TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Hewan Terbesar di Dunia, Ada yang Lebih Besar dari Gajah!

Tak hanya hewan darat, ada juga hewan laut yang memiliki ukuran besar

19 April 2022

10 Hewan Terbesar Dunia, Ada Lebih Besar dari Gajah
dolphinsafari.com

Membahas hewan-hewan yang besar, apa yang pertama kali muncul di benak anak mama? Apakah gajah? Meski benar, selain gajah ada banyak hewan lainnya yang lebih besar lho!

Yup, setiap hewan memiliki beragam bentuk dan rupa, dan mereka juga datang dalam keragaman ukuran. Mulai dari yang mikroskopis hingga yang panjangnya bisa mencapai 30 meter!

Dalam hal berat, tinggi atau panjang, tidak dapat disangkal bahwa beberapa hewan ada yang sangat besar jika dibandingkan dengan hewan lain di yang berada di kelasnya.

Yuk jelaskan pada anak, 10 hewan terbesar di dunia yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Paus biru dewasa

1. Paus biru dewasa
dolphinsafari.com

Hewan terbesar di Bumi adalah paus biru dewasa. Bahkan dilansir dari A-Z animals, paus biru dewasa memiliki ukuran yang lebih besar dari dinosaurus mana pun yang pernah hidup.

Saat ini, paus biru dewasa juga jauh lebih besar daripada hewan darat terbesar apa pun yang hidup di Bumi.

Seekor paus biru dewasa dapat tumbuh hingga 105 kaki atau sekitar 32 meter, dengan berat 180 ton atau sebanding dengan 15 bus sekolah!

2. Gajah afrika

2. Gajah afrika
Freepik/Wirestock

Hewan darat terbesar yang masih hidup sampai saat ini adalah gajah afrika, yang beratnya bisa mencapai 6.350 kg atau sekitar 7 ton. Mereka biasanya tumbuh hingga 10,6 meter dari batang ke ekor, dan memiliki tinggi 4,2 meter.

Sayangnya, ada dua spesies gajah yaitu, gajah sabana dan gajah hutan, dan yang saat ini disebut-sebut sebagai spesies langka dalam Daftar Merah Spesies Terancam dari International Union for Conservation of Nature (IUCN).

3. Buaya air asin

3. Buaya air asin
En.wikipedia.org

Sedangkan, reptil hidup terbesar di dunia dijatuhkan kepada buaya air asin, yang tumbuh dengan panjang rata-rata 5,2 meter, meskipun panjangnya masih bisa mencapai 6,3 meter dengan berat 435 kg.

Saking besarnya, mereka bahkan bisa memakan semua hewan yang bisa mereka makan, termasuk hiu jika ada kesempatan. Buaya air asin tersebar luas di perairan payau dan asin di beberapa bagian India, Asia dan Australia

4. Gorila

4. Gorila
Worldwildlife.org

Buat anak yang belum tahu, gorila adalah primata terbesar di dunia. Salah satu jenis gorila, yaitu beringei, memiliki tinggi sekitar 1,9 meter dengan berat mencapai 205 kilogram. 

Hewan ini dianggap paling besar dibandingkan spesies lain ini hidup di hutan, terutama di pegunungan Republik Demokratik Kongo. 

Sayangnya, saat ini hanya ada 5.000 gorila yang tersisa di Bumi, sehingga mereka termasuk hewan terancam punah. 

Editors' Picks

5. Burung unta

5. Burung unta
pbs.org

Anak mungkin lebih sering melihat ukuran burung yang cenderung kecil, dan menganggap bahwa burung elang adalah burung yang paling besar secara ukurannya. Namun, ada yang lebih besar lagi lho!

Yaitu, burung unta namanya!

Burung unta adalah jenis burung yang terbesar, dengan tinggi 2,7 meter dan berat 156 kg. Menariknya, mereka juga memiliki mata yang terbesar dari semua burung yaitu dengan diameter 5 cm.

