TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Rekomendasi Game Seru Android, Mana yang Sudah Pernah Dicoba?

Melepas penat dengan bermain game seru android ini yuk

13 Desember 2021

15 Rekomendasi Game Seru Android, Mana Sudah Pernah Dicoba
Pexels/samerdaboul

Bermain game merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi rasa penat dikala penuhnya aktivitas. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat terhibur dengan hanya bermain game.

Bermain game sendiri tidak hanya bisa dimainkan menggunakan komputer atau laptop saja, tetapi juga bisa dimainkan dengan menggunakan ponsel atau yang biasa disebut smartphone.

Hampir semua jenis game bisa ditemukan melalui smartphone, baik yang mudah hingga yang sulit dan sangat menantang.

Seiring berkembangnya teknologi, metode dalam sebuah game sudah mulai beragam, bahkan bisa bermain bersama-sama dengan pemain di berbagai negara. Selain bisa dimainkan secara online, anak mama juga bisa bermain tanpa terhubung dengan internet atau secara offline.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal “American Psychologist”, bermain game dapat meningkatkan keterampilan belajar, kesehatan, dan sosial anak-anak.

Akan tetapi, dalam waktu yang tidak berlebihan ya, Ma. Sebab, jika berlebihan akan memicu munculnya dampak negatif pada anak-anak, apalagi kalau sudah kecanduan.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 15 rekomendasi game seru android yang bisa dimainkan oleh anak tersayang Mama dan keluarga. Yuk, disimak!

1. Alto’s Odyssey

1. Alto’s Odyssey
Youtube/Throneful

Alto’s Odyssey merupakan permainan yang dapat dimainkan menggunakan smartphone Android dan IOS. Game ini dimainkan secara offline, sehingga tidak memerlukan koneksi internet.

Dalam game Alto’s Odyssey, pemain akan berperan sebagai pemain ski yang harus menuruni berbagai lereng dengan berbagai lompatan sambil mengumpulkan koin.

Koin tersebut nantinya akan digunakan untuk membuka elemen kustomisasi di toko game.

Game Alto’s Odyssey ini memiliki grafik yang berwarna-warni, sehingga tampilannya terlihat indah dan menarik. Selain itu, berpetualang menjadi seorang pemain ski melalui game Alto’s Odyssey juga sangat seru dan menghibur.

2. Battle Zombie Royale 3D

2. Battle Zombie Royale 3D
play.google.com

Battle Zombie Royale 3D merupakan game battle royale sederhana di dunia kiamat zombi kartun.

Pemain dapat bertahan hidup di kota, padang pasir, hutan, lahan, dan wilayah militer. Game Battle Zombie Royale 3D menyediakan beragam macam karakter kartun yang bisa digunakan untuk melawan kiamat zombi dengan berbagai senjata, seperti pistol, granat, senjata kimia, dan lainnya.

3. Call of Duty Mobile (CoD)

3. Call of Duty Mobile (CoD)
play.google.com

Game Call of Duty Mobile (CoD) adalah game penembak yang bisa dimainkan di komputer dan konsol game. Namun, seiring berkembangnya teknologi, Call of Duty Mobile sudah dapat dimainkan melalui smartphone.

Call of Duty Mobile dimainkan secara bersama-sama atau multi pemain, sehingga bisa menambahkan teman, keluarga, ataupun saudara untuk bermain bersama. Anak mama dapat melakukan pertempuran dengan lokasi yang tidak begitu luas.

Menariknya, Call of Duty Mobile ini memiliki mekanisme penghancuran enviroment di mana jendela dan beberapa struktur tertentu lainnya bisa dihancurkan, baik dengan tembakan maupun pengeboman (ledakan).

Selain itu, segala persenjataan besar, seperti RPG atau drone dapat mudah ditemukan. Hadirnya mode battle royale juga membuat Call of Duty Mobile ini dapat dimainkan oleh 100 pemain sekaligus.

4. Genshin Impact

4. Genshin Impact
Youtube/Genshin Impact

Game seru di Android selanjutnya adalah Genshin Impact. Game ini merupakan game action RPG dengan mekanisme gacha yang dibanjiri banyak pujian karena visualnya yang luar biasa dan gameplay-nya yang sangat menyenangkan.

Genshin Impact menyuguhkan beberapa originalitas dan karakter yang dapat dimainkan sekaligus dengan switch character.

Saat memainkan Genshin Impact dengan melakukan berbagai aktivitas, nantinya akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan karakter baru secara random (mekanisme gacha).

