Tremor pada Remaja: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Ternyata tremor tak hanya menyerang lansia saja

21 September 2019

Tremor Remaja Penyebab, Gejala Pengobatannya
healthykids.nsw.gov.au

Jika mendengar kata 'tremor', bayangan kita adalah orang lansia dengan tangan yang bergerak tak terkendali. Tetapi tahukah Mama, sesungguhnya tremor tak hanya dialami oleh lansia saja lho, Ma. Bahkan anak remaja pun dapat menderita tremor dini.

Jika Mama mendapati tangan remaja Mama sering bergerak-gerak repetitif tanpa sadar, sebaiknya Mama perlu memperhatikannya lebih jeli lagi. Popmama.com merangkum beberapa faktor penyebab tremor pada remaja, dilansir dari livestrong.com:

Apa itu Tremor?

Apa itu Tremor
Freepik/Onlyyouqj

Tremor merupakan gerakan otot tak sadar yang menimbulkan goncangan tak terkendali pada bagian-bagian tubuh tertentu. Dilansir dari webmd.com, area yang terdampak tremor biasanya meliputi tangan, lengan, kepala, laring (kotak suara), lidah dan pipi. Bagian tubuh bawah biasanya sangat jarang terdampak.

Penyebab tremor beragam, antara lain:

1. Kesehatan mental

1. Kesehatan mental
Freepik

Kecemasan (anxiety) dan depresi seringkali menyerang remaja. Tekanan di sekolah, konflik dengan keluarga dan lingkungan sosial dapat menjadi pemicu stres yang membebani remaja. Hal ini bukan hanya berefek pada psikis, melainkan juga fisik anak. Gerakan tangan tak terkontrol adalah gejala umum kecemasan.

Dorong anak Mama untuk berani mengungkapkan perasaannya, berlatih meditasi dan bicara dengan konselor jika dirasa gangguan emosi ini sudah mengganggu aspek-aspek kehidupan sehari-harinya.

Editors' Picks

2. Penyalahgunaan obat-obatan

2. Penyalahgunaan obat-obatan
Pexels/Maria Pop

Para remaja sangat rentan terhadap penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol. Setidaknya mereka pernah mencoba salah satunya, sekali dalam hidupnya. 

Jika seorang anak mulai ketergantungan obat-obatan terlarang dan alkohol, hal ini akan menstimulasi kerja otak dan fisiknya. Salah satunya tremor pada tangan. Anak yang sudah kecanduan dan kebutuhannya tidak terpenuhi akan menunjukkan gejala tangan tremor saat ia tak mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. 

3. Masalah diet

3. Masalah diet
Freepik

Dehidrasi dan kelaparan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami tremor. Ingatkan anak Mama untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan dorong mereka untuk menerapkan pola makan yang sehat. Konsumsi kafein akan meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan kejang otot. Jika anak Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, bisa jadi ia akan mengalami tremor sementara.

4. Masalah kesehatan

4. Masalah kesehatan
Pixabay/Galina9237941221

Salah satu penyebab tremor yang seringkali tak disadari adalah akibat gula darah rendah. Jika tangan anak remaja Mama gemetaran secara konsisten selama beberapa minggu, ajak ia untuk memeriksa gula darahnya. Masalah otot, termasuk cedera dan terlalu keras menggunakan fisik untuk berolahraga, juga dapat menyebabkan tremor.

Gejala tremor memang mudah sekali terlihat. Tetapi untuk mengobatinya perlu diketahui faktor utama penyebabnya. Tremor dapat diatasi dengan obat-obatan tertentu sesuai saran dokter, fisioterapi bahkan operasi otak jika ditemukan adanya kelainan pada saraf otak.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!