5 Jenis Mainan yang Cocok untuk Kado Anak Usia 8 Tahun

Pilih mainan yang sesuai dengan perkembangan usianya ya, Ma

23 Maret 2019

5 Jenis Mainan Cocok Kado Anak Usia 8 Tahun
pxhere.com

Di usia 8 tahun anak sudah bisa mengungkapkan secara gamblang keinginannya, termasuk keinginan memiliki barang yang menghiburnya, misalnya mainan seri terbaru yang ada di toko. 

Jangan keburu pusing, Ma. Mainan itu tak melulu membuat anak jadi malas belajar kok. Justru dengan memilihkan mainan yang tepat sesuai tumbuh kembang usianya, anak bisa belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. 

Berikut ini ide-ide mainan dan aktivitas untuk mendukung tumbuh-kembang anak usia 8 tahun yang bisa Mama pilih untuk kado ulang tahun si Anak. 

1. Doodle Art

1. Doodle Art
Pexels.com

Di usia 8 tahun, daya tangkap anak mulai berkembang dengan baik. Ia telah bisa mengelompokkan bentuk dan warna serta menelusuri pola gambar yang lebih rumit.

Mama bisa memberikan model permainan doodle art dengan kertas dan alat warna yang beragam. Kreativitas anak pun jadi lebih terasah dan ia punya banyak kesempatan menuangkan apa yang ada dalam pikirannya dalam bentuk visual.

Editors' Picks

2. Scooter atau Sepeda

2. Scooter atau Sepeda
maxpixel.net

Untuk menunjang perkembangan fisiknya, anak usia 8 tahun bisa diperkenalkan dengan mainan yang mendukung kemampuan koordinasi fisiknya. Pada usia ini, anak dapat melompat, berputar, menangkap bola dan menyeimbangkan tubuh dengan baik.

Ini adalah saat yang tepat memperkenalkan anak pada aktivitas yang membutuhkan koordinasi fisik yang lebih kompleks, misalnya bersepeda atau bermain scooter.

3. Uno Stacko atau Jenga

3. Uno Stacko atau Jenga
pxhere.com

Anak usia 8 tahun mulai mengenal konsep interaksi dan sosialisasi. Mama bisa mendukung tahapan ini dengan mengajak anak bermain permainan yang melibatkan banyak orang, misalnya Uno Stacko dan Jenga. 

Permainan seperti Uno Stacko dan Jenga akan melatih anak lebih kompetitif dan meningkatkan self-esteemnya. Permainan yang melibatkan grup kecil juga akan membantu anak lebih mudah bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain.
 

4. LEGO

4. LEGO
Pixabay.com

Tak ada anak yang tak suka bermain LEGO. Ya, permainan balok ini memberikan kesempatan pada anak untuk berkreasi sesuai imajinasinya. Anak akan belajar soal bentuk, konstruksi dan warna. Ia juga bisa mengeksplorasi bentuk-bentuk yang berbeda dari yang ada di buku panduannya. 

5. Science Kit

5. Science Kit
Pixabay.com

Di sekolah, anak usia 8 tahun sudah mempelajari tentang sains sederhana. Tak ada salahnya Mama memilih set permainan science kit. Anak bisa melakukan eksperimen sains sendiri di rumah dan mempraktekkannya langsung, tidak sekedar teori di buku. Tentu hal ini akan membuatnya semakin tertarik dengan sains bukan?

Itu dia lima jenis mainan yang dapat Mama hadiahkan pada anak usia 8 tahun. Semoga pilihan-pilihan di atas dapat menginspirasi ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.