7 Rekomendasi Virtual Tour Indonesia untuk Anak Sekolah

Ajak anak "keliling" Indonesia dari rumah dengan virtual tour

25 Februari 2022

7 Rekomendasi Virtual Tour Indonesia Anak Sekolah
Freepik

Meningkatnya kasus varian Covid-19 Omicron membuat para orangtua semakin khawatir tentang penyebaran virus kepada anak-anak mereka. Mengurangi aktivitas di luar rumah, termasuk liburan keluarga adalah salah satu tindakan pencegahan yang penting untuk dilakukan.

Artinya anak harus menghabiskan waktu di rumah pada saat musim liburannya. Namun, Mama tak perlu khawatir, karena rasa rindu liburan yang anak rasakan bisa diobati, tanpa perlu khawatir dengan pandemi yang belum berakhir ini.

Pasalnya Mama tetap bisa mengajak anak berlibur "keliling" Indonesia tanpa harus meninggalkan rumah lho! \

Yaitu melalui virtual tour (tur virtual). Ada banyak penyelenggara layanan tur virtual yang bisa Mama pilih agar anak bisa liburan dengan aman di rumah.

Nah, untuk memudahkan Mama dalam memilihnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum tujuh rekomendasi virtual tour  Indonesia untuk anak sekolah.

Yuk simak Ma!

1. Atourin

1. Atourin
Pexels/Katerina Holmes

Layanan wisata virtual yang bisa Mama coba untuk mengobati rasa rindu anak pada liburan adalah Atourin. Platform pariwisata ini diklaim mampu memberikan layanan one-stop-solution kepada para wisatawan.

Artinya, anak tak hanya mendapatkan informasi mengenai obyek wisata yang ingin dikunjungi saja, namun juga direkomendasikan untuk mengunjungi berbagai destinasi lainnya di Indonesia.

Saat ini aneka destinasi ditawarkan dalam bentuk virtual tour melalui aplikasi Zoom. Tentu saja anak mama akan dipandu oleh pegiat dan pemandu wisata lokal. Beberapa tur bahkan disiarkan secara live dari lokasi tujuan lho!

Melalui platform Atourin, anak mama bisa menikmati pemandangan panorama 360 derajat dari berbagai lokasi paling indah di Indonesia, diantaranya:

  • Desa Sembalun Lawang, Lombok
  • Pantai Mawun, Lombok
  • Labuan Bajo, Flores
  • Pulau Kalong, Flores
  • Danau Toba, Sumatera Utara
  • Istana Maimum, Sumatera Utara
  • Bukit Pulisan, Minahasa
  • Hutan Pinus Kragilan, Magelang
  • Gereja Ayam, Magelang

Jika anak mama ingin merasakan pengalaman virtual traveling bersama Atourin, mulai dari Rp.50.000,- saja, Mama dan anak bisa traveling secara virtual ke mana pun tujuan destinasinya.

2. BIVITI

2. BIVITI
Freepik/our-team

Melalui media sosial Instagramnya yaitu @biviti_id, BIVITI menyediakan virtual trips edukatif untuk anak-anak dengan berbagai destinasi yang menarik seperti menjelajahi hutan Indonesia, kebun binatang, offshore rig, hingga ke luar angkasa.

Tur dilakukan melalui aplikasi Zoom bersama para tour guide yang berpengalaman di bidangnya dan para moderator yang ramah anak. Untuk mengikuti tour-nya, Mama cukup membayar Rp. 30.000,- saja per gadget yang digunakan.

Selain membuka tur untuk umum, Buatiwa juga melayani group tour, misalnya khusus untuk rombongan dari sekolah tertentu.

Editors' Picks

3. Indonesia Virtual Tour

3. Indonesia Virtual Tour
Freepik/DCStudio
joker with card

Indonesia Virtual Touradalah platform digital yang menampilkan seluruh konten 360 virtual tour mengenai keindahan Indonesia, mulai dari kota, desa, kawasan, hingga tempat wisata.

Tak hanya itu saja, setiap tempat wisata yang dihadirkan juga diberikan informasi yang bisa menambah pengetahuan anak. 

Penggunaan layanannya sendiri dilakukan dengan membuka websitenya, atau anak bisa mengunduh aplikasinya, baik melaui Google Playstore ataupun Appstore.

