Cara Unik Oki Setiana Dewi Mengajarkan Alquran ke Anak Selama Pandemi

Oki Setiana Dewi tidak ingin pandemi Covid-19 justru membuat anak-anak tidak produktif

10 September 2020

Cara Unik Oki Setiana Dewi Mengajarkan Alquran ke Anak Selama Pandemi
Instagram.com/okisetianadewi

Agama tentu menjadi pondasi utama yang perlu diperkenalkan keluarga kepada anak sejak usia dini. Pembelajaran terkait agama juga menjadi perhatian penting dari Oki Setiana Dewi kepada ketiga anaknya. 

Mama dari Maryam Nusaibah Abdullah, Khadeejah Fatimah Abdullah dan Ibrahim Muhammad Abdullah ini mulai memanfaatkan pembelajaran agama berbasis digital kepada anak-anak.

Selama berada di rumah, Oki ingin terus memperkaya ketiga anaknya terhadap pelajaran-pelajaran terkait agama, khususnya doa-doa harian dan Alquran. 

Jika Mama ingin mengetahui cara Oki Setiana Dewi yang memperkenalkan terkait agama dan Alquran kepada anak-anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Pola pengajaran dari Oki Setiana Dewi mengenai agama bisa menjadi inspirasi tersendiri lho, Ma.

Editors' Picks

1. Oki Setiana Dewi memanfaatkan teknologi untuk mengajarkan Alquran kepada anak

1. Oki Setiana Dewi memanfaatkan teknologi mengajarkan Alquran kepada anak
Instagram.com/okisetianadewi

Sebagai Millennial Mama, Oki Setiana Dewi selalu berusaha untuk berdaptasi dengan teknologi yang sekarang sudah semakin maju. 

Melalui uClass, pola pengajaran berbasis teknologi ini diterapkan oleh Oki agar anak-anaknya semakin bisa belajar Alquran sedini mungkin. Mengingat segala kegiatan yang terjadi selama pandemi Covid-19 dilakukan di rumah, termasuk belajar agama. 

“Situasi pandemi membuat berbagai perubahan gaya hidup kita sehari-hari, apalagi menjalani peran profesional dan sebagai orangtua di rumah. Banyak aktivitas akselerasi diri dan keluarga yang cukup terhambat, termasuk salah satunya anak-anak yang tidak bisa les mengaji atau ikut Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) seperti normal," jelas Oki saat sesi webinar peluncuran uClass dan konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya orangtua perlu terbuka dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang saat, sehingga tidak tertinggal. Aplikasi untuk belajar Alquran juga membantu anak-anak lebih produktif sebagai seorang Muslim. 

"Kecanggihan aplikasi tentu dapat membantu anak-anak saya untuk belajar Alquran lebih baik lagi, InsyaAllah," tuturnya. 

2. Oki Setiana Dewi tidak ingin pandemi Covid-19 justru membuat anak-anak tidak produktif

2. Oki Setiana Dewi tidak ingin pandemi Covid-19 justru membuat anak-anak tidak produktif
Instagram.com/maryam_nusaibah_abdullah

Sebagai orangtua Oki Setiana Dewi berkomitmen untuk selalu mendukung kebutuhan anak-anaknya, sehingga bisa terus belajar menjadi Muslim yang produktif. 

Menurutnya, pandemi yang mengharusnya untuk lebih banyak beraktivitas di rumah perlu dimanfaatkan dengan baik. 

"Pandemi seperti sekarang jangan membuat kita menjadi kurang produktif dan tidak menambah ilmu. Kecanggihan teknologi perlu dimanfaatkan dengan baik, termasuk mengarahkan anak-anak untuk belajar sesuai dengan perkembangan zaman," kata Oki. 

Walau sedang hamil anak keempat, Oki Setiana Dewi terus berupaya untuk mendampingi anak-anaknya termasuk dalam belajar agama. Mengingat segala kegiatan yang dilakukan sekarang begitu terbatas karena hanya dijalani di rumah. 

3. Orangtua perlu bijak memanfaatkan teknologi, sehingga dapat membantu perkembangan anak 

3. Orangtua perlu bijak memanfaatkan teknologi, sehingga dapat membantu perkembangan anak 
Instagram.com/okisetianadewi

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini memang membuat banyak orang mulai beradaptasi kembali dengan teknologi. Pemanfaatkan kecanggihan teknologi memang diperlukan sekarang dengan sebijak mungkin, termasuk meningkatkan perkembangan anak-anak. 

Sebagai orangtua, Oki Setiana Dewi menyarankan agar orangtua tidak gagap teknologi di era pandemi saat ini. Pembelajaran agama melalui digital pun bisa dimanfaatkan untuk membantu anak-anak belajar Alquran lebih baik lagi. 

Selain mendampingi, orangtua perlu mencari sistem pembelajaran yang nyaman serta sesuai kebutuhan anak. 

"Bagi saya tidak akan bosan apalagi kalau aplikasi yang diberikan kepada anak-anak memiliki banyak fitur. Selain itu, kalau ada komunikasi dua arah akan semakin membantu mereka selama proses belaja mengajar," kata Oki. 

Itulah beberapa rangkuman terkait cara yang dilakukan oleh Oki Setiana Dewi ketika mengajarkan Alquran ke anak-anak selama pandemi Covid-19. 

Kecanggihan teknologi memang perlu dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan anak-anak di situasi seperti sekarang nih, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.