Ini Ma, Permainan di Dalam Rumah Agar Anak Jauh dari Gadget

Main seru di rumah tanpa bergantung pada gadget ternyata mudah dilakukan lho Ma

3 Maret 2019

Ini Ma, Permainan Dalam Rumah Agar Anak Jauh dari Gadget
A Magical Childhood/Wordpress

Kadang khawatir juga ya Ma jika anak kerap bermain di luar tanpa pengawasan dari orang dewasa. Namun jika di rumah, biasanya anak akan langsung memilih sibuk dengan gadget.

Ternyata ada banyak kegiatan sederhana yang bisa dilakukan jika ingin anak jauh dari gadget lho, Ma.  Hanya menggunakan barang-barang sederhana, permainan seru bisa dibuat.

Yuk ditengok, siapa tahu bisa jadi inspirasi Mama:

1. Jalur dari lakban

1. Jalur dari lakban
A Magical Childhood/Wordpress

Cukup dengan lakban, Mama bisa menghasilkan aneka jenis permainan seru untuk buah hati tersayang. Caranya, buatlah jalur sedemikian rupa di area luas. Bisa di ruang tamu atau di garasi yang luas.

Mama bisa membuat jalur seperti Taplak Gunung, atau jalur rumit yang bisa diikuti anak agar terus sibuk. Jika anak sudah cukup besar, ajak mereka untuk membuat jalur bersama supaya lebih seru.

2. Spiral dari piring kertas

2. Spiral dari piring kertas
FrugalFun4Boys.com

Ini bisa dilakukan untuk anak sekitar 1 atau 2 tahun. Selain agar mereka jauh dari gadget, kegiatan ini juga bisa meningkatkan konsentrasi mereka.

Siapkan beberapa piring kertas, roll tengah tisu atau apapun yang cukup kuat untuk berdiri sendiri. Jika menggunakan roll tengah tisu, lakban beberapa roll sehingga cukup tinggi. Kemudian gunting piring sampai setengah dan lem ujung-ujung potongan.

Setelah lem kering, masukkan piring ke roll dan buatlah spiral menurun. Mama bisa menggunakan kelereng atau benda apapun yang bulat agar bisa meluncur turun ke bawah

Editors' Picks

3. Basket dadakan

3. Basket dadakan
Ever Never Again/ Blogspot

Pilihlah benda apapun yang berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Lalu tempelkan di pintu atau tembok dengan menggunakan lakban. Dan jadilah ring bola dadakan yang bisa dimainkan anak-anak.

Agar lebih seru, buatlah beberapa ring sekaligus dalam lingkaran yang berbeda ukuran. Tinggal berikan bola, anak-anak bisa asyik bermain.

4. Sarang laba-laba

4. Sarang laba-laba
Barbarazab/Tumblr

Dengan menggunakan kardus atau alas apapun, Mama bisa membuat sarang laba-laba. Gunakan double tape dan buatlah motif sarang. Pastikan double tape yang ditempel cukup lebar.

Bulat-bulatkan kapas atau kertas sampai cukup kecil dan bisa dilempar. Kemudian satukan di dalam wadah yang nantinya bisa dilempar anak-anak ke sarang laba-laba tersebut.

5. Lukis awan

5. Lukis awan
essentialoilsshop.net

Siapkan alat-alat yang mirip dengan di atas yaitu alas kardus, double tape dan kapas yang dibulatkan kecil-kecil. Kemudian ajak anak untuk menempelkan kapas ke alas tersebut.

Jangan lupa untuk siapkan juga alat melukis. Mama bisa menggunakan cat air atau pewarna makanan yang aman untuk anak. Dari situ, biarkan anak melukis sepuas mereka. 

Hasilnya pun bisa disimpan anak, seru ya, Ma

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!