Game Genshin Impact menawarkan enviroment yang luas dan jalan cerita yang panjang, sehingga terasa tidak terbatas.

Sayangnya, anak perlu pendampingan kalau memainkan game yang satu ini. Pastikan anak memahami batasan untuk main gim yang sesuai dengan usianya.

5. GRID Autosport

5. GRID Autosport
play.google.com

GRID Autosport merupakan game balap mobil berbayar yang dikembangkan oleh Codemasters dan Feral Interactive.

Awalnya, game ini dirilis untuk PC dan konsol, tetapi pada tahun 2019 rilis versi Android-nya. Kualitas versi Android-nya pun tidak kalah bagus, bahkan setara dengan versi PC dan konsol.

Visual, kontrol, support controler, koleksi mobil, mode balapan, hingga kepadatan kontennya dimiliki oleh GRID Autosport.

Dalam game GRID Autosport, akan terdapat sirkuit yang menantang dengan lima gaya balapan yang berbeda.  

6. Legend of Runeterra

6. Legend of Runeterra
play.google.com

Selain game pertarungan, game kartu koleksi juga tidak kalah seru, Ma. Game Legend of Runeterra adalah permainan kartu koleksi digital yang dimainkan oleh dua orang, satu lawan satu.

Permain dapat mengoleksi kartu dan hero, lalu membangun dek dari kartu dan hero tersebut. Terdapat 24 hero yang bisa dipilih dan 3 jenis kartu untuk dimasukkan ke dalam dek. Setiap putaran, kedua pemain hanya bisa menarik satu kartu.

Editors' Picks

7. Mario Kart Tour

7. Mario Kart Tour
play.google.com

Mario Kart Tour adalah game balap mobil yang bisa dimainkan dalam mode vertikal maupun horizontal. Awalnya, Mario Kart Tour hanya tersedia di Ninetendo, tetapi kemudian dirilis versi ponsel.

Game ini sangat cocok untuk mainkan saat santai bersama keluarga atau teman tanpa harus keluar rumah. Dengan mengaktifkan lokasi di ponsel, pemain lainnya akan terlihat dan siap untuk adu balap di arena game.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari game Mario Kart Tour ini, yaitu game tidak berbayar, fitur-fiturnya sangat menarik untuk dimainkan, dapat mengoleksi berbagai karakter Mario, dan memiliki fitur multiplayer yang bisa digunakan untuk bermain hingga 8 pemain secara bersamaan.

8. Minecraft

8. Minecraft
play.google.com

Minecraft termasuk salah satu game terlaris dan terseru di Dunia. Sebab, game ini menuntut pemainnya untuk bisa kreatif. Meski visualnya dianggap aneh karena berbentuk kotak-kotak, tetapi game ini memberikan kebebasan dalam bermain yang tidak akan ditemukan di-game lainnya.

Game Minecraft dapat dimainkan oleh satu atau lebih pemain. Nantinya, pemain akan membuat konstruksi dari kubus-kubus 3D untuk membentuk suatu bangunan di dunia luas yang tidak terbatas.

Uniknya, game ini juga memiliki mode survival yang sangat sulit, sehingga bisa lebih mengasah kemampuan berpikir para pemain dibandingkan dengan mode kreatif yang hanya dimainkan untuk bersenang-senang.

9. Mobile Legend

9. Mobile Legend
play.google.com

Mobile Legend merupakan salah satu permainan yang sempat ramai dimainkan oleh banyak kalangan. Tidak heran, karena Mobile Legend menawarkan sebuah pertarungan tim, 5 lawan 5, dengan waktu tempur sekitar 15-20 menit untuk satu ronde.

Nantinya, masing-masing pemain akan memilih atau mengontrol satu karakter hero yang memiliki empat skill. Empat skill tersebut terdiri dari 1 passive skill dan 3 active skill.

Untuk menggunakan hero, si Kecil bisa mendapatkannya secara gratis atau membelinya menggunakan diamond.

Dalam game Mobile Legend, terdapat beberapa mode game yang bisa dicoba.

10. Pokemon Go

10. Pokemon Go
play.google.com

Game satu ini merupakan game Augmented Reality (AR) yang seru dan menyenangkan. Pemain akan melakukan segala aktivitas, termasuk menangkap Pokemon atau monster secara langsung di dunia nyata. Hal tersebut membuat pemainnya seperti memburu poket monster sungguhan.

