Penggunaan Gadget Berlebihan Ganggu Saraf Vestibuler Anak

Salah satu efeknya dapat membuat anak tak bisa berdiri seimbang

24 Januari 2019

Penggunaan Gadget Berlebihan Ganggu Saraf Vestibuler Anak
Freepik

Nggak jarang orangtua zaman sekarang memberikan gadget agar si Kecil tenang dan nggak rewel. Bahkan ada juga orangtua yang memberikan anak-anak tablet untuk bermain seharian tanpa batas. 

Dilansir dari worldvision.org.ph, penggunaan gadget berlebihan dapat berefek negatif pada anak, yaitu bisa menyebabkan kerusakan fisik dan mental pada anak-anak.  

Menurut sebuah penelitian, seorang anak kemungkinan akan menjadi kelebihan berat badan dan mengembangkan masalah kejang dan penglihatan ketika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan gadget.

Di Central Visayas, salah satu daerah di Filipina, studi Wilayah 7 Dewan Nutrisi Nasional (NNC) melaporkan bahwa 3% anak-anak dianggap obesitas dan kelebihan berat badan.

Sebuah artikel kesehatan juga menyatakan bahwa pemikiran dan perkembangan emosi selama lima tahun pertama seorang anak sangat penting.

Mengizinkan anak-anak menghabiskan lebih dari dua jam seharibermain gadget dapat berdampak pada kerusakan yang tidak dapat diperbaiki seperti perkembangan kognitif yang lambat.

“Orangtua dan pengasuh memiliki tanggung jawab terbesar untuk mendisiplinkan anak-anak dan mengendalikan paparan mereka terhadap gadget,” kata Dr. Parolita Mission, kepala Wilayah NNC 7.

Bukan hanya itu saja, penggunaan gadget berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada saraf vestibular pada anak. 

Apa itu saraf vestibular? Cek informasinya dibawah ini!

Apa itu saraf vestibular?

Dilansir dari healthline.com saraf vestibulocochlear (red-vestibular) yang juga disebut sebagai sebagai saraf pendengaran adalah saraf kedelapan dari dua belas saraf kranial.

Kelompok ini mencakup semua saraf yang muncul dari tengkorak (tengkorak), berbeda dengan saraf yang muncul dari kolom tulang belakang (sumsum tulang belakang).

Ini adalah sepasang saraf (satu dari masing-masing telinga) dan saraf terletak di kanal pendengaran internal, bagian dari tulang temporal tengkorak.

Saraf vestibular ini memiliki tanggung jawab untuk pendengaran dan keseimbangan serta membawa informasi dari telinga bagian dalam ke otak. Perasaan keseimbangan manusia ditentukan oleh saraf ini.

Dua organ khusus membantu fungsi saraf dengan benar: koklea dan alat vestibular. Koklea mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang dapat ditafsirkan oleh otak. Alat vestibular merasakan perubahan posisi kepala dalam kaitannya dengan gravitasi.

Masalah dengan saraf vestibulocochlear dapat menyebabkan vertigo, muntah, dering di telinga, rasa gerakan yang salah, mabuk perjalanan, atau bahkan gangguan pendengaran.

Editors' Picks

Penggunaan Gadget Berlebihan Bisa Membuat Anak Mengalami Gangguan Saraf Vestibuler

Penggunaan Gadget Berlebihan Bisa Membuat Anak Mengalami Gangguan Saraf Vestibuler
parents.com

DR. Berlian Siagian pada akun Facebooknya mengatakan bahwa keseimbangan badan saat berdiri dikendalikan oleh sistem saraf vestibuler. Apa bila terganggu maka akan sulit menyeimbangkan posisi berdiri, apalagi berjalan. 

Dalam postingannya, DR. Berlin juga menyematkan sebuah video yang memperlihatkan salah satu anak yang mengalami gangguan saraf vestibuler yang diakibatkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan.

"Saraf vestibuler, terletak di belakang telinga, Bersebelahan dengan saraf pendengaran. Anak dalam video ini, kehilangan keseimbangan karena mengalami kerusakan sistim saraf vestibuler. Hal ini terjadi karena penggunaan HP atau tablet yang berlebihan," katanya. 

Ma, meski tak dapat dipungkiri bahwa gadget jadi salah satu 'senjata' ampuh untuk meredakan anak yang rewel dan tantrum.

Tapi, bukan berarti Mama gunakan gadget untuk menjadi 'pengasuh' terbaik anak-anak. Jadi, Mama perlu bijak dalam mengenalkan gadget pada anak agar ia pertumbuhan dan kesehatannya tidak terganggu. 

Baca juga: Bahaya Penggunaan Gadget Secara Berlebihan pada Anak

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!