7 Cara Cerdik Membuat Anak Belajar Saat Liburan

Belajar tidak hanya dari buku pelajaran, Ma

8 Mei 2019

7 Cara Cerdik Membuat Anak Belajar Saat Liburan
Freepik/jcomp

Menurut National Summer Learning Association, jika anak berhenti belajar sepanjang libur panjang, anak tidak hanya kehilangan informasi dan keterampilan baru, mereka dapat kehilangan keterampilan membaca dan matematika.

Namun membuat anak duduk dan mengerjakan latihan atau membaca buku pelajarannya selama liburan tentu sulit. Yang ada di kepala anak selama liburan adalah terbebas dari kewajiban mengerjakan tugas dan belajar.

Popmama.com mengulas beberapa cara cerdik untuk membuat mereka belajar selama liburan tanpa disadari.

1. Rencanakan "petualangan kejutan"

1. Rencanakan "petualangan kejutan"
Unsplash/Michał Parzuchowski

Rencanakan perjalanan keluarga yang lain dari biasanya. Mama bisa mengajak anak berpetualang ke museum kereta, sambil menceritakan sejarah kereta. Atau pergi ke Yogyakarta dan mengunjungi beberapa keraton dan candi-candi di sekitarnya. Jelaskan kepada anak tentang sultan, batik, wayang, bagaimana candi dibangun.  

Kebun Raya Bogor juga bisa menjadi pilihan, Ma. Di sana anak dapat belajar mengenai keanekaragaman hayati. Selain berekreasi, anak pun mendapat banyak informasi penting yang dapat menambah wawasannya.

2. Mencoba semua moda transportasi

2. Mencoba semua moda transportasi
Pixabay/vborodinova

Mencoba berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan untuk berlibur dan belajar juga, Ma.

Minta anak untuk membantu menguraikan rute dan menghitung jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan pulang pergi dengan menggunakan moda transportasi yang ada.

Editors' Picks

3. Uji kemampuan bermusik

3. Uji kemampuan bermusik
Pixabay.com/hirokichi

Tantang anak untuk menulis ulang lirik lagu kesukaan mereka atau membuat lirik lucu dan kreatif tentang acara TV favorit mereka.

Bersama dengan anak, Mama bisa membuat lomba menciptakan jingle iklan. Di sini kreativitas anak dilatih, Ma.

4. Belajar lewat film

4. Belajar lewat film
Freepik

Sediakan waktu untuk menonton beberapa film bersama anak. Setelah menonton film bersama, lanjutkan dengan permainan "Apakah kamu suka filmnya?". Ajak anak untuk membahas tentang tema film dan nilai-nilai yang terkandung dalam film tersebut.  

Tanyakan kepada anak mengapa menurut mereka karakter memilih tindakan tertentu atau apa yang dapat dilakukan karakter secara berbeda untuk hasil yang lebih baik. Tantang mereka menyusun beberapa cerita alternatif.

5. Menjadi seniman di rumah

5. Menjadi seniman rumah
Pexels/rawpixel.com

Minta anak untuk mendesain ulang sampul buku atau DVD favorit mereka. Biarkan anak bereksperimen dengan berbagai gambar, warna, kata, dan tata letak baru menggunakan semua perlengkapan yang ada.

Beri apresiasi untuk apa yang telah dikerjakan oleh anak Mama.

6. Hari memasak

6. Hari memasak
Freepik/Freepic.diller

Beri kesempatan anak untuk berkreasi di dapur. Sebelumnya, ajarkan kepada mereka mengenai  peralatan dan perlengkapan masak serta bagaimana cara memasak yang aman. Mama bisa meminta mereka untuk membuat kue sederhana. Anak belajar untuk menyiapkan bahan dan menimbangnya. Alternatif untuk belajar matematika: minta anak untuk menggandakan resep.

Biarkan anak membaca buku resep Mama, menemukan resep makan malam, dan menulis daftar bahan makanan. Saat mereka berbelanja dengan Mama, bantu mereka membandingkan harga, melihat harga per unit, dan menggunakan kupon diskon. Di rumah, siapkan makanan bersama saat mereka membaca, mengukur, dan mengikuti arahan.

7. Buat anak membaca sebanyak mungkin

7. Buat anak membaca sebanyak mungkin
Escapejaja / Freepik

Baik itu buku komik, majalah, novel grafis, almanak, resep, instruksi permainan, ulasan film, puisi, menu restoran, deskripsi produk, statistik olahraga, dan lirik lagu. Ini menambah kosakata anak dan pengetahuan juga, Ma. Jelaskan kepada anak beberapa kosakata yang belum ia ketahui.

Buku audio juga bisa menjadi sarana belajar, Ma. Dari buku audio, anak belajar untuk mendengarkan secara seksama dan juga belajar mengenai kosakata baru.  

Dengan menyelipkan pendidikan ke dalam kegiatan yang menyenangkan, Mama akan membuat anak "secara tidak sengaja" belajar sepanjang libur.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.