Yuk Coba! 6 Gerakan Yoga Untuk Menenangkan Pikiran Anak

Cocok bagi anak yang sulit diajak olahraga nih!

3 April 2021

Yuk Coba 6 Gerakan Yoga Menenangkan Pikiran Anak
Freepik

Memiliki aktivitas yang padat seringkali membuat anak stres dan frustasi, sehingga anak mudah lelah dan menolak untuk berolahraga. Tapi Mama tak perlu khawatir, karena tak semua olahraga dilakukan di luar ruangan.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan kapan saja di dalam ruangan adalah yoga. Secara alami, anak memiliki tubuh yang fleksibel, sehingga dapat memetik manfaat kesehatan dari yoga seperti orang dewasa.

Yoga bisa membawa kedamaian bagi kehidupan anak serta menjaga kesehatan pikiran dan tubuhnya. Beberapa gerakannya pun sederhana dan mudah diikuti anak.

Agar Mama tidak bingung dalam mencari gerakan yoga yang tepat, berikut Popmama.com telah menyiapkan 6 pose yoga mudah untuk anak dan bermanfaat untuk menenangkan pikirannya. Jangan lupa siapkan matras yoga ya, Ma!

1. Pose ular

1. Pose ular
Freepik/Artroomstudio

Gerakan ular adalah pose Kobra versi untuk anak-anak. Posisi ini membuka dada dan berfungsi sebagai latihan pernapasan yang membuka jantung, serta meregangkan otot dada dan perut serta membangunkan tubuh.

2. Pose flamingo

2. Pose flamingo
Todaysparent.com

Berdirilah dengan salah satu kaki diangkat dan rentangkan lengan anak dengan lebar seperti sayap. Bungkukkan badan ke depan dan letakkan satu kaki di belakang tubuh. Mungkin anak akan bermain-main dengan mengepakkan sayapnya seperti Flamingo, namun ingatkan anak untuk mengganti kaki.

Flamingo adalah pose yoga yang efektif untuk latihan keseimbangan anak.

Editors' Picks

3. Pose unta

3. Pose unta
Freepik

Berlutut di lantai, lutut terbuka selebar pinggul dan punggung lurus. Bagian atas kaki harus rata dengan lantai, begitu juga dengan tulang keringnya. Tangan kemudian diletakkan di atas pergelangan kaki.

Kemudian cobalah bersandar ke belakang dan bernapas, anak harus meletakkan dagu sedikit ke dada. Bersandarlah sejauh yang anak nyaman.

4. Pose katak

4. Pose katak
Freepik/Yanalya

Lakukan squat dengan kaki dibuka selebar pinggul. Tempatkan tangan di dalam kaki dan goyangkan beban sedikit ke depan. Pose ini dapat meningkatkan fleksibilitas di punggung bawah dan pinggul anak.

Pose yoga ini bisa menjadi favorit anak-anak. Agar semakin menarik dan menyenangkan, anak bisa bersuara seperti katak “ribbit” jika ia mau.

5. Pose kupu-kupu

5. Pose kupu-kupu
Freepik/user15254510

Untuk melakukan pose kupu-kupu, anak harus duduk dan menyatukan kaki di depannya, membiarkan lutut jatuh ke samping. Pose ini membantu memulihkan tingkat energi dan mengurangi stres pada anak. Selain dapat menenangkan pikiran, pose kupu-kupu ini mampu meregangkan selangkangan dan pinggul.

6. Pose kupu-kupu berbaring

6. Pose kupu-kupu berbaring
Pinterest.com/Themea

Mirip dengan pose kupu-kupu, anak dapat memulai dengan posisi yang sama, dan menyatukan telapak kaki di depannya. Selanjutnya, anak menjatuhkan tulang belakangnya dan mulai berbaring.

Jika memiliki guling, sangat baik untuk meletakkannya di punggung anak. Kemudian istirahatkan lengan dengan lembut di lantai dan rileks.

Nah itulah 6 pose yoga untuk menghilangkan penat, stres, dan frustasi pada anak setelah melakukan berbagai aktivitas. Kini Mama tak perlu ragu lagi untuk mengajak anak berolahraga ya! Selamat mencoba!

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.