7 Kegiatan Bonding Seru dengan Anak a la Kimbab Family, Makin Kompak!

Dari hiking, berkemah hingga beres-beres rumah bareng bisa jadi kegiatan menyenangkan

7 Juli 2021

7 Kegiatan Bonding Seru Anak a la Kimbab Family, Makin Kompak
Instagram.com/kimbabfamily.official

Kegiatan bonding seru dengan anak ala Kimbab Family bisa ditiru untuk menjaga kekompakkan nih. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk merekatkan hubungan yang akrab antara orangtua dan anak. 

Kimbab Family sendiri merupakan keluarga multikultural Indonesia-Korea. Kimbab Family terdiri dari Mama Gina dan Appa Jay yang merupakan orangtua dari Suji, Yunji dan Jio. Mama Gina adalah perempuan Indonesia yang menikah dengan Appa Jay, laki-laki yang berasal dari Korea Selatan. Cerita kehidupan keluarga ini menarik diikuti karena inspiratif dan menyenangkan.

Mama Gina dan Appa Jay membagikan kegiatan keluarga mereka di kanal Youtube Kimbab Family. Mulai dari kegiatan sehari-hari hingga acara khusus rutin mereka unggah.

Dari kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan nih untuk ditiru.

Berikut Popmama.com rangkum kegiatan bonding seru dengan anak ala Kimbab Family yang bisa ditiru!

1. Hiking bersama anak bisa makin kompak

1. Hiking bersama anak bisa makin kompak
Instagram.com/kimbabfamily.official

Kegiatan hiking mungkin cukup asing dipilih orangtua di Indonesia untuk dilakukan dengan anak. Beberapa pakar parenting menyebutkan kalau berlibur bersama keluarga ke alam terbuka bisa mengurangi stres, membuat rileks dan tentunya tubuh menjadi lebih sehat.

Kimbab Family di Instagramnya terlihat beberapa kali terlihat hiking bersama. Di Indonesia dengan banyaknya bukit dan gunung rendah, hal ini bisa dilakukan kok. Layaknya Appa Jay dan keluarga kita bisa mengajak keluarga hiking bersama.

2. Berkemah bersama di alam terbuka

2. Berkemah bersama alam terbuka
Instagram.com/kimbabfamily.official

Sudah disinggung sebelumnya kalau kegiatan di alam terbuka sangat bermanfaat tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Kimbab Family kerap melakukan kegiatan kemah dan outdoor lain besama anak-anak.

Kegiatan berkemah tidak hanya melatih kemandirian seseorang. Bagi keluarga, kegiatan ini bisa membantu menguatkan kerja sama orangtua dan anak. Kita bisa membagi tugas bersama mulai dari membangun tenda, memasak hingga mengobrol di depan api unggun.

Editors' Picks

3. Memasak bersama di rumah

3. Memasak bersama rumah
Instagram.com/kimbabfamily.official

Aktivitas di rumah yang sederhana bisa disulap menjadi lebih menyenangkan. Mama Gina dan Appa Jay misalnya membuat kegiatan memasak lebih menyenangkan untuk Suji, Yuji dan Jio nih.

Mama Gina mengajak anak-anak untuk menghias kue kering yang akan mereka makan sendiri. Kegiatan ini selain melatih fokus anak juga bisa mengembangkan kemampuan kreativitasnya. 

Kegiatan ini juga cocok sekali untuk mengisi waktu bersama anak selama pembatasan kegiatan karena pandemi.

Penelitian pun menunjukkan melibatkan anak ketika memasak, dapat membangun kebersamaan yang meningkatkan bonding dan mengurangi masalah perilaku negatif mereka.

4. Berkebun bersama agar lebih menyenangkan

4. Berkebun bersama agar lebih menyenangkan
Instagram.com/kimbabfamily.official

Punya lahan lebih di rumah? Mungkin bercocok tanam dan berkebun bisa jadi pilihan kegiatan menarik yang bisa dilakukan bareng anak selanjutnya. Kimbab Family berkebun berbasa untuk menghabiskan waktu bersama.

Berkebun bisa mengenalkan anak-anak pada makhluk hidup lain, seperti serangga dan hewan-hewan kecil. Lewat berkebun juga kita sebagai orangtua bisa membangun kerjasama, kekompakkan serta mengeksplorasi pengetahuan anak terhadap lingkungan.

5. Membaca buku bersama bisa tidak membosankan

5. Membaca buku bersama bisa tidak membosankan
Instagram.com/kimbabfamily.official

Suji, Yuji dan Jio besar sebagai anak yang lahir dari dua kebudayaan yang berbeda. Ini yang membuat mereka bisa mendapatkan pengalaman unik yang jauh berbeda dari kedua orangtuanya.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan membaca buku untuk mengetahui asal-usul orangtua mereka. 

Selain itu karena menjadi keluarga multikultural, mereka juga kerap berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Korea. Ketiga anaknya memahami kedua bahasa tersebut dalam percakapan sehari-hari. 

Jika ingin anak memiliki pemahaman yang baik dalam bahasa maka membiasakan anak membaca dari kecil akan berpengaruh. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dan kecakapan melihat isi tulisan.

Dijelaskan pula jika membaca dapat merangsang pola perkembangan otak anak untuk membangun koneksi dan bonding nih.

6. Mendekorasi ruangan bisa libatkan anak

6. Mendekorasi ruangan bisa libatkan anak
Instagram.com/kimbabfamily.official

Bingung rasanya membuat anak tetap aktif di rumah saja. Kita sebagai orangtua kadang kehabisan ide dan cara untuk membuat mereka tetap dalam mood yang baik.

Kegiatan di rumah saja yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mendekorasi dan membereskan rumah bersama. Kegiatan ini terbilang sederhana tapi kita bisa membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak.

Lewat kegiatan ini kita bisa mengajarkan pentingnya kerja sama dan mendengarkan instruksi yang benar. Kita juga bisa melatih kreativitas anak untuk berkreasi sebebas-bebasnya.

7. Piknik di taman jadi kegiatan bersama yang sederhana

7. Piknik taman jadi kegiatan bersama sederhana
Instagram.com/kimbabfamily.official

Tak bisa liburan dan pergi ke tempat yang jauh belum tentu membosankan. Kita bisa berkunjung ke taman dekat rumah dan makan siang bersama di sana. 

Hal ini pernah dilakukan Kimbab Family juga lho. Mama Gina dan Appa Jay kerap melakukan bonding dengan sederhana misalnya piknik di taman. Selain itu, keluarga ini juga sering sekali mengajak anak untuk sekedar berjalan-jalan di trotoar sekitar rumah mereka. 

Itulah tadi kegiatan bonding seru dengan anak ala Kimbab Family bisa ditiru dan makin bikin kompak. Beberapa kegiatan di atas juga bisa dipadukan dengan kegiatan keluarga lain yang sering dilakukan kok.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.