9 Langkah Mudah Bermain UNO, Main Bareng Anak Yuk Ma!

Permainan ini sudah dikenal oleh banyak orang. Yuk mulai mainkan!

30 April 2021

9 Langkah Mudah Bermain UNO, Main Bareng Anak Yuk Ma
thetoyinsider.com

UNO. Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan nama ini? Yap, Uno adalah salah satu permainan kartu warna warni yang memiliki angka dan simbol. UNO diciptakan oleh Merle Robbins, seorang owner babershop adal Reading, Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1971. 

Permainan ini sangatlah mengasyikkan karena dimainkan bersama-sama, biasanya 2-10 orang.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa ikut memainkannya. Nah, pas benget nih permainan ini bisa untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. 

Sebelum bermain, coba pahami dulu yuk tentang cara bermain UNO!

Berikut ini Popmama.com telah menjabarkan secara rinci hal-hal yang berhubungan tentang permainan kertas ini. Simak yuk, Ma!

Jenis-jenis kartu yang ada dalam permainan UNO

Sebelum memulai pemainan, alangkah baiknya kita kenalan dulu nih sama kartu-kartu UNO. Jadi, dalam satu set UNO terdapat empat warna, yaitu merah, kuning, biru, dan hijau. Setiap setnya berisi 112 kartu yang terdiri dari 76 kartu kartu biasa serta 36 kartu aksi. Brikut penjelasan lebih rinci tentang kartu-kartu tersebut:

1. Kartu biasa

1. Kartu biasa
id.wikihow.com

Kartu biasa memiliki empat warna dengan nomor yang tertera yaitu antara 0-9. Angka 1-9 memiliki 2 kartu di setiap warna. Sedangkan angka 0 hanya berjumlah 1 kartu setiap warnanya. Jadi, total dari setiap warna adalah 19 ( 19 merah, 19 kuning, 19 biru, dan 19 hijau).

2. Kartu aksi

2. Kartu aksi
dindingkaca.com

Ada beberpa macam kartu aksi dalam satu set kartu UNO, yakni +2, +4, skip, putar balik, warna bebas, dan kartu kosong. Berikut penjelasannya 

1. Kartu +2 

Ada 2 setiap warnanya.

Kartu ini berfungsi untuk:

  • Kartu ini digunakan ketika warna kartu teratas sama dengan kartu +2, atau sama-sama merupakan kartu +2.
  • Pemain selanjutnya yang terkena kartu ini (tidak memiliki kartu +2 saat pemain sebelumnya mengeluarkan kartu +2) harus mengambil 2 kartu, dan tidak mendapat kesempatan bermain.
  • Jika kartu ini keluar pada awal permainan, maka orang pertama yang akan bermain harus mengambil 2 kartu dan tidak dapat mengeluarkan kartunya (langsung lanjut ke pemain kedua).

2. Kartu reverse atau putar balik

Kartu ini pun berjumlah 8, masing-masing warna memiliki 2 kartu ini. 

Fungsi:

  • Kartu ini boleh dikeluarkan menyesuaikan warna kartu sebelumnya, atau sesama reverse card.
  • Kartu ini berfungsi untuk mengubah arah permainan, misal yang pertamanya giliran diberikan searah jarum jam, ketika ini dikeluarkan putaran permainannya berubah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Jika hanya ada dua pemain maka kartu ini berubah menjadi kartu skip, artinya kamu bisa bermain lagi setelah mengeluarkan kartu ini.
  • Jika kartu ini keluar di awal permainan maka yang pertama bermain adalah orang yang ada disebelah kanan pengocok kartu atau orang yang pertama kali mulai dan permainan berjalan terus ke arah kanan (karena biasanya ke arah kiri/searah dengan jarum jam).

3. Kartu skip 

Ada 8 kartu skip, masing-masing warna memiliki 2 kartu skip.

Fungsi:

  • Sama seperti sebelumnya, sesuaikan warna atau simbol jika ingin keluarkan kartu ini.
  • Fungsi dari kartu ini adalah memberhentikan pemain selanjutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang dikeluarkan.
  • Kalau kartu ini keluar pada awal permainan maka pemain pertama (yang ada di sebelah kiri pengocok) tidak boleh bermain, langsung lanjut ke pemain ke dua.

