Yuk, Coba 8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Nomor 7 paling seru, bisa dilakukan sambil bernyanyi

1 Agustus 2019

Yuk, Coba 8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Anak SD
Freepik/pressfoto

Saat ini pelajaran bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib di sekolah. Bagaimana agar anak menjadi fasih berbahasa Inggris di rumah? Sedangkan di rumah, Mama selalu menggunakan bahasa Indonesia untuk percakapan sehari-hari.

Anak dapat belajar dan mengasah kemampuannya melalui aplikasi belajar bahasa Inggris. Popmama.com mengulas beberapa aplikasi yang seru bagi anak.

1. Duolingo: Learn Languages Free

1. Duolingo Learn Languages Free
Duolingo

Latih keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis saat bermain. Anak Mama akan meningkatkan keterampilan kosakata dan tata bahasa dengan menjawab pertanyaan dan menyelesaikan pelajaran.

Mulailah dengan kata kerja dasar, frasa, dan kalimat, dan pelajari kata-kata baru setiap hari. Selain dilengkapi dengan gambar yang menarik, anak juga dapat melakukan beberapa tes untuk melihat apakah anak sudah menguasai pelajaran sebelumnya.

Duolingo juga dilengkapi dengan audio. Ini akan membantu anak dalam pengucapan kosakata bahasa Inggris. 

2. English for Kids - Kids Games

2. English for Kids - Kids Games
Google Play

English for kids adalah aplikasi untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Dengan aplikasi gratis ini, anak dapat mengenali Alfabet Bahasa Inggris, hewan, buah-buahan, warna, makanan, angka, dan mempelajari nama-nama dalam bahasa Inggris dengan cara yang mudah.

Aplikasi ini didukung dengan gambar yang menarik minat anak untuk mencobanya. Bahasa Inggris adalah bahasa yang penting untuk perkembangan anak-anak. Sehingga diperlukan teknik belajar khusus yang menarik bagi anak. Belajar sambil bermain adalah cara yang paling menyenangkan dan efektif bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris dasar dengan mudah.

Aplikasi ini memiliki 9 topik yang seputar kehidupan nyata anak-anak seperti alfabet Inggris, hewan, buah-buahan, warna, karier, transportasi, rumah, makanan, dan angka.

3. Game Anak : Belajar Bahasa Inggris

3. Game Anak Belajar Bahasa Inggris
Google Play

Aplikasi Game Anak adalah aplikasi yang dibuat untuk anak agar dapat belajar bahasa Inggris dengan metode yang menarik dan tidak membosankan.

Di dalam aplikasi ini terdapat lagu-lagu yang cocok untuk belajar berbahasa Inggris sehingga anak Mama pasti menyukainya. Untuk mempermudah anak dalam menghapal lagu-lagu yang ada dalam aplikasi, terdapat lirik serta gambar-gambar yang menarik.

Semua lagu disajikan dalam format mp3 audio dan dapat didengarkan kapan saja tanpa tergantung pada koneksi internet. Sambil bernyanyi, anak mengenal kata-kata dalam bahasa Inggris dan juga belajar mengucapkannya.

Editors' Picks

4. Learn English - 6000 Words - FunEasyLearn

4. Learn English - 6000 Words - FunEasyLearn
Google Play

FunEasyLearn adalah cara baru yang mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini mendorong anak Mama untuk belajar berbicara bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan. Anak dapat memilih satu dari 7 permainan yang menghibur dan unik, anak juga dapat belajar dari permainan ini, Ma.

Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinan anak memilih topik secara acak untuk meningkatkan pengalaman belajarnya. Terdiri dari 3 tingkat kesulitan, yaitu pemula, menengah, dan lanjutan, aplikasi ini memiliki manajer tinjauan yang memungkinan Mama dan anak mengevaluasi hasil belajar.

5. Learn English for Kids

5. Learn English for Kids
Google Play

Learn English for Kids adalah aplikasi yang dibuat untuk anak-anak untuk belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Aplikasi gratis ini menyediakan bahasa Inggris yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai kategori seperti belajar seperti abjad, angka, bulan, bentuk, dan banyak lagi.

Ada 2 menu dalam aplikasi ini, untuk belajar bahasa Inggris dan untuk menguji kata-kata yang dihafal dengan kualitas grafis dan suara penutur asli. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengucapkan kata-kata dengan benar serta melatih keterampilan mendengarkan anak.

Aplikasi ini juga akan menambahkan lebih banyak fitur seperti permainan memori dan latihan menulis untuk mendapatkan lebih banyak kesenangan untuk belajar bahasa Inggris untuk anak-anak.

6. Learn to Spell & Write

6. Learn to Spell & Write
Google Play

Aplikasi ini adalah permainan edukatif untuk belajar menulis, membaca, dan meningkatkan ejaan. Tidak hanya untuk anak, seluruh keluarga pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Learn to Spell & Write membantu anak-anak belajar cara mengeja dan mengenali kata-kata, dalam bahasa Inggris. Dengan gambar-gambar lucu, aplikasi ini membantu meningkatkan keterampilan kosa katanya setiap hari.

Anak dan orangtua dapat menghabiskan waktu bersenang-senang sambil mencoba menebak kata. Dengan setiap kata yang dieja dengan benar, anak mendapatkan koin yang dapat digunakan untuk membuka koleksi kata-kata lain. Saat memilih setiap huruf, akan muncul suara sehingga anak dapat belajar mengucapkannya.

Anak dan orangtua dapat memilih antara berbagai tingkat kesulitan sesuai dengan usia. Menarik bukan? 

7. Percakapan Bahasa Inggris

7. Percakapan Bahasa Inggris
Google Play

Aplikasi Belajar Berbicara Bahasa Inggris adalah aplikasi pendidikan yang membantu anak-anak dalam belajar berbicara bahasa inggris dengan lancar dan menyenangkan.

Di aplikasi belajar bahasa inggris ini anak dapat menonton beberapa contoh percakapan bahasa inggris yang terjadi sehari-hari misalnya di sekolah, di pasar atau supermarket, atau di taman.

Belajar bahasa Inggris tidak sulit, namun anak harus terbiasa mendengar berbagai kosakata percakapan dalam bahasa inggris. Anak bisa mendengar dan mempraktikkan contoh percakapan yang ada. Misalnya: memberikan salam, memperkenalkan diri, bercerita tentang hobi, anggota keluarga, dan kegiatan sehari-hari.

Di aplikasi ini juga terdapat mode bermain seperti tebak arti dalam bahasa inggris dan bermain puzzle

8. Words for Kids

8. Words for Kids
Google Play

Words for Kids adalah aplikasi pendidikan untuk anak, yang bertujuan untuk mempelajari kata-kata dan kosakata baru. Word for Kids memperkenalkan nama-nama hal di dalam bahasa Inggris lengkap dengan suara. Aplikasi ini memperkenalkan nama-nama objek yang terkait dengan jumlah, alfabet, bagian tubuh, hewan, warna, benda-benda di sekitar, buah, profesi atau warna.

Aplikasi ini memungkinkan anak belajar mengenal nama berbagai benda dengan mudah baik secara lisan maupun tulisan. Aplikasi ini terus diperbarui, terutama dalam hal peningkatan jumlah kosakata.

Nah, sekarang anak Mama dapat dengan mudah belajar bahasa Inggris di mana saja dan kapan saja. Aplikasi mana yang menjadi favorit anak dan Mama? Yuk komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.