Butuh Tambahan Belajar, Mengapa Sebaiknya Anak Ikut Les Privat?

Les privat memberikan kenyamanan yang tak bisa diakomodir lembaga bimbingan belajar

9 Maret 2020

Butuh Tambahan Belajar, Mengapa Sebaik Anak Ikut Les Privat
Freepik

Persaingan dunia akademis yang dihadapi anak di masa kini sangatlah menantang. Selain mengasah soft skills, tak bisa dipungkiri kemampuan akademis masih menjadi standar penilaian yang terukur. 

Tiap anak berbeda, begitu pula dengan kemampuan belajarnya. Sebagian anak dapat dengan mudah menangkap pelajaran dengan cepat. Sementara yang lain memerlukan lebih banyak latihan dan panduan ekstra agar bisa memahami pelajaran secara efektif lewat pelajaran tambahan.

Pelajaran tambahan di luar jam sekolah biasanya diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar atau pun guru les privat. Bingung memilih mana yang lebih baik, antara mendatangkan guru les privat atau mengikutsertakan anak di lembaga bimbingan belajar? Berikut Popmama.com merangkum keunggulan les privat ketimbang lembaga bimbingan belajar:

1. Belajar di rumah lebih nyaman

1. Belajar rumah lebih nyaman
freepik.com/evening_tao

Keunggulan utama dari les privat di rumah adalah anak bisa belajar di tempat yang sudah familiar dan lebih nyaman. Selain itu, lebih efisien karena anak tak perlu pergi ke tempat bimbingan belajar yang cukup memakan waktu. Belajar di rumah memberikan fleksibilitas waktu yang dapat diatur dan disepakati antara anak, Mama dan guru lesnya. 

2. Punya kesempatan belajar sesuai kebutuhan anak

2. Pu kesempatan belajar sesuai kebutuhan anak
Freepik

Les privat memberi kesempatan anak untuk mempelajari pelajaran dan mengulik konsep, sebelum diajarkan di sekolah. Kesempatan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak di sekolah ketika pelajaran tersebut diajarkan oleh guru. Anak pun dapat belajar lebih efisien di sekolah untuk mengasah lebih dalam lagi pelajaran yang sudah diketahui sebelumnya dari les privat di rumah.

Editors' Picks

3. Anak lebih memahami dan mendapat jawaban atas kesulitannya

3. Anak lebih memahami mendapat jawaban atas kesulitannya
today.com
Memotivasi anak untuk belajar

Dengan model pembelajaran di kelas dengan banyak orang dan waktu terbatas, bimbingan belajar tidak bisa melayani satu per satu kesulitan anak. Guru les privat pun dapat memberikan tanggapan balik yang mendetil, sekaligus memberi saran dan motivasi untuk anak agar proses pembelajaran lebih baik lagi. Anak pun punya kesempatan bertanya secara spesifik terhadap suatu masalah yang mengundang rasa ingin tahunya.

4. Anak mendapat perhatian khusus

4. Anak mendapat perhatian khusus
Freepik

Model kelas di sekolah atau pun lembaga bimbingan belajar tidak mengakomodir kebutuhan tiap anak yang punya masalah belajar berbeda-beda. Guru akan mengalami kesulitan memerhatikan anak satu per satu sehingga sebagian anak tidak dapat memahami pelajaran dengan baik. 

Dengan fokus pengajaran hanya satu atau dua orang anak saja, baik guru maupun anak bisa lebih memperdalam suatu topik pembahasan. Anak yang mengalami kesulitan memecahkan masalah dalam pelajaran pun mendapat perhatian khusus sehingga bisa menemukan solusi. 

5. Menghadirkan suasana belajar yang positif

5. Menghadirkan suasana belajar positif
Freepik/User6873431

Anak biasanya ragu bertanya pada guru di sekolah atau lembaga bimbingan belajar dengan model kelas besar. Entah karena malu atau pun takut. Sebetulnya, model kelas besar mendorong anak agar kompetitif satu sama lain. Tetapi tentu saja tiap anak punya karakter berbeda, yang mana sebagian anak merasa tak nyaman jika harus berbicara di depan publik. 

Belajar dengan guru les privat memberi ruang bagi anak untuk lebih banyak bertanya dan mengungkapkan pendapat dengan lebih percaya diri. Suasana belajar yang menyenangkan dan positif ini penting agar anak bisa belajar lebih baik. 

Guru les privat memberi kesempatan pula bagi orangtua untuk mendiskusikan progres belajar anak dan meminta saran demi perbaikan akademis anak. Namun, semua ini bergantung dari karakter masing-masing anak itu sendiri ya, Ma. Kenali karakter belajar anak Mama, lakukan pengamatan dan survei terhadap cara belajar dan siapa orang yang dapat membantu anak belajar lebih baik. Semoga informasi ini menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.