Apakah Anak Mama tidak Bahagia di Sekolah? Ini Cara Mengetahuinya

Anak Mama mendadak murung saat kembali dari sekolah? Cari tahu penyebabnya!

17 Januari 2019

Apakah Anak Mama tidak Bahagia Sekolah Ini Cara Mengetahuinya
Pixabay/RachelBostwick

Apakah anak Mama merasa senang di sekolah? Atau jangan-jangan anak tidak nyaman tapi malah diam saja?

Akan lebih baik jika anak Mama bercerita mengenai perasaannya selama di sekolah. Tetapi Mama tidak bisa menunggu sampai anak mau bercerita.  Ada kalanya mereka merasa takut atau tidak nyaman untuk bercerita. Atau takut akan reaksi Mama jika mengetahui ia seringkali diganggu oleh temannya.  

Nah, bagaimana caranya agar Mama mengetahui perasaan anak di sekolah jika mereka tidak bercerita ke Mama? Simak ulasan berikut.

1. Sering-seringlah berbicara dengan anak tentang sekolah

1. Sering-seringlah berbicara anak tentang sekolah
Rawpixel/492115

Atur waktu rutin untuk membahas acara sekolah: sebelum makan malam, saat mandi, kapan pun. Ajukan pertanyaan tentang topik yang telah disebutkan anak sebelumnya untuk menunjukkan bahwa Mama benar-benar tertarik dengan apa yang terjadi dalam hidupnya.

Anak mungkin tidak ingin berbagi berita buruk tentang sekolah, terutama soal hukuman. Dengan mendengarkan dengan tenang dan tidak memulai ‘pidato’, Mama akan mendorong anak untuk jujur ‚Äč‚Äčtentang pengalaman buruk di sekolah. Ketika Mama merespon, koreksi perilaku dan bukan anak itu. Diskusikan dengan anak bagaimana cara menyelesaikan masalahnya.

2. Ajukan pertanyaan terperinci

2. Ajukan pertanyaan terperinci
Freepik/freephoto

Jangan hanya bertanya, "Bagaimana sekolah hari ini?" dan puas dengan "Oke."

"Mama tidak dapat selalu mempercayai jawaban seorang anak untuk pertanyaan ini," kata Gwynn Mettetal dari Indiana University South. Sebaliknya, ia menyarankan untuk mengajukan pertanyaan yang akan menghasilkan lebih dari satu kata jawaban.

Tanyakan kepada anak pelajaran kesukaannya dan mana yang paling sulit. Cari tahu apa yang paling disukainya dari gurunya. Pertanyaan bagus lainnya termasuk, "Apa peristiwa yang paling menyenangkan hari ini?" dan "Teman mana yang bermain denganmu saat istirahat?"

Editors' Picks

3. Mama aktif di sekolah

3. Mama aktif sekolah
pexels.com/lifeofpix

Dengan meluangkan waktu saat ada kegiatan orangtua dan anak di sekolah, Mama bisa memperhatikan perilaku anak di sekolah. Bagaimana saat ia bermain dengan temannya, melihat gurunya mengajar atau berinteraksi dengan murid. Mama dapat melihat langsung jika ada masalah dengan anak.

Mengantar anak ke sekolah setiap hari juga bisa dilakukan jika Mama sibuk di kantor dan tidak bisa mengikuti kegiatan sekolah.

4. Tetap berhubungan dengan guru

4. Tetap berhubungan guru
Freepik/pressfoto

Guru menghabiskan lima hari seminggu dengan anak. Jika anak Mama tiba-tiba tampak tidak bahagia di sekolah atau memiliki masalah dengan sekelompok teman, guru mungkin lebih tahu tentang situasinya daripada Mama.

5. Bagaimana tanda-tanda anak tidak bahagia di sekolah?

5. Bagaimana tanda-tanda anak tidak bahagia sekolah
Freepik/Rawpixel.com

Jika anak Mama menghadapi masalah di sekolah, biasanya anak akan menunjukkan gejala berikut:

  • Sakit perut sebelum sekolah

Jika ini terjadi berulang kali, anak Mama mungkin khawatir tentang sesuatu di sekolah.

  • Gugup

Anak perilaku yang tidak biasa seperti menggigit kuku, mengisap jempol, menarik rambut, atau mengompol.

  • Diam

Anak berhenti berbicara tentang sekolah atau menjadi gugup ketika guru, pekerjaan rumah, atau apa pun yang berkaitan dengan sekolah.

  • Bosan

tampaknya tidak tertarik dengan pekerjaan sekolah dan pekerjaan rumah atau tidak lagi membawa pulang pekerjaan dari kelas.

  • Takut kembali ke sekolah setelah libur

Setelah libur panjang, biasanya anak-anak tidak sabar untuk kembali ke sekolah dan bertemu dengan temannya. Bila anak Mama terlihat berat sekali untuk masuk sekolah, Mama perlu curiga. Tunggu beberapa hari setelah masuk sekolah, bila tidak terjadi perubahan, Mama bisa bertanya dan mencari solusinya bersama dengan anak.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: