5 Tips Meningkatkan Rentang Perhatian Anak agar Lebih Mudah Fokus

Penggunaan gadget terbukti menurunkan rentang perhatian anak lho, Ma

28 Januari 2022

5 Tips Meningkatkan Rentang Perhatian Anak agar Lebih Mudah Fokus
Freepik/freepik

Keberadaan teknologi yang canggih saat ini membantu banyak hal dalam kehidupan manusia. Bertujuan memudahkan hidup manusia, nyatanya penggunaan teknologi juga memiliki sisi buruk yang sebetulnya dapat diminimalisir.

Salah satu dampak penggunaan teknologi sejak dini adalah menurunnya rentang perhatian anak. Jika rentang perhatian anak pendek, maka anak akan mengalami kesulitan untuk fokus. Konsentrasi anak mudah teralihkan sehingga menyulitkan anak dalam belajar dan menyelesaikan tugas.

Faktanya, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, rentang perhatian manusia semakin berkurang. Untuk mengatasinya, kita bisa melatih anak untuk meningkatkan rentang perhatiannya. 

Berikut ini Popmama.com merangkum 5 cara meningkatkan rentang perhatian anak, agar bisa fokus yang dilansir dari Lifehack.

1. Kurangi screen time

1. Kurangi screen time
Pexels/Tima Miroshnichenko

Gadget merupakan sumber utama distraksi manusia modern, tak terkecuali anak-anak kita. Kemudahan mengakses social media, streaming video, dan berbagai website membuat anak menyerap banyak informasi dan hiburan yang sebetulnya membuat pikiran mereka kewalahan. 

Untuk mengatasinya, orangtua dapat membatasi waktu screen time anak dan tidak bergantung pada gadget untuk membuat anak tenang.

Sebagai gantinya, kembalilah pada permainan analog, membaca buku, dan aktivitas non-gadget lainnya.

Editors' Picks

2. Minimalisir gangguan

2. Minimalisir gangguan
Freepik/Jcomp

Gadget bukanlah satu-satunya masalah yang membuat rentang perhatian anak menjadi lebih pendek. Gangguan-gangguan lain dapat membuat konsentrasi anak pecah, misalnya suasana tempat belajar yang berisik dan banyak dilalui orang, ruangan yang terlalu panas, suara televisi dari ruangan sebelah, atau pun ruangan yang berantakan. 

Hal-hal ini perlu diminimalisir agar anak dapat fokus karena perhatian yang teralihkan sesaat saja dapat merusak ritme konsentrasi anak.

3. Mencatat di buku atau kertas

3. Mencatat buku atau kertas
Freepik/user21856044

Mencatat di buku atau kertas terbukti dapat meningkatkan rentang perhatian dan daya ingat ketimbang mengetik di komputer. Aktivitas ini membutuhkan konsentrasi sehingga melatih anak untuk lebih fokus. Selain itu, dengan mencatat di buku atau kertas, anak dapat mengingat hal-hal detil yang penting karena ia menuliskan kemudian mengulangi poin penting tersebut sendiri.

4. Perbanyak minum air putih

4. Perbanyak minum air putih
Freepik.com/freepik

Mungkin terdengar sepele, tetapi nyatanya anak yang dehidrasi mengalami kesulitan berkonsentrasi. Untuk itulah penting untuk senantiasa terhidrasi saat anak sedang belajar. Sediakan air putih dengan potongan buah yang rasanya enak agar anak mau lebih banyak minum.

5. Ambil waktu istirahat

5. Ambil waktu istirahat
Freepik

Sekalipun fokus sangat diperlukan dalam belajar, anak tetap membutuhkan waktu istirahat secara berkala. Beri waktu sekitar 15-30 menit tiap sesi belajar agar pikiran anak lebih fresh sehingga ia dapat memusatkan perhatian lebih baik.

Sembari beristirahat, anak dapat makan camilan sehat, minum air putih, melakukan peregangan, atau makan permen karet yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

Itu dia 5 cara sederhana yang dapat meningkatkan rentang perhatian anak. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk