Anak Sering Keluhkan Bosan? Mama Bisa Lakukan 5 Solusi Ini

Mama adalah sahabat pertama seorang anak

19 Mei 2020

Anak Sering Keluhkan Bosan Mama Bisa Lakukan 5 Solusi Ini
Shutterstock/Creativa Images

Saat awal-awal beraktivitas sepanjang hari di dalam rumah, mungkin semuanya terasa normal, bahkan anak-anak senang karena bisa ‘libur’ dari rutinitas sekolahnya. Tapi kok lama-kelamaan, semuanya berubah menjadi membosankan ya? Apalagi dunia mereka adalah bermain di luar. Makanya, nggak heran deh kalau anak sering bilang bosan. Tapi tenang, ini bisa jadi lima solusi anak bosan!

1. Bikin mainan bersama anak

1. Bikin mainan bersama anak
Shutterstock/Creativa Images

Coba ingat lagi deh Ma betapa menyenangkannya membuat mainan sendiri saat masih kecil dulu. Anak-anak sekarang sudah mulai kehilangan kesenangan itu karena permainan mulai beralih ke gadget. Maka dari itu, sekali-sekali alihkan perhatian anak dari gadget dengan mengajaknya membuat mainan sendiri yuk Ma!

Selain menyenangkan, kegiatan ini punya banyak manfaat lho Ma. Mulai dari menumbuhkan kreativitas, menanamkan kepercayaan diri terhadap karya sendiri, hingga melatih keterampilannya.

Editors' Picks

2. Ajak anak membuat takjil bersama-sama

2. Ajak anak membuat takjil bersama-sama
Shutterstock/Odua Images

Jika anak merasa bosan di kala puasa, tantangannya jadi double ya Ma? Sudah bosan, ditambah lapar dan haus pula. Wah, Mama pasti pusing banget deh! Makanya, coba yuk ajak anak membuat takjil bareng untuk membangun quality time bersama. Berhubung bikin takjilnya dengan anak, jadi buat hidangan yang sederhana saja Ma. Misalnya, es buah, es kelapa jelly, atau puding. Bisa juga dengan mengajak anak membuat kue kering bersama seperti lidah kucing, kastengel, atau nastar. Cocok banget untuk menyambut lebaran nanti nih Ma, yummy!

3. Ajak mereka bikin konten seru

3. Ajak mereka bikin konten seru
Shutterstock/My Life Graphic

Tingkah lucu anak yang spontan itu bisa menjadi konten media sosial yang seru lho. Makanya, Mama bisa mengajaknya untuk duet bikin konten bareng. Selain untuk mengabadikan kebersamaan antara ibu dan anak, konten seru bareng anak juga bisa mendatangkan rezeki di bulan Ramadan ini lho. Penasaran ‘kan caranya bagaimana? Mudah kok, Mama cuma perlu ajak Si Buah Hati ikut kompetisi #30HariLebihDekat yang diadakan oleh DANCOW FortiGro.

Untuk bisa mengikuti kompetisi seru ini, berikut ini mekanisme yang harus Mama ketahui:

  • Mama harus follow Instagram DANCOW FortiGro di @Dancow
  • Cek IG Stories @Dancow setiap hari untuk dapatkan tantangan yang harus dilakukan
  • Upload foto atau video keseruan dari tantangan tersebut di IG Story Mama
  • Mention IG @Dancow dan gunakan hashtag #30HariLebihDekat dan #KitaSiapPuasa, lalu tag 3 teman Mama.
  • Pastikan untuk menyimpan seluruh foto atau video yang sudah di-upload ke Highlights Instagram Mama dengan judul #KitaSiapPuasa
  • Pastikan akun Instagram Mama tidak private alias bisa dilihat oleh semua orang yang nggak follow Mama sekalipun
  • Penentuan pemenang akan dilakukan melalui sistem penjurian yang ditetapkan oleh DANCOW FortiGro

Tentu saja DANCOW FortiGro sudah menyiapkan hadiah menarik jika Mama keluar sebagai pemenang, yaitu voucher belanja senilai jutaan rupiah, tent bundle set, dan juga bundle set dari DANCOW FortiGro. Eits, jangan lupa, setiap IG Story yang Mama upload harus tampak jelas kemasan DANCOW FortiGro UHT-nya ya. Nah, untuk mendapatkannya nggak perlu bingung, Mama cukup klik di sini saja!

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ikutan #30HariLebihDekat besama DANCOW FortiGro, Ma! Jangan tunda-tunda lagi ya karena kompetisi ini akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2020 lho, Ma.

4. Buat kolam renang ‘dadakan’ jika memungkinkan

4. Buat kolam renang ‘dadakan’ jika memungkinkan
Shutterstock/jittawi21

Berenang adalah salah satu aktivitas yang paling disenangi oleh anak-anak. Namun, karena saat ini kita semua sedang menjalani physical distancing, pergi ke kolam renang masih nggak direkomendasikan. Satu-satunya solusi yang bisa obati rasa kangen berenang anak adalah dengan menghadirkan kolam renang dadakan. Mama bisa menggunakan kolam renang tiup, bathtub, atau bahkan bak mandi lho!

5. Ajak anak untuk karaoke, bikin band sendiri di rumah

5. Ajak anak karaoke, bikin band sendiri rumah
Shutterstock/sutadimages

Masa kanak-kanak adalah saat yang tepat untuk eksplorasi minat dan bakat anak. Salah satunya adalah dengan cara memperkenalkan alat musik kepada anak sejak diri. Selain baik untuk perkembangannya, main musik sambil karaoke bareng juga ampuh untuk mengisi waktunya dengan aktivitas yang menyenangkan. Alhasil, anak jadi nggak mudah bosan selama di rumah saja deh!

Itu dia lima solusi jika anak sering keluhkan bosan selama di rumah saja. Nah, kalau Mama sendiri punya tips apa saja nih untuk usir rasa bosan anak? Coba yuk share di kolom komentar!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.