15 Tempat Wisata di Lampung, Yuk Ajak Anak Liburan ke Sini

Lampung menyimpan kekayaan alam yang luar biasa indah!

27 November 2020

15 Tempat Wisata Lampung, Yuk Ajak Anak Liburan ke Sini
Freepik/Bonnontawat

Indonesia memiliki kekayaan akan keindahan alam, sehingga sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah Provinsi Lampung yang terletak di paling selatan Pulau Sumatera. Lampung merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang tengah naik daun.

Alasannya, provinsi ini menyimpan segudang objek wisata alam indah yang patut diperkenalkan pada anak. Selain itu, saat ini Lampung memiliki banyak potensi tempat wisata. Hampir semua wisata alam tersedia di sana.

Mulai dari wisata alam dengan pantai, gunung, air terjun, hingga tempat wisata kekinian seperti spot selfie. Seiring berkembangnya Lampung, semakin pula banyak destinasi wisata baru dan seru yang bermunculan.

Bagi Mama yang ingin mengajak anak untuk berlibur, berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan 15 tempat wisata di Lampung yang wajib Mama kunjungi bersama anak!

1. Taman Nasional Way Kambas

1. Taman Nasional Way Kambas
Lampungpro.co

Taman Nasional Way Kambas merupakan pusat konservasi yang menampung setidaknya 300 ekor hewan gajah, dan sampai saat ini masih terus bertambah. Pengunjung Taman Way Kambas ini bisa melihat dan serta berinteraksi langsung dengan gajah-gajah yang ada di sana.

Selain gajah, di tempat wisata Bandar Lampung ini, juga terdapat hewan-hewan lainnya seperti harimau dan beruang.

Jika Mama ingin berfoto di Taman Nasional Way Kambas ini, sebaiknya menggunakan lensa kamera jarak jauh untuk hasil yang terbaik.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas terletak di Lampung Timur dengan jam operasional buka dari pukul 08.00-18.00WIB.

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)
Indephedia.com

Mirip dengan Taman Nasional Way Kambas, tempat wisata Lampung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini juga melindungi berbagai satwa endemik seperti gajah, namun juga hewan badak dan juga harimau.

Selain itu, taman yang berada di tiga provinsi ini juga turut berfokus pada konservasi hutan.

Bagi Mama yang ingin mengambil foto di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini, disarankan untuk menggunakan kamera profesional dengan performa yang kuat seperti DSLR untuk mengambil gambar pemandangan yang lebih luas.

Jika Mama tertarik mengajak anak ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini, maka Mama dapat mengunjunginya pada hari Senin-Jumat dari pukul 07.30-16.00 WIB, karena setiap Sabtu-Minggu, tempat wisata ini tutup.

3. Bendungan Margotirto

3. Bendungan Margotirto
Wartawisata.id

Bendungan Margotirto yang berada di daerah Gisting ini sebenarnya merupakan bangunan sisa pemerintahan kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1930-an. 

Bendungan Margo Tirto ini juga sempat viral di media sosial, karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya.

Kini tempat yang dinamakan Kampung Air Margotirto ini sudah berubah menjadi tempat wisata dan dilengkapi kolam berukuran 80x30 meter hingga sepeda bebek kayuh.

Jika ingin mengunjungi Bendungan Margotirto, Mama dapat pergi ke lokasi Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

4. Kawasan Suoh

4. Kawasan Suoh
indephedia.com

Selanjutnya adalah kawasan Suoh yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danaunya. Karena memiliki geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi, Danau Suoh dapat menjadi salah satu tujuan Mama dan keluarga saat wisata ke Lampung.

Kawasan ini terdiri dari empat danau, yaitu Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Memiliki nama yang unik, setiap danau memiliki karakteristiknya masing-masing sesuai namanya.

Danau Asam memiliki air pH rendah sehingga rasanya asam.

Dan Danau Minyak memiliki permukaan yang terlihat berkilau seperti ada minyak mengambang. Kemudian, di sekitar Danau Belibis juga terdapat ilalang yang tumbuh liar, sehingga sering menjadi titik favorit untuk mengambil foto.

5. Muncak Teropong Laut

5. Muncak Teropong Laut
Indephedia.com

Jika ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, Mama bisa mengajak anak untuk pergi ke Muncak Teropong Laut yang memungkinkan anak menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian.

Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar foto keluarga yang indah, apalagi ketika hari mulai senja. Kemudian juga ada sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa anak gunakan untuk berfoto.

Kalau Mama tertarik mengunjungi tempat ini, datang ke alamatnya yaitu di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.

6. Perkebunan Karet Trikora di Lampung Selatan

6. Perkebunan Karet Trikora Lampung Selatan
Wartawisata.id

Jika anak Mama tertarik dengan pemandangan pepohonan di Korea Selatan, kini tidak perlu jauh-jauh lagi mengunjunginya. Karena ada Perkebunan Karet Trikora di Lampung Selatan yang katanya mirip ddengan pemandangan di Korea Selatan.

Pohon-pohon karet yang berada di kiri dan kanan jalan saling menyatu bagian atasnya, sehingga membentuk terowongan yang alami dan instagramable. Tak salah jika tempat ini sering dijadikan tempat wisata keluarga untuk hunting foto, mulai dari foto pribadi hingga kebutuhan pre-wedding.

Area perkebunan karet ini berada di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN 7). Kemudian, di sini anak juga bisa melihat proses penyadapan karet serta pembekuannya. Jadi selain menyenangkan, juga bisa mengedukasi anak deh!

Editors' Picks

7. Puncak Mas

7. Puncak Mas
Jejakpiknik.com

Puncak Mas adalah area wisata yang biasa digunakan untuk berfoto. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah banyak rumah pohon beraneka ukuran di sana. Mulai dari yang kecil hingga rumah pohon dua tingkat.

Bahkan uniknya, juga terdapat mushola yang terletak di atas pohon lho! Selain berfoto bersama keluarga, Mama dan anak juga bisa mencoba berbagai wahana, seperti wahana sepeda gantung yang bisa meningkatkan keberanian anak.

Puncak Mas ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap walaupun baru buka pada tahun 2017 lalu. Jika ingin mengunjungi Puncak Mas, Mama bisa mengunjungi lokasinya di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung.

8. Pantai Dewi Mandapa

8. Pantai Dewi Mandapa
Infolpg.com

Lampung dikenal dengan keindahan wisata alamnya, terutama pantainya. Salah satunya yang menjadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Tak hanya memiliki hamparan pasir putih dan ombak yang akan disukai anak-anak, namun juga ada beberapa spot wisata lainnya yang bisa Mama kunjungi di sana.

Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara, Mama dapat menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, serta properti untuk berswafoto. Untuk masuk ke lokasi ini, Mama akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp.20.000 per lokasinya.

9. Menara Siger

9. Menara Siger
Berwisata.id

Jika pilihan destinasi-destinasi sebelumnya lebih berfokus pada wisata alam di Lampung, maka Menara Siger menjadi jawaban destinasi wisata Lampung di bidang monumen. Menara Siger di Lampung ini, tidak kalah kerennya dengan Monas di Jakarta ataupun Gedung Sate di Bandung.

Menara Siger memiliki mahkota di atasnya, yang coraknya dibuat sebagai simbol atas Balaputra Dewa yang merupakan seorang raja sakti dari Sekala. Jika Mama ingin mengunjungi wisata monumen di Lampung yang satu ini, maka kunjungi alamatnya di Jl. Lintas Sumatera, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

10. Pulau Kubur

10. Pulau Kubur
Duniaindra.com

Walau dinamakan pulau kubur, jangan menganggap pulau ini seram ya Ma! Karena kontras dengan namanya yang seram, wisata pulau di Provinsi Lampung yang tak berpenghuni ini justru memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Objek wisata Pulau Kubur ini relatif masih bersih dan tidak ada sampah yang berserakan. Maka untuk menjaga keasrian pulau ini, Mama akan dihimbau membawa kantong plastik sendiri sebagai tempat sampah.

11. Pulau Mengkudu

11. Pulau Mengkudu
Infolpg.com

Pulau Mengkudu di Lampung belakangan ini sedang naik daun sebagai destinasi wisata Provinsi Lampung. Selain itu, Pulau Mengkudu menjadi ciri khas tersendiri di Lampung karena kondisi alamnya yang menyerupai Tanah Lot di Bali.

Jika Mama mengunjungi Pulau Mengkudu ini, Mama akan melihat berbagai Batu Lapis dan Pasir Timbul yang membuat wisata alam ini menjadi lebih menawan. Kalau Mama tertarik mengunjungi Pulau Mengkudu ini, Mama bisa mendatangi lokasinya di Totoharjo, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.

12. Taman Purbakala Pugung Rejo

12. Taman Purbakala Pugung Rejo
Wisato.id

Lampung juga merupakan salah satu provinsi Indonesia yang kaya akan warisan sejarahnya, khususnya pada masa megalitikum. Di Taman Purbakala Pugung Rejo ini misalnya, taman ini menyimpan berbagai situs historis yang tak bernilai.

Mulai dari punden berundak hingga benteng primitif. Taman Purbakala Pugung Rejo ini merupakan pilihan tempat wisata yang tepat untuk anak-anak, karena selain menikmati keindahan lokasinya anak juga akan mendapatkan banyak ilmu mengenai sejarah masyarakat Lampung.

13. Air Terjun Ciupang

13. Air Terjun Ciupang
Contoh.kemendesa.go.id

Lampung juga memilki pesona wisata alam air terjun yang menarik dan sayang jika tak dikunjungi selama berlibur. Air Terjun Ciupang merupakan salah satu atraksi wisata yang belum ramai dikunjungi, sehingga daerahnya yang sangat asri dan bersih.

Hal yang paling mengesankan dari objek wisata di Lampung ini, adalah struktukr dinding jurangnya yang khas, di sini Mama dan anak akan melihat dinding jurang yang terlihat seperti tembok bebatuan yang diukir.

Untuk mengunjunginya, Mama bisa mendatangi lokasinya di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

14. Bukit Pangonan

14. Bukit Pangonan
Nativeindonesia.com

Bukit Pangonan tak hanya menawaran pemandangan asri ala padang rumput yang hijau serta pepohonannya yang rindang dan asri. Pihak pengelola tempat wisata di Lampung ini juga menawarkan berbagai atraksi yang bisa di coba.

Seperti spot-spot berfoto dengan latar belakang titian hati yang terbuat dari susunan bunga dan tatanan lanskap yang unik. Bukit Pangonan ini cocok bagi anak-anak dan remaja yang suka selfie.

15. Danau Ranau

15. Danau Ranau
Genpi.co

Terakhir yang tak kalah menarik adalah Danau Ranau. Danau Ranau di provinsi Lampung ini merupakan danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera.

Wisata air Danau Ranau ini menyimpan segudang atraksi, mulai dari pemandangan Gunung Seminung hingga Pulau Marisa yang berada tepat di tengah-tengah danau.

Nah itu dia Ma, 15 rekomendasi tempat wisata di Lampung yang sayang jika dilewatkan. Yuk Ma, ajak anak liburan agar ia lebih semangat lagi menjalankan aktivitasnya sehari-hari!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.