3 Virtual Tour Dalam Negeri, Coba Liburan Menyenangkan di Rumah Saja

Mengobati rasa rindu berwisata saat #dirumahaja

13 Mei 2020

3 Virtual Tour Dalam Negeri, Coba Liburan Menyenangkan Rumah Saja
Freepik/Tirachardz

Pemberlakuan Social Distancing dan anjuran untuk beraktifitas #dirumahaja mungkin membuat Mama dan anak menjadi bosan dan rindu merasakan liburan. Walaupun sulit untuk berwisata di masa pandemi seperti ini, Mama tak perlu khawatir lagi karena liburan tetap bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Liburan tanpa harus keluar rumah mungkin terasa aneh, namun semua itu dapat terwujud berkat kemajuan teknologi yang bernama Virtual Tour, berlibur secara virtual menggunakan laptop atau smartphone.

Dengan virtual tour, Mama dapat mengajak anak untuk traveling keliling Indonesia tanpa perlu tiket pesawat.

Penasaran seperti apa virtual tour? Popmama.com akan merekomendasikan 3 tempat wisata di Indonesia lewat virtual tour.

Editors' Picks

1. Museum Bank Indonesia

1. Museum Bank Indonesia
Bi.go.id

Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih, Ahmad Riza Patria mengatakan sejumlah pihak pengelola museum mengubah sistem yang dapat membantu masyarakat untuk berjalan-jalan tanpa harus keluar rumah, tujuannya untuk dapat mengobati rasa rindu berlibur meski tetap di dalam rumah. Salah satunya adalah Museum Bank Indonesia.

Museum yang berlokasi di Jakarta Barat itu pertama kali dibangun pada tahun 1928, merupakan cagar budaya peninggalan De Jache Bank. Di Museum Bank Indonesia, Mama dapat mengajarkan pada anak informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Indonesia hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953.

Untuk mengakses Museum Bank Indonesia secara virtual tour, Mama dapat membuka tautan berikut ini: Virtual Tour Museum Bank Indonesia

2. Candi Prambanan

2. Candi Prambanan
Alodiatour.com

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang terbesar di Indonesia bahkan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, karena kemegahannya pasti Mama tahu jika ingin menikmati keindahannya, harus berdesakan dengan ratusan turis lainnya dan merasakan teriknya sinar matahari. Nah sekarang Mama dapat menikmati keindahan Candi Prambanan tanpa berdesakan dan tanpa perlu kepanasan lagi.

Dalam Virtual Tour ini, Mama dapat mengajak anak untuk melihat Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yang dibangun pada abad ke-9 di Jawa Tengah, Indonesia. Kompleks candi prambanan ini memiliki bentuk yang tinggi dan lancip, khas arsitektur kuil Hindu. Memiliki bangunan pusat setinggi 47 meter yang menjulang tinggi.

Untuk pergi berlibur ke Prambanan tanpa perlu beranjak keluar rumah, Mama dapat membuka tautan berikut ini: Virtual Tour Candi Prambanan

3. Pantai Ancol Taman Impian

3. Pantai Ancol Taman Impian
Korporat.ancol.com

Jika merindukan suasana pemandangan pantai yang menenangkan di tengah pandemi virus corona tanpa harus ke luar rumah, Mama bisa memanfaatkan layanan virtual tour Ancol melalui Instagram Live.

Acara Liburan Virtual di Ancol Taman Impian diselenggarakan mulai 7 Mei 2020, yang bertujuan untuk menghibur dan mengobati kerinduan masyarakat.

Berdasarkan informasi yang tertera di situs resminya, tempat wisata tersebut memiliki lima rangkaian di tempat yang berbeda-beda, berikut jadwal virtual tour yang dapat Mama ikuti:

Kamis, 7 Mei 2020

  • Petualangan Ramadhan Dengan Sahabat Samudra Ocean Dream Samudra pukul 13:00 WIB.
  • Ngabuburit Melihat Sunset di Pantai Ancol pukul 16:00 WIB.

Kamis, 14 Mei 2020

  • Puasa di Bawah Laut Bersama Sahabat Laut – Sea World Ancol pukul 12:00 WIB.
  • Kangen Dufan – Dunia Fantasi pukul 14:00 WIB.

Selasa, 19 Mei 2020

Lebaran Seru di Ancol – Kangen Ancol Explore Dufan, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures pukul 11:00 WIB.

Mama dapat mengajak anak untuk mengikuti virtual tour dengan menyaksikan Livenya di akun Instagram @oceandreamsamudra dan @ancoltamanimpian.

Nah bagaimana, seru juga kan berlibur lewat virtual tour? Sekadar mengobati rasa rindu berlibur yang seperti harus ditunda dulu sampai beberapa waktu kedepan. Nanti setelah pandemi virus corona selesai, Mama bisa dapat mengajak keluarga jalan-jalan ke lokasi wisata yang sebenarnya. Sabar dulu ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.