Vaksin Moderna Efektif dan Aman untuk Anak Usia 6 Tahun

Dosis yang diberikan berbeda dengan milik orang dewasa, namun antibodi yang dihasilkan sama kuatnya

27 Oktober 2021

Vaksin Moderna Efektif Aman Anak Usia 6 Tahun
Freepik

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak di bawah 12 tahun memang membutuhkan waktu uji klinis yang lebih lama dibanding dengan vaksin untuk orang dewasa. Hal itu karena proses untuk memastikan keamanannya lebih rumit.

Namun, saat ini satu per satu peneliti sudah menunjukkan hasil uji klinis yang mereka lakukan pada anak-anak. Salah satunya yakni Moderna. 

Perusahaan farmasi yang bertempat di Amerika Serikat itu menyatakan, vaksin moderna efektif untuk diberikan pada anak-anak. 

Simak informasi vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun selengkapnya melalui rangkuman yang telah Popmama.com di bawah ini yuk! 

1. Vaksin moderna efektif untuk anak-anak 

1. Vaksin moderna efektif anak-anak 
Freepik/kjpargeter

Moderna, perusahaan farmasi di AS menyatakan hasil uji klinis vaksin moderna dengan dosis rendah aman untuk anak-anak 6-10 tahun. 

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah melakukan vaksinasi terhadap lebih dari 4.700 anak-anak. Vaksin moderna itu diberikan sebanyak dua kali dengan selang waktu selama 28 hari.

Dosis vaksin moderna yang diberikan pada anak-anak selama uji klinis ini berbeda dengan orang dewasa. Pada anak-anak, dosis moderna yang diberikan 50 mikrogram atau setengah dari dosis orang dewasa. 

Hasil uji klinis tersebut menunjukkan level antibodi pada anak-anak sama dengan level antibodi orang dewasa yang menerima dosis penuh.

Editors' Picks

2. Dosis vaksin moderna untuk anak-anak

2. Dosis vaksin moderna anak-anak
Freepik

Jika vaksin ini nantinya mendapat izin untuk disuntikkan pada anak-anak, maka dosis yang diberikan akan sama dengan saat uji klinis yakni: 

  • Dosis 50 mikrogram,
  • Diberikan sebanyak dua kali dengan jarak waktu 28 hari.

3. Efek samping yang bisa saja terjadi setelah vaksin moderna 

3. Efek samping bisa saja terjadi setelah vaksin moderna 
Freepik

Melakukan vaksinasi memang sering memunculkan beberapa efek samping untuk sebagian orang. Begitupun dengan vaksin moderna, Ma. 

Selama masa uji klinis vaksin moderna pada anak-anak, ditemukan beberapa efek samping seperti: 

  • Kelelahan,
  • Sakit kepala,
  • Demam, 
  • Nyeri (pada bekas suntikan ataupun seluruh tubuh)

4. Hasil uji klinis moderna langsung diajukan kepada FDA

4. Hasil uji klinis moderna langsung diajukan kepada FDA
Freepik

Kajian yang dilakukan oleh Moderna belum diterbitkan oleh rekan sejawat. Namun Moderna sudah yakin terhadap uji klinis tersebut dan akan mengajukan temuannya kepada Food and Drug Administration (FDA) yang akan menilai keamanan dan efektivitas vaksin moderna untuk anak. 

Nah, setelah mengetahui vaksin moderna aman untuk anak-anak usia 6-11 tahun, kini kita tinggal menunggu saja waktu pendistribusiannya ya, Ma. 

Sambil menunggu waktu tersebut tiba tentang vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun, tetap bantu anak untuk menjaga kesehatan tubuhnya ya, Ma. Jangan lupa pula untuk selalu patuhi protokol kesehatan. Semangat terus ya! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.