12 Lagu Barat Masa Kini yang Isinya Inspiratif untuk Anak Mama

Selain menghibur, daftar lagu ini punya pesan moral yang inspiratif untuk anak, nih!

19 Februari 2019

12 Lagu Barat Masa Kini Isi Inspiratif Anak Mama
Pixabay/Irfancanon
Lagunya bagus nih, Ma!

Siapa yang tidak suka musik? Hmm, rasanya tidak ada yang menjawab tidak suka ya. Di usia menjelang remaja, ABG Mama tentu punya jenis musik yang paling ia sukai. Musik yang bisa  menciptakan perasaan senang, termotivasi, dan bersemangat.

Sayangnya, musik masa kini jarang cocok untuk didengar anak-anak. Banyak lagu yang terlalu dewasa liriknya. Membicarakan cinta, patah hati, atau masalah sosial yang berat yang tidak relevan untuk didengar oleh Si Anak.

Nah, lagu-lagu mana yang cocok untuk mereka?

Popmama.com merangkum daftar lagu masa kini yang memiliki pesan moral dan lirik untuk membangkitkan semangat si Anak. Yuk, kita intip!

1. Indina Mezel - Let It Go

1. Indina Mezel - Let It Go
Youtube.com/AttractionsMagazine

Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi Indina Mezel dan terkenal karena dipakai sebagai soundtrack film Frozen (2013) . Lagu ini memiliki pesan moral yang sangat baik, yaitu membangun sikap anak yang kuat meski memiliki keterbatasan.

Anak mama bisa menghadapi rintangan jika ia senantiasa berpikir positif. 

2. Selena Gomez - Who Says

2. Selena Gomez - Who Says
Youtube.com/TrisRorris

Aktris sekaligus penyanyi papan atas Selena Gomez memang banyak menulis lagu tentang cinta remaja. Akan tetapi, ada satu lagu karyanya yang berbicara tentang membangkitkan percaya diri.

Lagu berjudul Who Says yang ia populerkan pada 2012 ini mengajar anak untuk mencintai dirinya sendiri tanpa peduli dengan komentar negatif dari orang lain.

Lirik terbaik dari lagunya ini, "You've got every right to a beautiful life. C'mon, who says? Who says you're not perfect? Who says you're not worth it?" 

3. Selena Gomez - Kill 'Em with Kindness

3. Selena Gomez - Kill 'Em with Kindness
Youtube.com/SelenaGomezVEVO

Lagu lain karya Selena Gomez yang bernilai positif mengajak anak untuk memiliki sikap yang penuh dengan kasih sayang, yaitu membalas hal-hal yang negatif dengan kebaikan. 

Lagu Kill 'Em with Kindness ia populerkan pada 2017. Liriknya mendorong anak bersikap baik dan fokus pada prestasi yang ingin dicapainya, "membunuh" semua kejahatan dengan kebaikan.

Bagus, ya!

4. Grace Vanderwaal - Clay

4. Grace Vanderwaal - Clay
billboard.com

Penyanyi cilik Grace Vanderwaal adalah juara kompetisi pencarian bakat America's Got Talent pada 2016. Ia menulis sebuah lagu yang menyuarakan respon yang tepat saat menghadapi hal-hal yang tidak baik, seperti verbal bullying.

Berjudul Clay, lagu ini secara khusus mengingatkan anak kalau mereka bukanlah cerminan dari clay atau tanah liat yang dapat dibentuk begitu saja oleh orang lain. Dengan kata lain, identitas anak tidak seharusnya terbentuk dari komentar negatif yang bisa saja diarahkan oleh temannya kepadanya, atau siapapun itu.

Hal ini disebutnya secara spesifik melalui pengalamannya dalam lirik yang berbunyi, "They don't work. No, they don't hurt. Watch them just go right through me because they mean nothing to me. I am not clay".

5. Taylor Swift - The Best Day

5. Taylor Swift - The Best Day
Youtube.com/TaylorSwiftVEVO

Lagu The Best Day karya Taylor Swift ada di album Fearless, Platinum Edition (2008). Lagu ini membicarakan suasana keluarganya yang hangat dan penuh cinta kasih.

Ini nih, lirik yang memberi gambaran keluarga yang indah tersebut, "I have an excellent father. His strength is making me stronger. God smiles on my little brother... And you (Mama) are the prettiest lady in the whole wide world... I grew up in a pretty house..."

Sebagai ungkapan kebahagiaannya, Taylor Swift bernyanyi, "I had the best days with you." So sweet banget. 

6. Justin Bieber feat. Jaden Smith - Never Say Never

6. Justin Bieber feat. Jaden Smith - Never Say Never
Youtube.com/AnonymousBelieber

Kalau Mama ingin Si Anak percaya akan impiannya dan tidak mudah menyerah, lagu Never Say Never yang dipopulerkan oleh Justin Bieber dan Jaden Smith ini dapat dijadikan lagu tema.

Lagu yang menjadi soundtrack dari film The Karate Kid (2010) ini menyuarakan pesan yang sangat inspiratif, yaitu jangan membatasi diri dengan segala keterbatasan sebagai alasan untuk mengatakan bahwa kita tidak akan pernah bisa.

Sebaliknya, lagu ini mengingkatkan kalau Si Anak dapat mengalami momen "Nothing is impossible. So, never say never!"

Editors' Picks

7. Miley Cyrus - Climb

7. Miley Cyrus - Climb
Youtube.com/ytvideos57

The Climb mendorong anak untuk percaya akan impiannya, berani melangkah dan tidak mudah menyerah. Lagu karya Miley Cyrus ini dipopulerkannya pada 2009. Lagu ini mengajak anak untuk melihat bahwa tidak ada yang pernah terlambat dalam meraih sesuatu.

Seperti mendaki gunung, perjalanan bukanlah semata-mata mengenai seberapa cepat kita sampai pada puncak, tapi tetap mendaki tanpa berhenti atau berbalik mundur.

Miley Cyrus mengungkapkan dalam liriknya "Just got to keep going and I gotta be strong. Just keep pushing on, 'cause there's always gonna be another mountain.... It's the climb."

8. Mandy Moore & Zachary Levi - I See The Light

8. Mandy Moore & Zachary Levi - I See The Light
Youtube.com/JohnnyRico

Last but not least, yuk, ajak Si Anak menikmati setiap hari-harinya dengan perasaan bersyukur dan melihat sisi positif sekecil apa pun. Hal ini turut disuarakan oleh Mandy Moore dan Zachary Levi melalui lagu I See The Light yang menjadi soundtrack dari film Disney berjudul Tangled (2010).

Lagu ini mengingatkan Si Anak kalau ia dapat merasakan keindahan dari hari-hari yang ia lalui meskipun terasa biasa saja. Hal ini tertulis dalam liriknya yang berbunyi, "And it's like the sky is new. And it's warm and real and bright. And the world has somehow shifted. All at once everything is different."

Terdengar sangat indah dan puitis ya, Ma! 

9. Miley dan Billy Ray Cyrus- Ready, Set, Don't Go

9. Miley Billy Ray Cyrus- Ready, Set, Don't Go
Flickr/ Norrismoonlight

Lagu ini mengingatkan anak bahwa orangtua senantiasa mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ayah kandung Miley, Billy Ray mengungkapkan kegalauan hatinya ketika mengingat anaknya akan segera pergi meninggalkannya untuk mengejar cita-citanya. Lagu yang dirilis saat Miley berusia 14 tahun ini menduduki peringkat 100 besar tangga lagu Billboard. Billy Ray bilang lagu ini adalah tanda restunya untuk sang puteri yang mengejar cita-citanya. 

"She's waiting my blessing before she hits that open road. Baby get ready, set, don't go!"

10. Eminem- Not Afraid

10. Eminem- Not Afraid
Flickr/ Sebastian Vital

Buat anak mama yang suka musik rap, lagu Eminem ini sangat inspiratif. Rapper asal Amerika Serikat ini mengungkapkan kisah hidupnya dan memberi semangat agar tidak perlu takut menghadapi apa pun yang tantangan dan hadangan hidup. 

"We'll walk this road together, through the storm. Whatever weather, cold or warm. Just letting you know that, you're not alone."

11. Keala Settle- This is Me

11. Keala Settle- This is Me
fr.wikimedia.org/ Dick Thomas Johnson

Salah satu soundtrack film The Greatest Showman ini memiliki irama yang membangkitkan semangat. Penyanyinya Keala Settle menjadi pemeran tokoh anggota sirkus, perempuan bertubuh besar dengan jenggot di wajahnya. Keala memiliki vokal sekelas Broadway dan menyanyikan lagu yang mengobarkan semangat agar semua orang berani tampil apa adanya. Walaupun orang sekeliling menghina penampilan, kepandaian, atau kekayaan, setiap orang harus berani tampil sebagai dirinya sendiri. 

Ayo, anak mama harus seberani Keala!

"I am brave, I am bruised. I am who I'm meant to be, this is me."

12. Hugh Jackman&Michelle Williams- A Million Dreams

12. Hugh Jackman&Michelle Williams- A Million Dreams
imdb.com

"Jangan takut bermimpi". Itu pesan yang disampaikan di dalam lagu terkenal ini. Lagu yang dinyanyikan Hugh Jackman dan Michelle Williams di dalam film The Greatest Showman ini mengajak anak mama untuk percaya diri dan tidak peduli dengan kata-kata negatif orang yang tidak mempercayai kemampuan anak mama untuk berhasil. Lagu ini juga mendorong anak mama untuk memiliki mimpi dan cita-cita serta selalu semangat untuk mewujudkannya. 

"A vision of the one I see. A million dreams is all it's gonna take. A million dreams for the world we're gonna make."

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!