Belajar Bahasa Inggris Dasar untuk Anak SD

Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak SD juga bisa dilakukan di rumah kok, Ma

3 Agustus 2021

Belajar Bahasa Inggris Dasar Anak SD
Freepik/waewkidja

Belajar bahasa Inggris itu penting untuk dimulai sejak anak usia dini. Sekarang ini bahasa Inggris telah menjadi pelajaran yang diwajibkan di sekolah dan menjadi bahasa universal yang digunakan hampir di seluruh negara.

Hal tersebutlah yang mendorong anak-anak untuk mempelajari bahasa Inggris sejak dini, tidak terkecuali saat memasuki Sekolah Dasar (SD).

Belajar bahasa Inggris terasa rumit bagi anak-anak dan tidak cukup apabila hanya dipelajari di sekolah saja, Ma. Si Kecil perlu pembelajaran tambahan agar kemampuan bahasa Inggrisnya semakin terasah.

Ada banyak metode yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa Inggris dasar untuk anak SD. Untuk itu, Popmama.com telah merangkum cara belajar bahasa Inggris untuk anak SD yang bisa Mama lakukan di rumah tanpa mengeluarkan uang untuk biaya kursus. Yuk disimak, Ma!

1. Fokus terhadap kemampuan utama anak

1. Fokus terhadap kemampuan utama anak

Dalam pengajaran untuk anak-anak, Mama harus fokus terhadap empat kemampuan utama, yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.

Sebagai pembelajaran dasar, Mama bisa menggunakan metode fokus pembelajaran terhadap kemampuan mendengarkan dan berbicara anak terlebih dahulu.

Anak akan belajar optimal dengan mendengarkan karena ia akan merekam apa yang ia lihat atau dengar karena pada dasarnya anak belajar dengan cara meniru. Kemudian, barulah Mama melatih kemampuan bicaranya.

Mama bisa menyuruhnya untuk mengulang apa yang si kecil dengar. Selain itu, Mama harus memberikannya contoh pengucapan atau tindakan dari makna yang si Kecil dengar dan membiasakannya berbicara bahasa inggris dalam sehari-hari agar bicaranya semakin terlatih ya.

Apabila si Kecil sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Mama bisa memulainya dengan menulis dan membaca.

Dalam bahasa Inggris, ada sebuah perbedaan pengucapan dengan tulisan. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Mama mengajarkan si Kecil untuk menghafal terlebih dahulu. Setelah itu, ajarkan cara menulis kosakata yang sudah dihafal, kemudian membacanya dengan benar.

Editors' Picks

2. Belajar menggunakan media buku

2. Belajar menggunakan media buku
Freepik/creativeart

Seperti pembelajaran lainnya, dalam belajar bahasa Inggris dasar untuk anak SD juga perlu menggunakan media buku, baik buku pelajaran maupun buku cerita. Namun, ada baiknya Mama menggunakan buku bergambar agar tidak membosankan.

Melalui buku, si Kecil dapat mempelajari kosakata baru yang tidak familier baginya, sehingga dapat memperkaya pengetahuan kosakatanya dan melatih ekspresi saat melihat gambar yang ada pada buku.

Mama bisa memilih buku cerita yang pendek, buku dengan tema tertentu seperti buku tentang buah-buahan, hewan ternak, alfabet, dan benda-benda di sekitar. Selain itu, Mama juga bisa memberikannya buku berisi soal-soal bahasa Inggris untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris si Kecil.

3. Belajar sambil bermain

3. Belajar sambil bermain
Freepik/gpointstudio

Siapa sih yang tidak suka bermain? Bermain merupakan aktivitas yang sangat disukai semua orang, terlebih anak-anak. Selain itu, bermain juga telah menjadi metode belajar yang cukup efektif, Ma.

Ada berbagai aplikasi permainan dalam bahasa Inggris yang bisa Mama aplikasikan untuk belajar Bahasa Inggris dasar. Misalnya, Duolingo, Flashcards, English for Kids-Kids Game, Learn English for Kids, Bumblebee Touchbook, dan Alphabet Fun Learning English.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan mendengar, membaca, dan berbicara si Kecil. Bahkan, dalam pengambilan keputusan, misalnya Duolingo. Duolingo akan memberikan pertanyaan-pertanyaan Bahasa Inggris dengan beragam pilihan jawaban. Hal tersebutlah yang akan mendorong anak untuk mengambil keputusan terhadap jawaban yang tepat.

Selain dengan aplikasi permainan, Mama juga bisa mengajaknya untuk bermain kosakata, yakni memilih satu huruf untuk kemudian menyebutkan kosakata dalam bahasa Inggris atau menyusun kata sebanyak mungkin.

Tidak hanya itu, Mama bisa pula menyiasatinya dengan melakukan permainan tebak gambar dengan menuliskan satu kata pada sebuah kartu dan menempelkan gambar yang sesuai dengan kata yang ditulis.

Jadi, anak tidak akan melulu belajar bahasa Inggris menggunakan ponsel atau tablet, serta buku. Belajar sambil bermain dapat mengasah kemampuan berpikirnya dan mengembangkan keterampilan sosial serta emosionalnya.

4. Belajar melalui lagu

4. Belajar melalui lagu
Freepik/ansiia

Selain menggunakan permainan dan buku, menggunakan lagu juga merupakan cara yang paling efektif untuk belajar bahasa Inggris untuk anak SD.

Dengan lagu, belajar bahasa Inggris akan terasa sangat menyenangkan karena si Kecil juga akan ikut menikmati dan bernyanyi. Ritme yang menarik, kata-kata yang sederhana, dan pengucapannya yang jelas akan menarik perhatian si Kecil untuk mendengarkan lagu tersebut terus menerus hingga hafal.

Dengan begitu, si Kecil bisa belajar sambil menikmati irama lagu yang ia nyanyikan, bahkan menguasai pelafalan bahasa Inggris tanpa disadarinya.

Hal tersebut juga dapat melatih pendengarannya sekaligus menambah kosakatanya, dan membuat si Kecil menjadi lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.

Namun, hindari memberikan lagu dewasa atau tentang cinta-cintaan ya, Ma. Biasakan si Kecil untuk mendengarkan lagu anak seusianya karena kosakatanya akan lebih mudah dipahami dan dihafal.

5. Menonton film atau kartun berbahasa Inggris

5. Menonton film atau kartun berbahasa Inggris
Freepik

Menonton juga bisa digunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris dasar untuk anak SD, Ma. Karena saat menonton, si Kecil tidak hanya fokus mengikuti jalan ceritanya saja, tetapi juga akan memerhatikan subtitle yang digunakan.

Selain itu, pelafalan dari film yang ditonton juga akan memengaruhi si Kecil, sehingga ia akan mencoba menirunya.

Agar si Kecil lebih mudah belajar bahasa Inggris melalui kegiatan menonton, Mama bisa pilih genre favorit dan mudah untuk dipahami.

Hindari genre yang rumit atau memiliki kosakata yang tidak familier digunakan sehari-hari. Selain itu, jangan gunakan subtitle bahasa Indonesia juga ya, Ma. Karena, dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris si Kecil diharapkan dapat meningkatkan pemahamannya dalam kosakata, ungkapan, dan pelafalannya.

Apabila si Kecil sedikit kesulitan memahami, Mama bisa membantunya dengan menulis notes dan mencari tahu artinya. Dengan demikian, kemampuan bahasa Inggris si Kecil akan meningkat dengan sendirinya secara perlahan.

Itulah cara belajar bahasa Inggris untuk anak SD yang bisa Mama lakukan di rumah kepada si Kecil. Lakukan hal tersebut sesering mungkin agar si Kecil terbiasa dengan bahasa Inggris. Jangan lupa juga untuk menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari agar kemampuannya kian bertambah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mama ya!

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.