Fakta menarik tentang burung unta adalah, mereka tidak memiliki gigi dan dapat bertahan hidup tanpa air selama berhari-hari. Hal ini karena mereka dapat membuat air sendiri secara internal dan mengekstrak sisanya dari tumbuh-tumbuhan yang mereka makan.

6. Harimau

6. Harimau
Freepik/vladimircech

Anak mama tentu sudah tak asing dengan hewan yang satu ini, bukan? Yup, harimau termasuk sebagai kucing terbesar di dunia. 

Bagaimana tidak, harimau memiliki tubuh dengan panjang mencapai tiga meter dan beratnya mencapai 300 kilogram! 

Tubuhnya yang besar dikarenakan harimau bisa memakan daging sebanyak 27 kilogram atau lebih dalam waktu satu malam.

Selain itu, harimau juga lebih suka menghabiskan waktunya berjauhan dengan harimau lain, artinya mereka dikenal saling menghormati wilayah masing-masing.

7. Beruang

7. Beruang
Freepik/Byrdyak

Untuk posisi karnivora darat terbesar, dimiliki oleh beruang coklat dan beruang kutub. Dengan berat mereka yang kira-kira mencapai 907 kg atau sekitar 1 ton, dan tinggi hingga 3 meter terutama saat berdiri dengan kaki belakang.

Beruang coklat memilki habitat di hutan dan pegunungan Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Sedangkan untuk melihat beruang kutub, anak mama harus pergi lebih jauh lagi ke arah utara ke Lingkaran Arktik.

8. Hiu paus

8. Hiu paus
usa.oceana.org

Selain paus biru dewasa, posisi hewan terbesar di lautan juga diberikan pada hiu paus. Seekor hiu paus memiliki panjang tubuh yang bisa mencapat 12 meter, dengan berat hingga atau 22 ton.

Tetapi terlepas dari ukurannya yang sangat besar, menariknya, hiu paus ini hanya kebanyakan memakan plankton kecil lho!

Mereka hadir di laut tropis di seluruh dunia. Namun sayangnya, hiu paus dianggap rentan punah karena sering diburu di beberapa negara.

9. Cumi-cumi raksasa

9. Cumi-cumi raksasa
nature.com

Mendengar nama hewan cumi-cumi, anak mungkin heran mengapa cumi yang mungkin biasanya ia makan termasuk sebagai hewan terbesar.

Namun ini bukan cumi-cumi biasa, cumi-cumi raksasa atau Architeuthis dux adalah cephalopoda terbesar, yang termasuk dalam kelompok bersama cumi-cumi, gurita, sotong, dan nautilus.

Panjang tubuh cumi-cumi raksasa lebih dari 2 meter, tetapi apa yang membuat membuat cumi-cumi ini besar adalah, karena memiliki tentakel dengan panjang total 18 meter.

10. Komodo

10. Komodo
Freepik/vladimircech

Komodo galak berlidah garpu dengan nama latin Varanus komodoensis, adalah kadal terbesar yang masih hidup.

Dilansir dari Live Science, untuk komodo jantan sendiri memiliki panjang hingga 3 meter dan berat sekitar 90kg. Untuk betina memiliki tubuh yang sedikit lebih kecil, yaitu tumbuh hingga 1,8 meter panjangnya.

Komodo adalah pemangsa yang cepat, memiliki penglihatan yang baik, dan indra penciuman yang sangat baik. Ini semua membantu mereka berburu mangsa besar seperti kerbau, rusa, babi, dan bahkan manusia!

Nah itulah 10 hewan terbesar di dunia. Kini anak mama telah mengetahui bahwa hewan terbesar di dunia itu tak hanya gajah saja, namun ada beberapa hewan darat bahkan laut yang sangat besar.

Dari 10 hewan di atas, hewan apa yang paling membuat anak takjub?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk