9 Tips Mencari Guru Les Privat Terbaik untuk Anak

Menemukan guru les yang tepat, anak dapat memahami materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan

26 Januari 2022

9 Tips Mencari Guru Les Privat Terbaik Anak
Freepik/ArthurHidden

Banyaknya materi di sekolah, seringkali menyulitkan seorang anak untuk memahaminya dengan hanya belajar di sekolah. Sehingga tak sedikit anak yang kesulitan saat mengerjakan PR dan belajar di rumah.

Tetapi saat ini, dengan semakin mudahnya ketersediaan guru les privat untuk anak-anak, mereka dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar anak.

Terlebih lagi jika ada masalah memahami materi, guru les privat dapat membantunya memahami masalah itu sejak awal sebelum menjadi sesuatu yang lebih rumit.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seorang anak membutuhkan guru les privat. Baik itu kesulitan menyelesaikan pekerjaan rumah, menghadapi kesulitan dalam belajar, mendapatkan nilai rendah, kurang percaya diri, gagal dalam manajemen waktu, atau bolos sekolah.

Jika Mama bingung bagaimana mencari guru les privat untuk anak, kali ini Popmama.com telah merangkum 9 tips mencari guru les privat terbaik untuk anak. Baca yuk Ma!

1. Ketahui kebutuhan anak

1. Ketahui kebutuhan anak
Pexels/Ron Lach

Sebelum menemukan guru les privat, bicarakan dengan anak tentang ia merasa kesulitan dengan akademis. Apakah itu mata pelajaran tertentu, keterampilan mencatat, atau mempersiapkan ujian?

Mama juga dapat bertanya kepada guru sekolah anak dan mengetahui tingkat bantuan apa yang dibutuhkan, bidang apa yang perlu ditingkatkan, atau dari cara gaya belajarnya.

Menyadari area yang perlu ditingkatkan oleh anak, akan membantu Mama menemukan program bimbingan belajar terbaik

2. Pikirkan tentang prioritas Mama

2. Pikirkan tentang prioritas Mama
Freepik/Drobotdean

Penting juga untuk memastikan biaya, kenyamanan anak, dan kebutuhan anak dalam menyewa seorang guru les privat. Sehingga perlu diingat bahwa mungkin memerlukan perjuangan untuk menemukan satu tipe yang cocok untuk semua hal dalam memilih guru les privat untuk anak.

Mama juga perlu mencari tahu bagaimana jenis gaya belajar yang paling cocok untuk anak. Jika Mama memilih guru yang mengajar sekelompok siswa sekaligus, cari tahu jumlah maksimum siswa per kelas.

Jika memilih sesi les privat, Mama tetap perlu mencari tahu lokasi di rumah yang nyaman untuk belajar dan biayanya terjangkau agar mendapatkan hasil terbaik.

3. Periksa lokasi yang terjangkau

3. Periksa lokasi terjangkau
Pexels/Andrea Piacquadio

Alih-alih pergi jauh untuk mencari seorang guru, Mama harus mencoba untuk menemukan satu dari lokasi terdekat di sekitar rumah. Ini dapat menghemat banyak waktu yang seharusnya Mama habiskan untuk bepergian.

Selain itu, memiliki guru les privat dari lokasi terdekat memungkinkan Mama menjangkaunya dengan mudah dalam situasi kritis apa pun, seperti saat ada ujian mendadak di sekolah anak.

Editors' Picks

4. Mencari rekomendasi dari orang sekitar

4. Mencari rekomendasi dari orang sekitar
Freepik/shurkin_son

Jika Mama mengetahui tentang guru yang telah bekerja dengan anak-anak lain di lingkungan sekitar rumah, kemungkinan besar mereka akan dapat membantu anak mama juga.

Orang-orang terdekat bisa menjadi sumber informasi tepercaya, dan dengan demikian menemukan guru les privat melalui mereka, membantu Mama menyadari pro dan kontra dari berbagai pendekatan.

Berdiskusi dengan teman dan anggota keluarga dapat memberikan pemahaman tentang kepribadian, keahlian, dan metode pengajaran seorang guru les. Selain itu, Mama mungkin juga dapat menemukan diskon yang tidak diiklankan atau slot waktu yang tersedia dari tutor.

Selain itu, Mama juga bisa bertanya kepada guru sekolah anak, konselor bimbingan, dan orangtua siswa lainnya, apakah ada guru les privat yang baik yang memberikan bantuan pengajaran setelah sekolah.

Mama juga dapat mempertimbangkan mencarinya secara online, selebaran atau majalah sebagai sumber yang bagus.

5. Mencari tutor di platfotm online

5. Mencari tutor platfotm online
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Tak hanya secara les secara offline atau privat, Mama juga bisa memilih platform online yang tepat untuk pembelajaran sepulang sekolah.

Platform online yang baik bertindak sebagai komunitas belajar di mana Mama dapat mendaftarkan anak dan terhubung dengan guru yang tepat untuk mempelajari mata pelajaran atau keterampilan tertentu.

Selain itu, Mama juga dapat terhubung ke orangtua dari anak-anak lain dengan kebutuhan belajar yang sama seperti anak mama.

Dalam hal memiliki bimbingan pribadi dalam mata pelajaran tertentu, les online memberikan lebih banyak fleksibilitas daripada agen les atau tutor pribadi.

Pembelajaran biasanya dikelola melalui obrolan online, sesi, telekomunikasi, dan metode virtual lainnya. Dengan cara ini seluruh komunikasi antara guru dan siswa menjadi lebih mudah.

6. Memenuhi persyaratan dan berpengalaman untuk mengajar mata pelajaran

6. Memenuhi persyaratan berpengalaman mengajar mata pelajaran
Freepik/katemangostar

Sebelum membuat keputusan akhir tentang mempekerjakan seorang guru les privat untuk anak, pastikan bahwa guru tersebut memenuhi syarat dan berpengalaman untuk mengajar mata pelajaran atau keterampilan yang dibutuhkan oleh anak.

Tanyakan apakah ia memiliki pengalaman dalam mengajar anak-anak dengan usia dan gaya belajar yang sama dengan anak mama.

Jika Mama tidak menemukan tutor yang memiliki kredensial khusus untuk tingkat kelas anak, pilihlah tutor yang memiliki gelar sarjana pendidikan dan menyelesaikan program pelatihan guru dari sumber resmi.

Ini hanya akan memastikan bahwa tutor memahami teori akademik, desain pembelajaran, dan perspektif perbaikan.

Selain itu, seorang guru les privat juga harus sabar, ceria, memotivasi, dan menyenangkan dengan anak-anak. Jadi, jangan lupa untuk memikirkan sikap dan kepribadian nya ya, Ma!.

7. Mempertimbangkan anggaran

7. Mempertimbangkan anggaran
Pexels/Karolina Grabowska

Baik itu program les online, tutor privat atau guru les, sebelum membuat keputusan akhir, Mama harus mengetahui rencana harga komprehensif yang mencakup jumlah sesi dan biaya per sesi.

Harus ada transparansi mengenai persyaratan pembayaran dan biaya tambahan untuk pengujian dan bahan. 

Kursus les privat terkadang terlihat mahal. Namun, perasaan yang Mama dapatkan setelah melihat setelah anak mendapat perhatian pribadi dari gurunya, menjadi tak ternilai harganya. Mama akan mengerti mengapa ini adalah investasi yang terbaik untuk anak.

Namun, jika benar-benar ingin mengontrol anggaran, buat semuanya berjalan dengan mempertimbangkan pelajaran online, yang lebih fleksibel dan efisien.

8. Berkomunikasi dengan pihak sekolah

8. Berkomunikasi pihak sekolah
Freepik/Yanalya

Mama dapat mempertimbangkan sekolah anak sebagai sumber yang baik untuk mengetahui di mana menemukan guru les privat. Beberapa sekolah bahkan menyediakan sesi belajar setelah sekolah, dengan fokus pada area masalah umum anak-anak.

Bahkan beberapa sekolah mengadakan program untuk siswa senior untuk membantu adik-adik kelas untuk menjadi tutor. Berkomunikasi dengan sekolah membantu Mama mendapatkan bantuan bimbingan belajar yang berfokus pada masalah belajar anak di tingkat kelas tertentu.

9. Mencari seseorang di lingkaran dekat Mama

9. Mencari seseorang lingkaran dekat Mama
Freepik/master1305

Pernahkah Mama berpikir untuk meminta anggota keluarga dekat, teman atau tetangga untuk memberikan bimbingan mengajar kepada anak mama?

Jika belum melakukannya dan anak mudah merasa gugup karena diajari oleh orang asing, Mama dapat mencobanya.

Atur jadwal yang sesuai dengan orang di lingkaran dekat dan setujui bagaimana pembayaran atau kompensasinya. Cara ini bisa menjadi pengaturan yang sempurna untuk anak.

Pastikan orang tersebut juga memahami keseriusan pengaturan tersebut. Meskipun diajarkan oleh orang yang telah dikenal anak, pastikan ia tetap menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut sebagai otoritas.

Nah itulah beberapa tips mencari guru les privat terbaik untuk anak. Dibutuhkan banyak pertimbangan untuk menemukan dan mempekerjakan guru les privat yang tepat untuk anak. Dan dengan seseorang yang tepat, Mama dapat membuat waktu belajar menjadi menyenangkan untuk anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk