Menjelajah Ōkunoshima, Pulau yang Dihuni Ribuan Kelinci di Jepang

Penggemar kelinci wajib berkunjung ke pulau ini

18 Oktober 2021

Menjelajah Ōkunoshima, Pulau Dihuni Ribuan Kelinci Jepang
Pexels/Mike 104373

Siapa yang tidak gemas dengan kelinci? Hewan berbulu yang doyan makan sayur ini termasuk dalam hewan favorit yang dipelihara anak-anak. 

Apabila kamu salah satu penggemar kelinci, kamu wajib berkunjung ke sebuah pulau di Jepang yang bernama Ōkunoshima. Pulau kecil ini dihuni oleh ribuan kelinci yang imut-imut dari berbagai jenis. 

Penasaran, bagaimana bisa begitu banyak kelinci menghuni pulau ini? Yuk Popmama.com akan mengajak kamu berkeliling mengenal Pulau Ōkunoshima, pulau ribuan kelinci, dilansir dari The World Pursuit:

1. Dari delapan ekor kelinci, menjadi ribuan ekor

1. Dari delapan ekor kelinci, menjadi ribuan ekor
Freepik/pereslavtseva

Semuanya dimulai pada tahun 1971. Sebuah sekolah dasar melepaskan delapan kelinci di pulau ini. Sebagai hewan mamalia yang berkembangbiak begitu cepat, kelinci-kelinci ini pun menjadi jumlahnya berlipatganda. 

Pada tahun 2013, terhitung sudah ada 700 kelinci yang hidup di Pulau Ōkunoshima. Bisa dibayangkan ada berapa ribu jumlahnya saat ini!

Editors' Picks

2. Jenis kelinci yang menghuni Pulau Kelinci Ōkunoshima

2. Jenis kelinci menghuni Pulau Kelinci Ōkunoshima
Unsplash/Lexim Photo

Ada ribuan jumlahnya, ternyata jenis kelinci yang mendiami Pulau Ōkunoshima adalah koloni besar kelinci peliharaan. Mereka bukanlah kelinci dari alam liar. Tepatnya jenis kelinci yang menghuni Pulau Ōkunoshima sebagian besar adalah jenis kelinci Eropa atau ana-usagi dalam bahasa Jepang. 

3. Sejarah di balik Pulau Ōkunoshima

3. Sejarah balik Pulau Ōkunoshima
Pexels/Denniz Futalan

Di balik keimutan penghuninya, ternyata Pulau Ōkunoshima menyimpan sejarah yang kelam. Pada tahun 1927, jauh sebelum kedatangan para kelinci ini, Pemerintah Kekaisaran Jepang mendirikan pabrik yang memproduksi berbagai jenis senjata kimia di pulau ini. Pulau ini pun hampir dihapus dari peta karena menjadi tempat yang sangat rahasia.

Banyak kelinci yang dijadikan percobaan untuk senjata kimia mulai tahun 1929. Tetapi ketika pasukan Amerika menyerang, kelinci-kelinci ini pun mati dibunuh di akhir tahun 1940-an. 

Meskipun begitu, kelinci-kelinci yang ada di pulau ini bukanlah nenek moyang dari kelinci-kelinci di masa perang itu.

4. Pulau Ōkunoshima bukan untuk tempat wisata

4. Pulau Ōkunoshima bukan tempat wisata
Pexels/Flickr

Walaupun sangat menghibur berada di antara kawanan para kelinci ini, ternyata Pulau Ōkunoshima tidak bisa dikunjungi secara sembarangan lho. Secara resmi Pulau Ōkunoshima adalah Resor Taman Nasional sehingga ada banyak aturan yang harus ditaati ketika berkunjung ke pulau kelinci ini. 

Status sebagai resor taman nasional ini bertujuan agar kunjungan apapun tidak membahayakan nyawa teman-teman berbulu ini. Misalnya aturan bersepeda saat berkeliling resort, aturan memberi makan kelinci dengan makanan khusus yang bukan makanan manusia, hingga aturan memegangnya. 

5. Di Jepang, kelinci adalah hewan keberuntungan

5. Jepang, kelinci adalah hewan keberuntungan
Pexels/Tima Miroshnichenko

Pulau kelinci ini sangatlah terkenal. Selain karena banyaknya kelinci yang menggemaskan yang akan menyambut kedatangan kita, di Jepang kelinci dianggap sebagai hewan yang membawa keberuntungan.

Kelinci sering muncul dalam cerita rakyat Jepng, dongeng, sampai motif kimono. Bukan saja sebagai lambang shio, kelinci dipercaya sebagai hewan yang pintar. Dewa Shinto (agama asli Jepang) memiliki teman yaitu para kelinci dan dikaitkan dengan datangnya musim semi. 

Seru banget ya cerita di balik Pulau Kelinci Ōkunoshima ini. Apakah kamu tertarik mengunjunginya suatu hari nanti?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.