Yuk, Dicoba! 8 Cara Belajar Efektif untuk Anak SD

Cara belajar mana yang paling cocok untuk anak Mama?

11 Juni 2019

Yuk, Dicoba 8 Cara Belajar Efektif Anak SD
Pixabay/white77

Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda satu sama lain. Ada yang langsung mengerti saat diterangkan di kelas, ada yang harus membaca sambil mencatat, dan mungkin anak Mama adalah harus belajar dengan sistem SKS (sistem kebut semalam).

Sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui cara belajar yang efektif untuk anak. Setelah menemukan caranya, Mama dapat lebih mudah membantu anak belajar.

Popmama.com mengulas beberapa cara belajar yang efektif untuk anak SD.

1. Belajar dengan teratur

1. Belajar teratur
freepik

Belajar teratur dapat diawali dengan membiasakan anak untuk membaca buku di waktu tertentu setiap hari. Dengan ini, anak dapat mencicil beberapa bahan, tidak membaca sekaligus menjelang ulangan atau ujian. Belajar yang dilakukan secara teratur akan menjadi sebuah kebiasaan baik bagi anak Mama.  Sehingga anak akan merasa terbiasa dan tidak tertekan atau bosan dalam belajar meski mereka sedang malas.

Di sini anak juga belajar tentang manajemen waktu dengan mengatur waktunya dan bahan yang akan dipelajari. Sejak dini anak juga belajar untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Ada saatnya ia bermain, belajar, dan istirahat.

2. Belajar dengan menyenangkan

2. Belajar menyenangkan
Freepik

Saat belajar, ajar anak untuk menciptakan mood yang positif. Dengan emosi yang positif, anak akan lebih mudah belajar. Hal ini dilakukan dengan menciptakan kondisi belajar yang baik. Misalnya fasilitas belajar, ruangan atau suasana yang tenang, dan hal lainnya yang dapat membuat anak bersemangat.

3. Mind mapping

3. Mind mapping
Youtube/UCLA Library

Terlalu banyak bahan yang harus dipelajari  membuat anak kesulitan untuk memahami pelajaran tersebut. Nah, Mama dapat membantu anak untuk melakukan mind mapping.

Mind mapping mengajarkan anak-anak melakukan pemetaan terhadap apa yang telah mereka pelajari. Anak akan lebih mudah untuk memahami pelajaran secara garis besar dalam waktu singkat.

Anak juga bisa menggambar simbol-simbol untuk memudahkan dalam menghafal.

4. Belajar dengan gadget

4. Belajar gadget
Freepik/Freephoto

Gadget dapat membantu anak dalam belajar. Anak dapat dengan mudah mencari bahan-bahan di internet, youtube, atau situs-situs pendidikan untuk membantunya memahami pelajaran. Tapi jangan kebablasan ya, Ma. Alih-alih mencari bahan untuk belajar, anak menjadi keterusan menonton youtube.

Dengan cara ini anak Mama akan lebih bersemangat dalam belajar.

Editors' Picks

5. Belajar sambil bermain

5. Belajar sambil bermain
Pexels/Skitterphoto

Anak usia SD itu senang dengan bermain. Nah, Mama pun bisa menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi anak yaitu belajar sambil bermain. Misalnya saat belajar matematika, Mama bisa menggunakan mainan atau benda yang disukai anak sebagai alat peraga.  

6. Belajar sambil bergerak dan bernyanyi

6. Belajar sambil bergerak bernyanyi
Freepik

Jika anak suka menari atau bergerak, Mama bisa menggunakan pola pembelajaran yang banyak melibatkan gerakan. Misalnya belajar tentang udara, Mama bisa menciptakan lagu dan gerakan kemudian mencobanya dengan anak. Ini akan mempermudah anak dalam mengingat beberapa hal penting.

7. Belajar bersama teman

7. Belajar bersama teman
Freepik/Jcomp

Mungkin anak Mama adalah tipe anak yang harus belajar bersama dengan teman atau berkelompok. Mama dapat membuat grup belajar dan mengatur jadwal belajar bersama. Selain dapat membantu anak, ini merupakan kegiatan yang positif. Anak Mama juga dapat bersosialisasi dengan temannya dan belajar tentang pentingnya kerjasama.

8. Membuat percobaan atau praktek

8. Membuat percobaan atau praktek
Freepik/Rawpixel.com

Terkadang lebih mudah bagi anak untuk memahami apa yang diajarkan jika mereka melihat contohnya. Misalnya anak belajar mengenai sifat air. Mama dapat menyiapkan beberapa percobaan yang berhubungan dengan sifat air. Ini akan memudahkan anak dalam belajar dan tentunya seru. Dijamin anak Mama akan bersemangat dalam belajar.

Dalam menentukan cara belajar yang efektif, Mama harus mengenal karakter anak. Sehingga belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi anak. Ayo dicoba!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;