Untuk saat ini, Indonesia Virtual Tour baru menampilkan beberapa konten yang bisa digunakan untuk virtual tour, diantaranya:

  • Jakarta
  • Yogyakarta
  • Palembang
  • Bali
  • Semarang
  • Bandung
  • Makassar
  • Samarinda
  • Serang
  • Surabaya
  • Kendari
  • Bengkulu
  • Kupang

Untuk melakukan perjalanan secara virtual melalui Indonesia Virtual Tour ini, Mama tak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis!

4. Panduasia

4. Panduasia
Freepik/Pressfoto

Panduasia adalah platform traveling wisata di Indonesia yang menyediakan tur virtual dari berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia dan mancanegara. 

Melalui websitenya, Mama dapat memilih tempat wisata atau negara mana yang menjadi favorit anak. Beberapa tempat wisata yang ada di platform ini adalah Virtual Tour Taman Mini Indonesia Indah, Kintamani Bali, tur Kota Bandung, tur kota Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Mama tak perlu khawatir jika anak bingung saat melakukan tur virtual ini, karena program ini akan di pandu oleh tour guide yang profesional di bidangnya.

Jika Mama tertarik untuk menggunakan jasa virtual tour bersama Panduasia, satu tripnya dikenakan biaya Rp.50.000,- per orangnya.

5. Wisata Kreatif Jakarta

5. Wisata Kreatif Jakarta
Freepik/ArthurHidden

Kemudian juga ada Wisata Kreatif Jakarta yang diklaim merupakan spesialis dalam tur virtual dan tur Jakarta. Sesuai namanya, anak akan diajak keliling tempat wisata dan bersejarah di Kota Jakarta, tentunya didampingi oleh tour guide yang berpengalaman.

Tur keliling Jakarta yang dilakukan oleh Wisata Kreatif Jakarta ini juga tidak dipungut biaya, alias gratis. Anak cukup menyaksikannya via live Instagram (@wisatakreatifjakarta).

Selain di Jakarta, anak juga bisa mengikuti tur virtual mancanegara seperti keliling Disney California Adventure dan Avengers Campus yang dilakukan melalui aplikasi Zoom. Untuk mengikuti tur yang satu ini, anak cukuo membayar Rp.35.000,- perorang+satu orang pendamping.

6. WisataSekolah

6. WisataSekolah
Pexels/August de Richelieu

Rekomendasi layanan virtual tour untuk anak lainnya adalah WisataSekolah yang menjadi produk dari Outing.id, yang merupakan penyelenggara wisata pendidikan.

Mereka menggunakan konsep kurikulum tematik sekolah termasuk field trip, study tour, ekskursi, juga program leadership untuk sekolah, universitas, dan tenaga pendidik. Nah di masa pandemi ini, WisataSekolah menyelenggarakan layanannya berupa virtual tour via aplikasi Zoom.

Misalnya, anak akan diajak untuk melihat taman wisata lebah, museum layang-layang, museum tekstile, dan museum seni rupa & keramik. Tak hanya tur di museum dan tempat wisata Indonesia, WisataSekolah juga mengajak anak untuk tur ke beberapa kota di mancanegara seperti tur negara Eropa.

Melakukan tur dengan WisataSekolah, Mama cukup membayar mulai dari Rp.30.000,-.

7. Wonders of Indonesia - Google Arts & Culture

7. Wonders of Indonesia - Google Arts & Culture
Freepik/Miksturaproduction

Penyelenggara layanan virtual tour yang terakhir adalah Wonders of Indonesia yang merupakan bagian dari Google Arts & Culture. Di sini anak mama bisa menjelajah secara virtual tempat-tempat wisata populer di Indonesia.

Seperti Candi Borobudur, Monumen Nasional (MONAS), museum tekstil, museum wayang, dan masih banyak lagi.

Tak hanya memberikan pengalaman menjelajah secara virtual, anak mama juga bisa menambah pengetahuan seputar kesenian dan kebudayaan Indonesia. 

Untuk merasakan pengalaman menjelajah dengan Wonders of Indonesia dari Google Arts & Culture, cukup unduh aplikasi Google Arts & Culture. Layanan tur virtual di sini gratis ya Ma!

Nah itulah beberapa rekomendasi virtual tour Indonesia untuk anak sekolah, yang diharapkan bisa mengobati rasa rindu anak pada liburan. Selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk