Fakta Hiu Greenland, Hiu Tua Berusia Ratusan Tahun

Hiu Greenland dinobatkan sebagai hewan vertebrata yang mampu hidup sampai lebih dari 200 tahun

26 Oktober 2021

Fakta Hiu Greenland, Hiu Tua Berusia Ratusan Tahun
Pexels/magda-ehlers
Ilustrasi

Hiu adalah salah satu hewan ganas yang hidup di lautan. Keganasannya ini didukung dengan ukuran tubuhnya yang besar dan memiliki gigi tajam yang dapat mengoyak mangsanya dengan mudah. 

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) yang termasuk dalam keluarga hiu tidur, adalah hewan vertebrata yang telah bertahan sampai ratusan tahun di perairan dalam dan dingin di Samudera Arktik dan Atlantik Utara. 

Seperti apa fakta hiu Greenland yang gerakannya sangat lambat di dalam lautan sana? Berikut ini Popmama.com merangkum faktanya, dilansir dari Livescience:

1. Seperti apa wujud hiu Greenland?

1. Seperti apa wujud hiu Greenland
Flickr/expl9984

Hiu Greenland memiliki tubuh berbentuk silinder dengan kulit berwarna hitam, cokelat, abu-abu, atau campuran ketiga warna tersebut. Tak jarang terdapat bintik-bintik di kulit hiu Greenland. 

Hiu ini memiliki sisik seperti gigi yang disebut dentikel dermal. Dentikel dermal menutupi permukaan tubuh hiu Greenland yang berfungsi untuk mengurangi hambatan dan membantu hiu bergerak lebih stabil di air.

Editors' Picks

2. Sebesar apa ukuran tubuh hiu Greenland?

2. Sebesar apa ukuran tubuh hiu Greenland
Wikimedia

Hiu Greenland adalah salah satu hiu terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga sepanjang 7,3 meter dan beratnya bisa mencapai 1.200 kg, menurut St. Lawrence Shark Observatory (ORS). 

Mulut hiu Greenland berisi 48 sampai 52 gigi di bagian rahang atasnya, dan 50 sampai 52 gigi di rahang bawahnya. Gigi atasnya runcing yang berfungsi membantu hiu mencengkeram makanan yang besar. Sedangkan gigi bawahnya lebar dan melengkung ke samping untuk memotong bulat daging mangsanya dengan menggerakkan kepala mereka dalam gerakan melingkar. 

3. Mata hiu Greenland dihuni parasit

3. Mata hiu Greenland dihuni parasit
The Most Exteme Fandom

Parasit laut yang disebut Ommatokoita elongata sering menempel pada mata hiu Greenland. Parasit ini cenderung hidup hanya di salah satu mata hiu, tetapi bisa membuat hiu buta sebagian. 

Meskipun bisa membutakan mata, hiu tetap bisa menangkap mangsanya di perairan laut yang gelap. Hiu Greenland lebih mengandalkan indera mereka yang lain untuk menangkap mangsanya, menurut Museum Sejarah Alam Florida.

4. Hiu Greenland mampu hidup selama ratusan tahun

4. Hiu Greenland mampu hidup selama ratusan tahun
lrb.co.uk

Hiu Greenland bisa hidup lama sampai ratusan tahun. Karena itulah hiu Greenland dianggap sebagai hiu yang dapat hidup paling lama, dan vertebrata yang hidup paling lama di dunia. 

Sebuah studi tahun 2016 tentang jaringan mata hiu yang diterbitkan dalam jurnal Science memperkirakan bahwa hiu Greenland memiliki rentang hidup maksimal setidaknya 272 tahun.

Para peneliti memperkirakan bahwa hiu Greenland tertua dalam penelitian ini berusia sekitar 392 tahun. Tetapi perkiraan itu memiliki rentang kesalahan yang besar, yaitu sekitar 120 tahun, yang mengarah pada spekulasi bahwa hiu Greenland dapat hidup hingga 512 tahun. 

5. Apa makanan hiu Greenland?

5. Apa makanan hiu Greenland
The Verge

Makanan hiu Greenland bervariasi. Mulai dari ikan laut, hiu lain, belut, sampai mamalia laut, seperti anjing laut. Beberapa penelitian bahkan menemukan adanya hewan darat yang tenggelam di laut, seperti kuda dan rusa di dalam pencernaan hiu Greenland.

Meski berada di dekat puncak rantai makanan, hiu Greenland sendiri dimangsa oleh paus sperma. 

Itu dia beberapa fakta unik hiu Greenland yang kini termasuk dalam hewan yang rentan terhadap kepunahan. Semoga informasi ini menambah wawasan kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.