Ungkap 5 Fakta Kepribadian Anak Pertama yang Bisa Dikenali

Tentu si Kakak memiliki sifat dan karakter yang berbeda dari adiknya

13 Januari 2020

Ungkap 5 Fakta Kepribadian Anak Pertama Bisa Dikenali
Freepik

Apakah Mama memiliki anak lebih dari satu?

Tentu anak pertama, tengah dan termuda memiliki sifat maupun karakter yang berbeda-beda.

Inilah yang perlu orangtua ketahui tentang hubungan antara urutan kelahiran dan sifat-sifat kepribadian mereka.

Kata psikolog Dr. Seda Gragossian kepada Bustle.com, bahwa anak-anak sulung biasanya dikaitkan dengan atribut kepemimpinan dan dapat memiliki kepribadian yang kuat. Banyak anak sulung mengambil alih dan cenderung lebih teliti.

Ya, ada sejumlah ciri anak tertua yang menarik. Inilah 5 fakta kepribadian anak pertama yang bisa dikenali dari Popmama.com. Apa saja? 

1. Kuat dalam segi mental atau secara kepribadian

1. Kuat dalam segi mental atau secara kepribadian
Pixabay/BellamiPhotography

Anak tertua sering kali menjadi orang yang bertanggung jawab dan cenderung memegang peran kepemimpinan.

Oleh kerena itulah anak pertama selalu kuat dalam segi mental atau secara kepribadian. 

Seperti yang diungkapkan oleh Psychology Today.com, ketika sang anak tumbuh kemajuannya menjadi sangat penting bagi orangtua dan anggota keluarga lainnya. Berharap dia melakukan dengan baik di setiap bidang kehidupannya.

Ya, jika dibandingkan dengan adik-adik lainnya anak sulung lebih kuat menghadapi segala permasalahan dan terbiasa sendiri menyelesaikannya.

2. Lebih kreatif dari adik-adiknya

2. Lebih kreatif dari adik-adiknya
Freepik

Keuntungan atau kelebihan dari anak pertama cenderung lebih kreatif.

Ya, anak sulung tumbuh dan terdidik untuk menjadi seorang yang kreatif. Di mana ia terbiasa memikirkan segala masalah pada kehidupan yang dijalaninya.

Universitas Washington di St. Louis yang dilansir dari Thestir.Cafemom.com menemukan bahwa anak-anak sulung cenderung lebih kreatif daripada anak-anak yang dilahirkan kemudian jika mereka memiliki adik kandung. Tidak mengherankan, perbedaan usia yang besar cenderung mendorong anak-anak tertua ke peran pengganti orangtua.

Ia pun sejak kecil sudah sering ditanya oleh adik-adiknya, selain itu pelajaran yang didapat dari orangtua juga lebih maksimal.

Editors' Picks

3. Memilih diam ketika marah

3. Memilih diam ketika marah
Pixabay/Mimzy

Bagi kebanyakan orangtua, mungkin akan merasa bahwa anak pertama akan lebih memilih untuk diam ketika ia marah atau mengalami hal yang bertentangan dengan perasaannya.

Ya, terlebih bila si Sulung adalah seorang perempuan.

Penilaian Home Observation Measurement of the Environment yang dikutip dari Scientific American.com, bahwa pada umumnya orangtua memberikan ukuran kualitas stimulasi kognitif dan dukungan emosional yang diberikan kepada anak sulung. Hal inilah membuat perbedaan dalam perkembangan emosi.

Meski begitu, biasanya sering kali sifat diamnya membuat saudara atau adiknya menjadi takut. Namun di balik itu, ia menyimpan sejuta kasih sayang.

4. Perfeksionis melakukan berbagai hal dengan sempurna

4. Perfeksionis melakukan berbagai hal sempurna
Freepik/prostooleh

Tentu ada perbedaan dari urutan kelahiran pada ukuran perkembangan fisik dan sosial anak pertama. Perbedaan tersebut sedikit meningkat seiring bertambahnya usia.

Poin ini bisa iya atau tidak, namun kebanyakan anak pertama memang cenderung lebih perfeksionis.

Pasalnya sejak ia kecil, orangtua sering membuat aturan yang terlalu menuntut perilaku maupun setiap gerakannya. Hal inilah yang membuat sang anak melakukan berbagai hal dengan sempurna dan menjadikan ia perfeksionis.

Menurut Parents.com, secara alami ciri-ciri kepribadian anak sulung mengalami ketatnya sebuah aturan. Pada gilirannya dapat menyebabkan ia menjadi perfeksionis dan selalu berusaha untuk menyenangkan orangtua.

5. Suka mengalah untuk kebahagiaan sang adik

5. Suka mengalah kebahagiaan sang adik
Pixabay/amyelizabethquinn

Anak pertama sudah terbiasa melihat tingkah saudara kandungnya, apalagi jika jumlahnya banyak.

Hal inilah menuntut anak tertua terbiasa mengasuh dan merawat sang adik saat mereka membutuhkannya.

Your Tango.com mengatakan, anak belajar untuk bertanggung jawab, setia, perhatian, baik hati, pengasih dan banyak lagi. Dengan tulus telah membantu mengajari adiknya, maka membuat ia bagaimana menjadi anak yang sempurna.

Oleh karena itulah anak pertama akan bersedia turun tangan dan mengalah serta melapangkan hati untuk mendahulukan kebahagiaan sang adik.

Demikan penjelasan terkait kelima fakta kepribadian anak pertama yang mudah dikenali. Namun tidak setiap anak sulung adalah sama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.