Fakta Pasir Hisap, Apakah Bisa Membuat Manusia Tenggelam dan Mati?

Di film-film, pasir hisap digambarkan sangat menyeramkan, tapi apakah benar faktanya seperti itu?

28 Oktober 2021

Fakta Pasir Hisap, Apakah Bisa Membuat Manusia Tenggelam Mati
Pexels/Min An

Untuk kamu pecinta film bertema petualangan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pasir hisap.

Ya, di film-film tersebut pasir hisap digambarkan dapat menarik tubuh manusia sampai seolah-olah menelan kita masuk ke dalam tanah. Orang yang terhisap seperti tidak bisa bergerak, setelah dadanya terjebak dalam pasir hisap pun tiba-tiba menjadi sesak dan sulit bernapas.

Menyeramkan ya!

Tapi, pertanyaan yang sering muncul, apakah benar pasir hisap semenakutkan itu? Dan mengapa bisa muncul pasir hisap?

Kali ini Popmama.com merangkum fakta pasir hisap yang menarik untuk diketahui!

1. Apa itu pasir hisap?

1. Apa itu pasir hisap
Pexels/Melike Benli

Pasir hisap adalah campuran antara air dan pasir. Biasanya permukaan pasir hisap terlihat padat. Tetapi ketika kita menginjakkan kaki ke dalamnya, tekanan akan membuatnya seolah-olah mencair. 

Jika hewan atau manusia berdiri di atasnya, pasir hisap dapat menenggelamkan mereka. Tak seperti yang diceritakan di film-film, sesungguhnya pasir hisap tidak dapat sepenuhnya menghisap tubuh manusia atau hewan karena kepadatan cairannya lebih tinggi. 

Tapi bisa kamu bayangkan, seperti bermain di atas danau yang permukaannya membeku, jika es di permukaan pecah, kamu pun bisa tenggelam ke dalam air hingga dalam.

Begitu pula pasir hisap, namun karena tidak secair air di danau maka proses tenggelam terjadi lebih pelan.

Editors' Picks

2. Cara kerja pasir hisap

2. Cara kerja pasir hisap
Pexels/Ady Subekti

Mungkin kamu penasaran, bagaimana bisa pasir yang padat menarik tubuh hewan dan manusia yang ukurannya lebih besar? 

Jadi sirkulasi air di bawah tanah yang berada di area tengah, bercampur dengan pasir yang halus. Ketika mendapat tekanan, air bergerak naik dan turun perlahan di sepanjang area, sementara massa pasir tetap. Akibatnya, partikel pasir tidak dapat menopang berat tekanan di atasnya karena gesekannya sangat kecil. 

Pasir hisap memiliki massa jenis sekitar 2 gram per mililiter. Namun, massa jenis manusia hanya sekitar 1 gram per mililiter.

Dengan tingkat kepadatan pasir hisap yang lebih tinggi, maka tenggelam sepenuhnya di dalam pasir hisap tidak mungkin terjadi. Kamu mungkin hanya akan terjebak sampai sebetas pinggang.

3. Di mana pasir hisap ditemukan?

3. mana pasir hisap ditemukan
Pexels/ArtHouse Studio

Keberadaan pasir hisap lebih banyak ditemukan di area sekitar air. Biasanya pasir hisap lebih banyak terdapat di pantai, tepi sungai, rawa-rawa, tepi danau, atau tempat yang dekat dengan mata air bawah tanah. Tidak menutup kemungkinan pula pasir hisap muncul di tempat lain dengan karakteristik yang sama mengingat perubahan kondisi alam yang bisa saja terjadi.

4. Bagaimana cara keluar dari pasir hisap?

4. Bagaimana cara keluar dari pasir hisap
Pexels/Sarah Richardson

Jika kamu tak sengaja masuk ke dalam pasir hisap, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pasir hisap tidak bisa benar-benar menenggelamkanmu. 

Lalu, bagaimana caranya bisa keluar dari pasir hisap? Jangan minta orang lain menarik tubuhmu ke atas karena hal ini justru akan menarik masuk tubuhmu ke dalamnya.

Sebaliknya, goyang-goyangkan bagian tubuhmu yang tenggelam dalam pasir hisap. Cara ini menciptakan ruang antara kaki dan pasir hisap, di mana air dapat mengalir ke bawah untuk melonggarkan pasir. Lakukan secara perlahan-lahan.

5. Pasir hisap tidak berbahaya, tapi kamu harus waspada terhadap hal lain

5. Pasir hisap tidak berbahaya, tapi kamu harus waspada terhadap hal lain
Pexels/Min An

Pasir hisap biasanya tidak terlalu dalam. Namun masalahnya adalah daerah sekitarnya. 

Jika seseorang terjebak dalam pasir hisap di pantai laut sementara air pasang datang sebelum sempat melepaskan diri, maka ini menjadi ancaman besar. Terkadang, orang-orang yang terperangkap hanya mengalami dehidrasi dan mati karena terik matahari atau mati begitu saja karena kelaparan. Bukan pasir hisap itu sendri yang membunuh mereka.

Itu dia fakta pasir hisap yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasanmu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.