya akan berpengaruh besar di hari esok.

Tak hanya itu, mimpi menulis menggunakan pulpen menunjukkan bahwa anak mama memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat berguna untuk masa depannya. Berbeda jika anak bermimpi menulis dengan pensil, ini menandakan anak akan mengalami keraguan dalam hidupnya.

4. Bermimpi menulis di buku

4. Bermimpi menulis buku
Freepik/freepik

Jika tadi mimpi menulis menggunakan pulpen, kini saat anak bermimpi menulis di buku menandakan bahwa ia ingin menunjukkan kreativitas yang dimilikinya selama ini. Anak akan lebih suka mencoba hal-hal baru yang lebih menantang.

Memimpikan hal tersebut juga menandakan bahwa anak ingin selalu diingat dan dikenang oleh orang-orang terdekatnya. Terkadang anak membutuhkan dukungan dari Mama untuk meneruskan minat dan bakatnya.

Editors' Picks

5. Arti mimpi tulisan yang jelek

5. Arti mimpi tulisan jelek
Unsplash/lesanderson

Bentuk tulisan anak memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Saat anak memimpikan bahwa tulisannya itu jelek, maka itu merupakan pertanda ia akan mendapat prestasi yang memuaskan. Meski begitu, lingkungan terdekat anak akan meremehkan dan tidak mendukungnya.

Hal berbeda dirasakan anak jika melihat tulisan bagus dalam mimpinya. Tulisan-tulisan bagus ini akan memberi tahu ia akan sebuah kesuksesan yang bisa menciptakan kecemburuan dan reaksi dari lingkungannya.

6. Mimpi menulis nama

6. Mimpi menulis nama
Unsplash/hajjidirir

Menemukan jati diri anak bisa menjadi jawaban dari apa yang selama ini ia mimpikan, salah satunya adalah mimpi menulis namanya di kertas. Namun jika anak bermimpi menulis nama orang yang ia sayangi, ini pertanda dirinya sedang merindukan orang tersebut.

Memimpikan dirinya sedang menulis tanda tangan sama juga menjadi pertanda bahwa sang anak sudah bisa menemukan jati dirinya dengan baik. Mama hanya perlu mendampingi anak saat proses menemukan jati dirinya, agar anak tidak salah dalam menemukannya.

7. Mimpi menulis huruf arab atau hijaiyah

7. Mimpi menulis huruf arab atau hijaiyah
Unsplash/drewpera

Apakah anak Mama pernah memimpikan sedang menulis tulisan arab, seperti kaligrafi atau menulis Al-Quran? Jika iya, maka mimpi tersebut menjadi pertanda baik akan datangnya ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Terlebih pengetahuan agama akan bermanfaat bukan hanya di dunia saja, melainkan hingga akhirat kelak. Apabila anak bermimpi tidak bisa menuliskan huruf araba tau hijaiyah, maka mimpi tersebut akan memberikan rasa kurang percaya diri pada anak Mama.

8. Bermimpi menulis angka

8. Bermimpi menulis angka
Pexels/oliadanilevich

Saat tertidur anak akan bermimpi menulis sebuah angka, jika Mama menemukan hal demikian pada anak itu menandakan bahwa anak akan mendapatkan keuntungan dan rejeki yang melimpah.

Keuntungan tersebut tidak hanya berbentuk uang, bisa saja dalam bentuk kebahagiaan, kesehatan, maupun keuntungan lainnya. Jika yang dituliskan adalah angka dalam sejumlah uang, kemungkinan jumlah uang yang akan didapat sesuai dengan yang tertulis.

9. Mimpi menulis kata-kata

9. Mimpi menulis kata-kata
Freepik/karlyukav

Secara tidak sadar, percakapan selama seharian beraktivitas terkadang ikut masuk ke dalam alam bawah sadar anak, seperti saat bermimpi. Bermimpi menulis kata-kata bisa dianggap sebagai cara untuk menarik perhatian saat berbicara dengan lingkungan sekitar.

Mimpi ini juga menandakan anak yang sedang berusaha untuk berkomunikasi dengan seseorang. Jika anak memimpikan sedang menulis surat, maka bisa diartikan bahwa sang anak belum bisa mengekspresikan emosi yang ia miliki.

10. Mimpi menulis dengan kapur di papan tulis

10. Mimpi menulis kapur papan tulis
Unsplash/artempodrez

Apabila anak Mama bermimpi sedang menulis dengan kapur di papan tulis, ini akan memberitahunya bahwa selama ini pikiran-pikiran buruk dalam dirinya akan segera hilang.

Mimpi ini bisa memberikan firasat pada sang anak mengenai kesedihan dan permasalahan yang ia alami akan segera terhapus. Hal ini seiring dengan saat anak menulis dengan menggunakan kapur akan dengan mudahnya terhapus.

Dari penjelasan di atas mengenai arti mimpi menulis, menurut Mama ini menjadi pertanda baik atau buruk? Terlapas dari itu semua, semoga arti mimpi menulis membuat anak Mama menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk saat ini dan masa depannya kelak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk