5 Tips Bikin Si Kecil Semangat Makan Bekal Sekolahnya, Yuk Dicoba Ma!

Si Kecil bakal makin lahap deh

3 Februari 2020

5 Tips Bikin Si Kecil Semangat Makan Bekal Sekolahnya, Yuk Dicoba Ma
Shutterstock/Monkey Business Images

Anak-anak biasanya suka banget yang namanya jajan di luar. Apalagi kalau lagi di sekolah, mereka bawaannya pengen jajan terus. Mama sebagai ibu pasti punya ketakutan tersendiri tentang kesehatan dan nutrisi si Kecil. Itulah mengapa Mama perlu menyediakan bekal dari rumah untuk si Kecil. Bingung bagaimana memenuhi nutrisi si Kecil dengan bekal sendiri dari rumah? Coba deh Mama terapkan 5 ide bekal berikut ini, si Kecil bakalan semangat memakan bekalnya di sekolah. Langsung dicoba Ma!

1. Menyusun bekal seperti karakter kartun favoritnya

1. Menyusun bekal seperti karakter kartun favoritnya
Shutterstock/yajima

Hal yang membuat si Kecil bisa bahagia adalah melihat berbagai karakter kartun lucu yang biasanya tayang di televisi, poster, buku, atau pun gadget. Dengan adanya aksi menggemaskan karakter tersebut, si Kecil jadi fokus sekali menyimaknya, benar ‘kan Ma? Nah, bagaimana kalau Mama mencoba memberikan bekal sehat yang dihias atau dibentuk menyerupai karakter kartun? Bisa saja lho Ma, nafsu makan si Kecil jadi tergugah untuk melahap makanan sehat. Jadi, selama belajar di sekolah pun Mama nggak perlu khawatir akan apa yang dikonsumsinya.

Editors' Picks

2. Setidaknya bawakan juga buah kesukaannya ya, pokoknya paket lengkap!

2. Setidak bawakan juga buah kesukaan ya, pokok paket lengkap

Selain terdapat nasi dan lauk di dalam tempat makan, Mama jangan lupa memberikan buah potong sebagai pencuci mulut. Buah potong yang dimaksud seperti melon, mangga, atau pepaya. Sebisa mungkin, Mama potong buahnya dengan ukuran sekali suap. Oh iya, usahakan untuk mengindari buah yang memiliki aroma terlalu kuat, karena kemungkinan akan mempengaruhi aroma makanan lain yang ada di dalam kotak bekal si Kecil. Kalau ada buah, bekal si Kecil jadi paket lengkap deh!

3. Mereka bakal lebih excited kalau ada susu dengan rasa favoritnya di kotak bekalnya

3. Mereka bakal lebih excited kalau ada susu rasa favorit kotak bekalnya
Shutterstock/Mitand73

Pada umumnya, varian rasa yang disukai anak-anak adalah coklat dan stroberi. Mama tentu senang bila si Kecil gemar minum susu. Oleh sebab itu, di sela-sela aktivitasnya belajar, coba deh Mama sediakan susu rasa favoritnya. Apakah Mama mengetahui kandungan susu untuk si kecil? Selain rasa yang enak, kita tahu kalau susu merupakan sumber kalsium. Namun selain itu, susu juga memiliki nutrisi lain untuk melengkapi kebutuhan gizi si Kecil.

Nah, semua nutrisi lengkapnya ternyata ada di Anchor Boneeto UHT Ma. Ini bukan sekadar susu biasa. Anchor Boneeto dilengkapi nutrisi A-Force yang mengandung Phocuslipid untuk mendukung kemampuan berpikir, Protein, Kalsium, Vitamin B1 dan B2 yang mendukung tubuh aktif serta vitamin dan mineral untuk daya tahan tubuh si Kecil. Benar-benar komplit manfaatnya!

4. Sedikit ‘bermain’ dengan pilihan warna namun tetap bergizi

4. Sedikit ‘bermain’ pilihan warna namun tetap bergizi
Shutterstock/Oleksandra Naumenko

Mengalihkan perhatian anak-anak nggak cukup hanya dengan karakter kartun. Di sisi lain, elemen warna itu ternyata penting untuk menarik perhatiannya, lho. Lebih bagusnya lagi, bila kreasi bekal yang Mama buat warna-warni sehingga nggak monoton. Misalnya dengan memvariasikan warna mulai dari menu makanan (sayur, lauk, dan buah) hingga pemilihan kotak bekal sehingga tampak menarik.

Contohnya, saat Mama membuat nasi goreng. Tambahkan potongan bakso, telur dadar, suwiran ayam, dan kacang polong. Jangan lupa ditambahkan potongan buah pepaya sebagai menu pencuci mulut. Itu semua sudah cukup memberikan kesan warna-warni. Kreasikan menu menarik, nggak perlu repot tapi tetap bergizi ya Ma?

5. Usahakan ‘sembunyikan’ bahan makanan yang tidak disukai si Kecil

5. Usahakan ‘sembunyikan’ bahan makanan tidak disukai si Kecil
Shutterstock/Elena Shashkina

Si Kecil tidak suka makan sayur tertentu? Ini saatnya Mama beraksi. Mama bisa mengakali dengan menjadikan sayur tersebut sebagai hiasan yang bisa dimakan atau mencampurkan dengan makanan lainnya. Jadi, diam-diam gizi si Kecil bisa tetap terpenuhi dengan cara yang menyenangkan.

Nah Ma. Yuk siapkan bekal sekolah si Kecil agar nutrisinya terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.