Kenali 4 Tipe Kepribadian Anak serta Metode Pengajaran yang Tepat!

Kepribadian anak berbeda-beda begitupun dengan cara belajarnya, yuk cek untuk mengetahuinya!

27 Februari 2020

Kenali 4 Tipe Kepribadian Anak serta Metode Pengajaran Tepat
Amerischools
Kepribadian anak unik

Setiap anak memiliki kepribadian berbeda-beda. Bahkan anak kembarpun tidak mirip 100 persen, terutama pada ketertarikan pribadi dan kemampuannya untuk belajar.

Jika anak sulung mama pintar matematika tetapi anak bungsu mama tidak pintar dalam hal itu, jangan khawatir karena tidak ada yang salah dari anak bungsu mama, mungkin hal yang berkaitan dengan matematika bukan merupakan pilihan terbaik untuknya.

Selayaknya orang dewasa yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing serta kepribadian yang berbeda-beda, anak juga demikian. Maka tidak adil jika mama menyamaratakan kemampuan anak mama dengan saudaranya atau teman sebayanya.

Berdasarkan buku Child Whisperer ditulis oleh Carol Tuttle yang juga seorang guru, pembicara, dan penulis terkenal, ada 4 tipe kepribadian anak, yang akan membantu mama untuk mendidik anak dengan efektif, sambil membesarkannya dengan bahagia, sukses dan kooperatif.

Berikut Popmama.com merangkum 4 tipe kepribadian anak menurut Carol Tuttle yang akan membantu mama memberikan metode pengajaran terbaik dan sesuai bagi anak mama:

Tipe 1 - The Fun Loving Child

Tipe 1 - The Fun Loving Child
Pixabay/khamkhor

Anak yang memiliki tipe kepribadian ini sering disebut sebagai kupu-kupu sosial. Dia ramah, menunjukkan ekspresi wajah bersemangat, cerewet, ceria, mudah bergaul dan bersosialisasi.

Anak-anak dengan tipe 1 ini biasanya ….

  • Mereka penasaran dan suka mengeksplorasi.
  • Mereka suka membuat suara, tertawa, dan bermain.
  • Kreatif / imajinatif.
  • Bersemangat untuk menyenangkan orang lain.
  • Mungkin punya banyak teman atau sering berganti teman.

Hati-hati, Ma!

Jika anak tipe 1 ini dikontrol terlalu banyak, memiliki banyak waktu sendirian, dan memiliki masalah yang terlalu serius, maka anak tipe 1 ini akan memberontak. Ingat bahwa kebutuhan anak di tipe ini adalah bersenang-senang dan memiliki hubungan persahabatan yang baik dengan orangtuanya.

Metode pengajaran yang tepat:

Anak harus ada di dalam kelompok baik besar maupun kecil dengan banyak teman di sekitarnya, sehingga memungkinkan anak untuk mengekspresikan dirinya. Seperti, berbicara di depan umum, akting, drama, teater musikal, kemampuan berbahasa, menari, modelling, bernyanyi, bercerita, dan seni bela diri.

Tipe 2 - The Sensitive Child

Tipe 2 - The Sensitive Child
Pixabay/Pezibear

Anak dengan  tipe 2 biasanya disebut sebagai pembawa damai. Cenderung  tenang, halus, bijaksana, damai dan selaras dengan emosinya. Anak mengambil segala sesuatu dengan lebih lambat dan biasanya memiliki suara yang lembut. Terkadang tipe ini dianggap pemalu dan terlalu sensitif.

Anak-anak dengan tipe 2 ini biasanya…

  • Mereka memiliki sikap tenang.
  • Mereka suka merencanakan dan kadang-kadang bisa memakan waktu lama.
  • Anak-anak tipe dua adalah pencemas; mereka senang mengetahui apa yang diharapkan dalam setiap situasi sehingga mereka dapat bersiap untuk itu.
  • Pertarungan di rumah sangat membuat mereka jengkel.

Hati-hati, Ma!

Jika dia mulai merengek dan bertingkah, mungkin anak sedang frustasi karena ia tidak didengar atau sesuatu dalam hidupnya terasa terlalu kuat. Sehingga Mama perlu memberikan perhatian lebih sehingga anak dapat belajar bagaimana mengelola perasaannya dengan tepat.

Metode pengajaran yang tepat:

Anak harus berada di dalam suasana tenang dan damai. Anak akan lebih baik jika berada di dalam kelompok kecil atau bahkan situasi dimana ia sendirian akan membuatnya merasa nyaman. Kegiatan seperti seni (melukis, menggambar, mamahat), music (biola, piano,gitar), berenang, yoga , balet, mengikuti klub buku, menulis kreatif, dan menjahit akan sangat cocok untuk anak dengan tipe ini.

Editors' Picks

Tipe 3 - The Determined Child

Tipe 3 - The Determined Child
Pixabay/Mimzy

Anak dengan tipe kepribadian ini biasanya sangat menarik perhatian. Tipe ini biasanya cukup gigih, aktif, keras kepala. Dilahirkan dengan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu yang biasanya dengan cara mereka sendiri. Biasanya berkembang dengan pengalaman baru dan dengan menerima banyak dukungan dari orangtuanya.

Anak-anak dengan tipe 3 ini biasanya …

  • Mereka memiliki kemauan yang kuat.
  • Mereka akan mengejar beberapa tujuan besar sekaligus.
  • Aktif dan suka bertualang — mereka siap untuk pergi, melakukan, dan menjelajahi!
  • Ingin mencoba posisi kepemimpinan di sekolah, rumah, atau tempat kerja.
  • Motivasi muncul dari diri sendiri daripada dimotivasi oleh orang lain.
  • Bisa keras, kuat, atau terus terang.

Hati-hati, Ma!

Jika mama terlalu sering mengatakan “tidak” pada anak karena dianggap terlalu banyak menuntut, maka anak akan mengamuk. Ingat bahwa anak hanya berkemauan keras dan pantang menyerah sehingga jangan anggap anak terlalu banyak menuntut ya ma.

Metode pengajaran yang tepat:

Biarkan anak berkembang dengan berkegiatan fisik dan kompetitif dengan teman-temannya. Sehingga ia dapat menggerakan semua tekad dan energinya. Kegiatan yang dimaksud adalah olahraga (sepak bola, tenis, kasti, perlombaan renang), drum, breakdance, senam, parkour, trampoline, panjat tebing, papan seluncur, dan sepatu roda.

Tipe 4 - The Serious Child

Tipe 4 - The Serious Child
taylorstrategy.com

Anak dengan tipe ini biasanya lebih dewasa daripada teman sebayanya. Mereka logis, kritis, mandiri, fokus, dan lebih serius. Anak ingin dihormati tetapi dia juga menghormati orang lain. Anak dengan tipe ini cenderung perfeksionis.

Anak-anak dengan tipe 4 ini biasanya …

  • Mereka tidak seringan dan selucu anak-anak lainnya.
  • Mereka bisa menjadi sangat kaku dan tidak fleksibel dalam hal melakukan sesuatu.
  • Perfeksionis.
  • Gagasan mereka tentang cara untuk membuat sesuatu yang lebih baik sering muncul sebagai kritik.
  • Mereka suka mengatur barang (mobil mainan, krayon, dll) dalam baris tertentu.

Hati-hati, Ma!

Jika anak merasa tidak dihargai atas perilaku perfeksionisnya atau malu tentang sesuatu dalam hidupnya, maka mungkin anak cenderung menunjukkan perilaku negatif.

Metode pengajaran yang tepat:

Anak disarankan untuk mengikuti kegiatan yang dapat membuatnya fokus dan memerlukan interaksi yang sedikit dengan orang lain. Kegiatan yang cocok untuk anak seperti seni bela diri (karate, JiuJitsu, silat), memasak, computer (coding), sains, matematika, dan hal yang terkait dengan robot.

Itulah beberapa tipe kepribadian anak berdasarkan Carol Tuttle. Apakah mama sudah memberikan metode pengajaran yang sesuai dengan anak mama? Jika belom mulai lakukan dari sekarang, agar anak mama bisa berkembang lebih optimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.