TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif di Singapura untuk Anak-Anak

Dijamin menyenangkan! ada banyak hal baru yang bisa dicoba

22 November 2021

10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif Singapura Anak-Anak
Forestadventure.com.sg

Singapura menjadi salah satu negara favorit masyarakat Indonesia untuk berlibur. Apalagi jika mereka memiliki anak-anak. Sebab, di sana terdapat banyak tempat bermain yang menyenangkan dan edukatif sehingga bagus untuk tumbuh kembang anak-anak. 

Sayangnya selama dua tahun terakhir, banyak yang tidak dapat berkunjung ke Singapura karena virus corona. Namun, kini kasus positif Covid-19 perlahan menurun sehingga banyak negara yang mulai menerima wisatawan luar negeri, termasuk Singapura. 

Negara yang memiliki julukan singa putih itu mulai melonggarkan pembatasan corona mulai Senin (22/11/2021). Bahkan, Sinapura pun mengizinkan warga asing untuk berlibur tanpa karantina dengan persyaratan tertentu. Asik banget, ya! Pasti Mama dan Papa jadi tidak sabar untuk mengajak anak berlibur ke Singapura.

Kini tempat wisata liburan keluarga sudah bisa ke luar negeri, yuk coba lihat keseruan apa saja yang bisa ditemukan kalau pergi ke negara tetangga.

Sebelum berlibur alangkah baiknya tentukan destinasi wisata terlebih dahulu, Ma. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata edukatif di Singapurayang telah Popmama.com rangkum. Simak dan catat nama tempatnya yuk, Ma! 

1. ArtScience Museum

1. ArtScience Museum
sunnycitykids.com

Saat Mama dan anak-anak berlibur ke Singapura, jangan lewatkan untuk berkunjung ke ArtScience Museum di Marina Bay Sands.

Museum berbentuk lotus ini memiliki luas 6.000 meter persegi dengan 21 galeri. Salah satu pameran tetap di ArtScience Museum adalah Future World. Pameran itu merupakan hasil kerja sama ArtScience Museum dengan teamLab asal Tokyo, sebuah perkumpulan seni antar disiplin yang terkenal.

Dengan berkunjung ke museum ini, Mama dan anak-anak akan merasa seperti bertualang dalam dunia baru yang terbagi menjadi beberapa tema seperti City in A Garden (Kota dalam Taman), Sanctuary (Tetirah), Park (Taman) , dan Space (Angkasa Luar).

Hal menarik lainnya dari ArtScience Museum adalah pameran yang interaktif. Setiap pengunjung dapat menyentuh bahan pameran serta bermain seluncuran yang juga bagian dari pameran. 

Mama dan anak-anak dapat mengunjungi museum ini setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai jam 7 malam. 

Namun, ada penawaran spesial yang tak boleh terlewatkan oleh Mama yakni ArtScience Museum mendedikasikan setiap Jumat sebagai hari keluarga. Jadi, setiap pembelian tiket dewasa di hari Jumat akan mendapat tiket gratis untuk anak-anak, maksimal empat anak di bawah usia 12. 

Tunggu apalagi, Ma. Yuk langsung berkunjung ke ArtScience Museum.

2. Singapore Zoo 

2. Singapore Zoo 
visitsingapore.com

Singapore Zoo terkenal sebagai kebun binatang ramah keluarga dengan banyak pilihan aktivitas seru yang dirancang khusus untuk anak-anak. 

Di sini, Mama dan anak-anak dapat ikut Wildlife Tour, sebuah tur yang menjelajah kebun binatang dengan kendaraan khusus yang terbuka dan pemandu, memberi makan binatang, dan bertanya pada zookeeper's atau pawang binatang.

Dengan demikian, anak-anak mama jadi bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan binatang lucu seperti Asian Small-Clawed Otters (berang-berang kecil), Capybara (kapibara), dan Great White Pelican (pelican putih besar).  

Tempat wisata ini dapat Mama kunjungi setiap hari bersama anak-anak mulai dari pukul 8.30-18.00.

3. Singapore Flight Experience

3. Singapore Flight Experience
getlocaltour.com

Kebanyakan anak-anak suka sekali dengan alat transportasi. Apalagi pesawat terbang. Sebab, transportasi udara itu tak memperlihatkan bagaimana seorang pilot mengoperasikan pesawat. Jadi banyak anak-anak yang semakin penasaran. 

Untuk menjawab rasa penasaran anak mama, cobalah mampir ke Singapore Flight Experience. Tempat itu menawarkan kesempatan bagi siapa saja yang ingin merasakan bagaimana menjadi pilot pesawat terbang. 

Tempat simulasi itu pun didukung dengan teknologi canggih lho. Ma tak heran jika tempat ini menjadi mendapat predikat tempat simulator pesawat terbang terbaik di Asia.

Tempat yang menarik ini beroperasi setiap hari Kamis-Minggu, pukul 2 siang hingga 8 malam. 

Yuk langsung ajak anak ke sini! Dijamin anak mama jadi tak ingin pulang deh. 

4. Lee Kong Chian Natural History Museum

4. Lee Kong Chian Natural History Museum
sna.org.sg

Salah satu hewan yang banyak disukai anak adalah dinosaurus. Sebab, jenis-jenisnya banyak sekali sehingga menarik untuk berkenalan dengan nama mereka satu per satu. 

Jika anak mama merupakan senang dengan dinosaurus, cobalah untuk mampir dan bermain bersama anak di Lee Kong Chian Natural History Museum. 

Lee Kong Chian Natural History Museum merupakan museum biodiversitas terkemuka di Asia Tenggara. di sana ada 10.000 koleksi spesimen yang terbagi dalam 15 zona menarik. 

Namun, tiga fosil dinosaurus sauropod menjadi daya tarik di museum ini. Kondisi fosil ini 80 persen utuh dan membuat pengunjung yang melihatnya langsung terkesima.

Tempat wisata ini buka setiap Rabu-Minggu pukul 10.00-15.30

Editors' Picks

5. Jurassic Mile

5. Jurassic Mile
Dok.AsiaOne

Selain Lee Kong Chian Natural History Museum, mama juga bisa mengajak anak-anak mampir ke Jurassic Mile yang Lokasinya berada di kawasan Bandara Changi untuk melihat dinosaurus. Di sana anak-anak bisa melihat pahatan dinosaurus yang menyerupai aslinya. 

Total keseluruhan, di Jurassic Mile ada lebih dari 20 pahatan dinosaurus dengan sembilan spesies berbeda. Namun, dari sekian banyak pahatan dinosaurus, Tyrannosaurus Rex menjadi yang paling menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke sini. 

Tempat yang edukatif ini dapat dikunjungi secara gratis lho, Ma. Jadi, jangan berpikir panjang dan langsung berkunjung yuk! 

Lebih dari 20 dinosaurus dengan sembilan spesies berbeda dipamerkan di sini. Area ini sangat cocok dijelajahi sambil jogging atau bersepeda. Bintangnya? Siapa lagi kalau bukan Tyrannosaurus Rex, si karnivora yang terkenal. 

Tempat wisata ini dapat Mama kunjungi bersama keluarga secara gratis. Tempat ini pun buka setiap hari selama 24 jam. yuk langsung mampir ke Jurassic Mile! 

6. The Art Ground

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak pasti sangat aktif bergerak kesana-kemari. Nah, ketika sedang berlibur ke Singapura, The Art Ground menjadi tempat yang cocok untuk anak mama bermain dengan suka cita. 

The Artground in Goodman Arts Centre memfasilitasi kegiatan seni yang bervariasi untuk mengembangkan kreativitas dan motorik anak. Bahkan pameran seni yang tersedia menjadi tempat bermain anak, seperti dijadikan seluncuran atau area panjat. 

Selain itu, setiap akhir pekan The Artground menghadirkan program aktivitas seni untuk anak-anak seperti seni pertunjukan drama, sesi mendongeng, berkebun, dan membuat kerajinan tangan.

Tempat yang memiliki aktivitas seru ini dapat Mama kunjungi bersama anak setiap Kamis-Minggu pukul 09.30-17.30. 

7. Forest Adventure  

7. Forest Adventure  
Forestadventure.com.sg

Tempat atraktif lainnya yang cocok untuk dikunjungi oleh Mama dan anak-anak saat liburan di Singapura adalah Forest Adventure. Tempat berlibur ini mampu melatih mental, koordinasi gerak tubuh, dan manajemen waktu anak. Dijamin seru banget deh! 

Walaupun banyak rintangan yang sulit, namun Mama tidak perlu khawatir. Sebab, semua kegiatan sudah terjamin aman karena dibagi berdasarkan kategori, diberi peralatan keamanan yang maksimal, dan didampingi pemandu berpengalaman.

Berikut ini kategori yang tersedia dan dapat disesuaikan dengan anak mama: 

  • Kegiatan Kids Course (5-9 tahun), yang terbagi menjadi 22 lintasan tantangan dan dua zip line. 
  • Kegiatan Junior Course (9 tahun keatas), terbagi menjadi 26 lintasan tantangan dan dua zipline, termasuk yang melintasi air. 

8. Jacob Ballas Children’s Garden

8. Jacob Ballas Children’s Garden
nparks.gov.sg

Jacob Ballas Children's Garden adalah taman pertama di Asia yang didedikasikan untuk anak-anak dan dapat dikunjungi gratis, tanpa biaya tiket masuk.  Wah, asyik banget ya, Ma. 

Taman ini berlokasi di Singapore Botanic Garden yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman ini pun beroperasi setiap Selasa-Minggu pukul 08.00-19.00. 

Di sana, anak-anak dapat bertualang dan belajar mengenai tanaman dan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan alam (ekologi) di taman. 

Tak hanya itu, anak-anak pun dapat menikmati wahana lain seperti jembatan gantung dan area bermain alam, jalur trekking di sepanjang sungai, rumah pohon, dan area kebun untuk belajar bercocok tanam. 

Di taman ini juga terdapat restoran dan kafe cantik bertema alam untuk tempat anak istirahat setelah beraktivitas di bawah sinar matahari. Jadi, Mama tak usah takut anak kelelahan dan kelaparan, ya. 

9. Science Centre Singapore   

9. Science Centre Singapore   
science.edu.sg

Ingin belajar sains dengan seru? Ayo kunjungi Science Centre Singapore! Di sana ada 24 pameran berbeda yang sesuai untuk anak usia dini. Tak hanya itu, bahkan Mama dan Papa juga bisa ikut belajar bersama anak di sini. Asyik banget kan? 

Topik setiap pameran yang tersedia pun sangat beragam, dari belajar tentang kinetik atau gerak dan energi di Kinetic Garden, metamorfosis kupu-kupu di Butterflies Up-Close, refleksi di Mirror Maze, sampai belajar tentang kotoran atau sekresi tubuh di Know Your Poo. 

Kemudian, akhir perjalanan di Science Center Singapore akan ditutup dengan hal menyenangkan seperti bermain di Kidsstop atau lapangan bermain interaktif, bermain salju di area Snow City Singapore, dan bermain jadi ninja dalam Laser Maze Challenge. 

Seru banget ya, Ma. anak-anak dijamin suka deh bermain di sini.

Yuk buruan kunjungi Science Centre Singapore pada Jumat-Minggu dari pukul 10.00-13.00, 14.00-17.00. 

10. National Gallery Singapore

10. National Gallery Singapore
keppelland.com

Keppel Centre for Art Education merupakan salah satu arena khusus di National Gallery Singapore. Di sana, anak-anak bisa mengembangkan imajinasi, kreativitas, hingga eksplorasi anak melalui seni. 

Segala aktivitas seru itu dibagi ke dalam enam area khusus aktivitas anak berdasarkan kegiatan seperti berikut ini:

  • Art Playscape, area anak bisa membuat karya seni dari cat. 
  • Ink Studio, tempat anak-anak melihat cara kerja robot melukis. 
  • Studio Workshop, tempat keluarga beraktivitas seni bersama seperti membuat aneka kriya. 
  • Project Gallery, tempat anak berimajinasi dengan pahatan Dayung Sampan raksasa. 
  • Sculpture Studio, tempat anak belajar membuat pahatan dengan material dan alat yang sudah disediakan. 
  • Story Corner, tempat anak-anak mendengarkan, menari, dan bernyanyi dengan cerita serta karya seni yang sudah dibuat di galeri. 

Keppel Centre for Art Education pernah mendapatkan penghargaan Children in Museums Award pada 2018 dari European Museum Academy and Hands On! International Association of Children in Museums. 

Wah keren banget! Cocok banget deh menjadi tempat bermain anak. 

Bagi Mama yang ingin mengajak sang buah hati bermain di sini, National Gallery Singapore beroperasi setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam. 

Nah itulah 10 tempat wisata edukatif di Singapura yang menyenangkan dan tentunya dapat Mama kunjungi bersama anak-anak saat ini. Selamat bersenang-senang ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk