Ajarkan Anak Doa 10 Hari Kedua Bulan Ramadan dan Keutamaannya

Berikut bacaan doa dan keutamaan 10 hari kedua di bulan Ramadan

6 Mei 2020

Ajarkan Anak Doa 10 Hari Kedua Bulan Ramadan Keutamaannya
aldohysa.blogspot.com

Dalam ajaran Islam, pada bulan Ramadan ini bagi siapa yag menjalani puasa di 10 hari pertama biasa disebut sebagai hari penuh rahmat, maka 10 hari kedua Ramadan merupakan hari penuh ampunan.

Menjelang masuknya 10 hari kedua bulan Ramadan, fase ini sering dianggap sebagai fase transisi semangat. Di mana semangat menjalankan puasa di bulan Ramadan mulai mengurang tidak seperti 10 hari pertama.

Apa anak mama juga terlihat begitu?

Meski harus menjalankan ibadah puasa di rumah saja karena pandemi Covid-19, pastikan anak mama selalu sehat dan semangat menjalankan puasanya, ya. 

Masuknya hari 10 kedua bulan Ramadan, agar senantiasa diberi ampunan oleh Allah SWT, Mama bisa lho mengajarkandoa dan keutamaan hari 10 kedua bulan Ramadanpada anak Mama yang sedang berpuasa. Berikut Popmama.com telah merangkum doa yang bisa diajarkan pada anak.

Editors' Pick

1. Doa 10 hari kedua bulan Ramadan

1. Doa 10 hari kedua bulan Ramadan
Youtube.com/Nasrullah PPNM

Selama Ramadan, ajarkan anak untuk tetap melaksanakan salat 5 waktu dalam sehari, di awal waktu. Setelah salat, ajarkan kepada anak-anak untuk berdoa dan meminta pengampunan pada Allah SWT, terutama dalam bulan Ramadan. 

Berikut ini doa dalam bahasa Arab beserta artinya yang bisa Mama ajarkan pada anak sejak dini:

Allahummagfirli dzunuubi ya robbal ‘alamiin.

2. Mulai berkurangnya jamaah Masjid di fase ini

2. Mulai berkurang jamaah Masjid fase ini
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Memasuki awal-awal bulan Ramadan, biasanya banyak orang berbondong-bondong dengan semangat untuk menjalankan ibadah salat di Masjid. Namun, pada fase ini atau di 10 hari kedua Ramadan, semangat menjalankan ibadah mulai berkurang.

Fase inilah mulai berkurangnya jumlah jamaah pada setiap Masjid. Padahal, di 10 hari kedua Ramadan ini Allah membukakan pintu pengampunan yang seluas-luasnya. 

Tetapi berbeda dari puasa Ramadan tahun-tahun sebelumnya, puasa Ramadan tahun ini justru semua umat muslim diharuskan melakukan segala bentuk ibadah dari rumah.

Hal ini karena pandemi Covid-19 yang mewajibkan seluruh masyarakat agar bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah guna memberhentikan penyebarluasan wabah penyakit ini. 

Namun meski menjalankan ibadah dari rumah, Mama dan keluarga masih bisa lho salat berjamaah di rumah. Sebab pahala salat jamaah akan jauh lebih besar jika dilakukan sendiri. Ini juga sebagai cara melatih anak agar terbiasa, Ma.

3. Keutamaan 10 hari kedua Ramadan

3. Keutamaan 10 hari kedua Ramadan
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya seperti ini:

"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadan adalah rahmah, pertengahannya maghfirah dan akhirnya itqum minan nar.”

Adapun keutamaan menjalankan ibadah di 10 hari bulan Ramadan diantaranya adalah jauh dari godaan duniawi, dikabulkan doa-doanya, mendapat kemudahan selama Ramadan, menguatkan iman, mendapat jalan jika kesulitan, menguatkan hingga menjelang Ramadan akhir.

Mama bisa menjelaskan pada anak bahwa jika dirinya sukes menjalankan puasa di hari 10 kedua Ramadan ini, maka insyaallah ia akan mendapatkan ampunan yang tidak diperoleh di bulan-bulan yang lain.

Itulah doa dan keutamaan di 10 hari bulan Ramadan yang bisa diajarkan pada anak . Jangan lupa untuk mengajarkan dan mengamalkannya pada anak sejak dini ya, Ma. Selamat berpuasa!

Baca juga:

The Latest