Apa itu Fenomena Equinox dan Dampaknya? Terjadi 21 Maret 2024

Fenomena Equinox akan terjadi hari ini 21 Maret 2024 di Indonesia, ketahui dampaknya!

21 Maret 2024

Apa itu Fenomena Equinox Dampak Terjadi 21 Maret 2024
Freepik/Lemonsoup14

Indonesia akan mengalami fenomena Equinox hari ini, Kamis (21/3/2024).Fenomena tersebut menyebabkan matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa dan durasi siang serta malam berlangsung hampir sama di seluruh dunia. 

Fenomena Equinox terjadi dua kali dalam satu tahun. Untuk tahun ini, terjadi pada Maret dan September. Untuk Equinox September, diprediksi akan terjadi pada 23 September 2024 mendatang. 

Lantas, apa itu fenomena Equinox dan dampaknya? Simak ulasan selengkapnya telah Popmama.com rangkum. 

Apa Itu Fenomena Equinox?

Apa Itu Fenomena Equinox
Pexels/Tahir Shaw

Mengutip dari laman bmkg.go.id, Equinox adalah fenomena astronomi yang mana membuat matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun. 

Ketika fenomena ini berlangsung, matahari dan bumi memiliki jarak paling dekat. Sehingga, dampaknya membuat wilayah tropis sekitar ekuator akan mendapatkan penyinaran matahari secara maksimum. 

Meski begitu, fenomena ini tidak selalu menyebabkan peningkatan suhu udara secara drastis maupun ekstrem. 

Dampak Fenomena Equinox

Dampak Fenomena Equinox
Freepik/jannoon028

Melansir dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena Equinox membuat posisi matahari tepat berada di garis ekuator atau di posisi zero latitude (garis lintang 0º).

Dampak fenomena Equinox adalah durasi antara waktu siang dam malam hari terbagi sama rata di seluruh dunia, yaitu 12 jam. Equinox juga membuat intensitas sinar matahari jadi lebih besar ketika tengah hari. 

Serta, suhu akan meningkat di daerah khatulistiwa terlebih di wilayah garis khatulistiwa. Equinox bulan Maret disebut sebagai Equinox musim semi. Sedangkan, bulan September disebut sebagai Equinox musim gugur. 

Fenomena Equinox Tidak Membahayakan

Fenomena Equinox Tidak Membahayakan
Freepik/lifeforstock

Berdasarkan keterangan BMKG, fenomena Equinox tidak terlalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis maupun ekstrem. Diketahui, rata-rata suhu maksimum di Indonesia berada di kisaran 32-36 derajat celcius. 

Equinox merupakan fenomena astronomi yang terjadi secara alamiah. BMKG mengatakan, Equinox tidak seperti fenomena HeatWave yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara besar-besaran dan bertahan lama. 

Maka dari itu, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai dampak dari Equinox yang sama sekali tidak berbahaya. Masyarakat juga tidak perlu panik dan resah tentang adanya kenaikan suhu. Sebab, hal itu tidak berdampak pada kesehatan dan lingkungan. 

Nah, jadi itu dia penjelasan mengenai apa itu fenomena Equinox beserta dampaknya. Semoga bisa jadi ilmu baru bagi kita semua, ya!

Baca juga: 

The Latest