4. Kartu +4  (wild draw four)

Dalam satu set UNO, ada 4 kartu +4 (wild draw four) yang bisa digunakan untuk semua warna.

Fungsi:

  • Kartu ini hanya boleh digunakan ketika kamu tidak memiliki kartu lain di tanganmu yang dapat dimainkan.
  • Maksud dari kartu ini hampir sama dengan +2 namun kali ini yang harus diambil adalah 4 kartu.
  • Kamu juga bisa memilih warna yang akan dimainkan selanjutnya jika mengeluarkan kartu ini.
  • Kartu ini tidak sah di awal permainan, jadi jika pada permulaan yang muncul adalah kartu ini maka harap untuk dimasukkan lagi ke tumpukan kartu dan diganti dengan kartu lain.
  • PENTING! Seorang pemain dapat memberi challenge kepada pengeluar kartu jika dia gak percaya bahwa si pemain yang ngeluarin kartu ini tidak punya kartu lain yang dapat dimainkan. Tantangannya adalah pengeluar kartu harus menunjukkan kartu apa saja yang ada ditangannya. Jika ternyata dia punya kartu lain maka dia harus mengambil 4 kartu, namun jika ternyata memang benar dia tidak punya kartu lain maka si pemberi challenge yang harus mengambil 4 kartu ditambah 2 kartu tambahan. Yang bisa memberikan challenge ini hanya orang yang kena dampak dari kartu wild draw four ini, jadi hanya pemain setelah pengeluar kartu saja.

5. Kartu wild 

Ada 4 kartu wild atau kartu warna bebas yang dapat digunakan untuk warna apa saja.

Fungsi:

  • Kartu ini bisa dikeluarkan kapan saja, dan diwarna apa saja.
  • Fungsinya adalah hanya untuk memilih warna. Ini biasanya digunakan ketika pemain tidak mempunyai warna yang ada pada bagian atas kartu buangan.
  • Jika kartu ini muncul pada permulaan permainan, pemain yang berada di sebelah kiri pengocok (pemain pertama) bisa bebas memilih warna apa yang ingin dia mainkan, kemudian mengeluarkan kartu pertamanya.

6.  Kartu blank 

Kartu blank atau kartu kosong berjumlah 4. Ini adalah kartu tambahan yang sebenarnya tidak berarti apa-apa. Tapi bisa jadi kartu yang spesial lho, seperti:

  • Kartu ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu yang hilang. Misal kartu 7 kuning hilang, nah kamu bisa menggantinya dengan kartu kosong ini.
  • Atau bisa juga dijadikan kartu lain dengan aturan yang kamu buat sendiri. Misalnya menjadi kartu keberuntungan yang bisa pemain gunakan sesuka hati ketika kepepet, atau sebagai kartu mirror yang menduplikat kartu sebelumnya.

Cara bermain UNO

Cara bermain UNO cukup mudah. Mama dapat mengikuti langkah-lagkah berikut ini:

1. Kocok kartu dan keluarkan 7 kartu untuk setiap pemain

1. Kocok kartu keluarkan 7 kartu setiap pemain
id.wikihow.com

Kocok satu set kartu UNO yang telah disiapkan lalu lalgu bagikan 7 kartu tiap pemain. Kartu ini dibagikan dalam posisi terbalik. 

Editors' Picks

2. Simpan sisa kartu di tengah meja

2. Simpan sisa kartu tengah meja
id.wikihow.com

Kartu UNO yang tersisa di letakkan tengkurap atau menghadap ke bawah. Tumpukan kartu ini dugunakan oleh para pemain untuk mengambil kartu baru. 

3. Ambil dan buka kartu teratas dari tumpukan kartu untuk memulai permainan

3. Ambil buka kartu teratas dari tumpukan kartu memulai permainan
id.wikihow.com

Ambil kartu teratas dan simpan disamping tumpukan kartu dengan posisi terbuka (angka dan warna terlihat). Kartu ini digunakan untuk mulai bermain dan seiring berjalannya permainan, kartu tersebut akan menjadi tumpukan “buangan”.

4. Keluarkan kartu sesuai warna, nomor, atau simbol pada kartu yang dibuka

4. Keluarkan kartu sesuai warna, nomor, atau simbol kartu dibuka
id.wikihow.com

Pemain harus mengeluarkan kartu dengan warna, nomor, kata, atau simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja. Contoh, jika kartu yang terbuka di tengah meja merupakan kartu angka 8 berwarna hijau, kamu bisa mengeluarkan kartu angka berapa pun yang berwarna hijau atau kartu warna apa pun dengan angka 8.

5. Ambil kartu dari tumpukan kartu jika kamu tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan

5. Ambil kartu dari tumpukan kartu jika kamu tidak memiliki kartu bisa dikeluarkan
id.wikihow.com

Saat mendapatkan giliran dan tidak ada kartu dengan warna, nomor, atau simbol yang sama dengan kartu yang terbuka di tengah meja, ambil satu kartu dari tumpukan kartu dan simpan. 

6. Perhatikan antara kartu aksi dengan kartu biasa

6. Perhatikan antara kartu aksi kartu biasa
id.wikihow.com

Saat bermain, perhatikan kartu apa yang bisa dikeluarkan. Apakah itu kartu aksi atau kartu biasa. Kartu biasa adalah karu yang hanya berisi angka biasa sedangkan karu aksi adalah kartu yang memiliki aksi sesuai apa yang sudah dijelaskan. Keluarkan kartu-kartu tersebut sesuai dengan apa yang ada di kartu "buangan".

Perhatikan perihal kartu berikut ini jika pemain pertama mengeluarkan kartu aksi sebagai berikut:

Skip = Maka kamu tidak bisa bermain, yang artinya giliran langsung diberikan kepada pemain ketiga.
Wild = Maka kamu harus mengeluarkan kartu yang sesuai dengan warna yang ditentukan pemain pertama.
Draw two (+2) = Kamu harus mengambil 2 kartu dan tidak bisa mengeluarkan kartu.
Wild draw four (+4) = Maka kamu harus mengambil 4 kartu, atau bisa memberi challenge kepada pemain pertama (seperti yang sudah dijelaskan pada deskripsi kartu).

7. Katakan "UNO" saat kartu tersisa satu di tangan

7. Katakan "UNO" saat kartu tersisa satu tangan

Permainan terus berjalan hingga satu pemain memiliki 1 kartu saja. Pada tahap ini, pemain tersebut harus mengatakan “UNO”. Jika tidak, ia akan mendapatkan hukuman saat pemain lain mengetahuinya.

8. Mainkan kartu terakhir untuk memenangkan permainan

8. Mainkan kartu terakhir memenangkan permainan
id.wikihow.com

Setelah tersisa satu kartu (dan kamu sudah mengatakan “UNO”), keluarkan kartu tersebut pada putaran selanjutnya. Jika bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain selesai, kamu memenangkan permainan.

9. Menghitung score 

9. Menghitung score 
id.wikihow.com

Score ini dihitung ketika sudah ada satu pemain yang memenangkan permainan (kartunya sudah habis), maka pemain lain yang masih memegang kartu dihitung scorenya untuk diberikan ke pemenang di ronde tersebut. 

Catat poin untuk setiap ronde permainan dan tetap bermain hingga ada pemain yang mencapai 500 poin. Pemain yang sudah mencapai score 500 maka ia pemenangnya. 

Berikut cara menghitung score kartu yang tersisa:
Kartu biasa sesuai dengan angka yang tertera: 1 bernilai 1, 5 bernilai lima, 8 bernilai 8
Kartu aksi scorenya sebagai berbeda-beda:

  • +2, skip, dan reverse bernilai 20 poin
  • +4 dan wild bernilai 50 poin

Itulah langkah-langkah cara bermain UNO. Mudah bukan? Yuk langsung coba bersama anggota keluarga di rumah! Mama dapat membeli kartu permainan ini di toko mainan atau di e-commerce. Selamat bermain!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.