Cara memainkannya adalah dengan menyusuri setiap sudut tempat di dunia nyata dan Pokemon atau monster akan dapat ditemukan dengan melihat layar ponsel. Nantinya, monster-monster yang berhasil dikumpulkan dapat ditukarkan atau dipertarungkan dengan monster pemain lain.

Semakin tinggi level Pokemon Go, semakin kuat monster yang dimiliki, sehingga dapat memungkinkan memenangkan pertandingan dengan monster lain.

11. PUBG Mobile

11. PUBG Mobile
play.google.com

Seperti PUBG versi PC, PUBG versi mobile juga tidak kalah populer. PUBG Mobile diluncurkan pada tahun 2016 dan berhasil meraih kesuksesan.

PUBG Mobile ini akan membawa pemainnya ke tempat yang tidak diketahui untuk bertahan hidup. Tidak hanya itu, game dengan mode battle royale ini dapat mempertemukan 100 pemain di satu area besar, untuk kemudian bertarung.

Hanya satu pemain yang akan menjadi pemenang, sehingga menuntut para pemain untuk mengatur strategi yang baik agar dapat membunuh pemain PUBG Mobile lainnya.

PUBG Mobile ini memiliki visual yang tidak kalah menawan dari versi PC-nya loh.

12. Sky Dancer Run

12. Sky Dancer Run
play.google.com

Sky Dancer Run merupakan sebuah game petualangan yang bisa dimainkan secara offline.

Perjalanan dalam game Sky Dancer Run ini membuat pemainnya harus melompat melintasi tebing, menghadapi berbagai rintangan, berlari, bahkan terjun bebas agar dapat berhasil dalam game ini.

Tidak hanya itu, pemain juga bisa mendapatkan koin untuk membuka karakter lain dan hadiah khusus. 

Game seru Android yang satu ini memang memperlihatkan visual yang bagus. Sayangnya, bagi sebagian anak remaja yang lebih memilih game war atau peperangan merasa permainan ini kurang menantang.

Semua itu kembali pada masing-masing pengguna.

13. Stardew Valley

13. Stardew Valley
play.google.com

Salah satu game premium berbayar ini tidak kalah seru. Stardew Valley merupakan game dengan genre farming simulator, yang memiliki beberapa elemen RPS, dengan misi membangun kembali masa kejayaan pertanian yang sempat terabaikan.

Dalam Stardew Valley, pemain bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bercocok tanam, memelihara ternak, menambang biji, menjual hasil panen, menangkap ikan, berinteraksi dengan penduduk, mengikuti festival, hingga pergi ke luar kota. Tidak hanya itu, pemain juga bisa menikah dan mempunyai anak layaknya di dunia nyata.

Game Stardew Valley ini dimainkan secara online, sehingga dapat memungkinkan pemain mengundang anggota keluarga atau teman untuk bermain bersama.

14. Subway Surfers

14. Subway Surfers
play.google.com

Game buatan Kiloo Games dan Sybo Games ini merupakan game terpopuler dan legendaris. Dari berbagai kalangan pasti pernah memainkan game ini.

Subway Surfers dapat dimainkan secara offline dan menyediakan beragam karakter serta latar belakang area yang menarik.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai seorang remaja hooligan yang ketahuan membuat grafiti di kereta api, sehingga melarikan diri ke bawah trek agar tidak tertangkap.

Tidak hanya berlari tanpa batas, pemain juga bisa berpetualang dalam misi khusus untuk mendapatkan hadiah.

15. The Sims

15. The Sims
play.google.com

Game seru Android terakhir adalah The Simis. The Sims merupakan game simulasi kehidupan di dunia nyata.

Awalnya, The Sims hanya tersedia di Windows, tetapi kemudian hadir dalam beberapa platform, termasuk Android.

Dalam game ini, pemain dapat menentukan karakter sesuai dengan keinginan, mendesain tempat tinggal, bekerja, bersosialisasi, mengikuti event, hingga memiliki keluarga dan anak.

Setiap karakter Sims memiliki sebuah cerita sendiri, sehingga pemain akan dibawa melewati beberapa hal mengenai hubungan, karir, dan hobi karakter. Selain itu, pemain juga diharuskan menyelesaikan misi untuk membuka item-item yang terkunci.

Itu dia 15 rekomendasi game seru Android yang bisa anak mama coba. Bisa juga dimainkan secara bersama-sama dengan keluarga, saudara, dan teman. Jadi, mau pilih yang mana nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk