5 Cara Melindungi Anak dari Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Perlunya pengawasan ekstra ketika anak lebih sering menggunakan gadget di masa pandemi

14 Oktober 2020

5 Cara Melindungi Anak dari Dampak Negatif Penggunaan Gadget
Freepik/Khromkrathok

Tak hanya orang dewasa, anak dan remaja kini merasakan pengaruh teknologi hingga kecanduan bermain gadget. Apalagi pada pandemi saat ini aktivitas anak menjadi berkurang, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gadget.

Walaupun memiliki banyak manfaat positif, kecanggihan teknologi beberapa juga membawa dampak yang negatif bagi remaja. Sementara ketika orangtua sibuk dengan pekerjaan lain, pengawasan pada anak menjadi kian berkurang.

Saat anak bermain media sosial atau browsing ia bisa saja melihat hal-hal yang tidak sesuai dengan usianya. Jika Mama tidak memberikan perhatian penuh, anak bisa tertarik dan lama kelamaan mengarah konten 18+ yang tentu belum usianya.

Untuk mencegahnya, Popmama.com akan merekomendasikan beberapa cara yang dapat Mama lakukan bersama anak selama pandemi agar ia tidak selalu berfokus pada gadget nya.

Kegiatan apa saja ya? Yuk simak informasi mengenai cara melindungi anak dari dampak negatif menggunakan gadget terlalu lama.

1. Ajak anak untuk memasak menu yang berbeda setiap harinya dan makan bersama di meja makan

1. Ajak anak memasak menu berbeda setiap hari makan bersama meja makan
Freepik/prostooleh

Mama dapat mengajak anak untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal sederhana, seperti masak dan makan bersama di meja makan. Mama dapat mengajak anak untuk membuat menu masakan yang berbeda setiap harinya.

Menyajikan menu masakan yang bervariasi juga berguna bagi kesehatan anak dan keluarga, serta Mama juga bisa mengenalkan berbagai macam jenis bumbu masakan, cara mengolahnya, yang tentu berguna bagi anak di masa depan.

Setelah itu, ajak anak untuk menyusun meja makan agar lebih rapih. Saat makan, Mama juga bisa menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan anak tentang hal-hal apa yang dialaminya atau ingin diketahuinya.

Dengan melakukan hal sederhana ini setiap hari, dapat bermanfaat untuk kesehatan anak dan keluarga, membuat anak menjadi lebih terbuka dengan orangtua, mengurangi waktu bermain gadget nya, dan membuat anak merasa lebih berperan dalam keluarga.

Editors' Picks

2. Menyaksikan film favorit keluarga dengan suasana seperti menonton di bioskop

2. Menyaksikan film favorit keluarga suasana seperti menonton bioskop
Freepik

Saat Mama sudah selesai melakukan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, Mama juga bisa menyempatkan untuk istirahat bersama anak. Lakukan hal-hal seperti menonton film, buatlah suasana seperti menonton di bioskop agar jadi lebih menyenangkan dan mengobati rasa rindu nonton bioskop.

Mama juga bisa menyiapkan popcorn, makanan ringan, dan jus atau minuman segar untuk menemani waktu saat menonton film.

Pilihlah film dengan genre yang disukai Mama dan anak, tentunya juga harus sesuai dengan usia anak ya, Ma!

3. Rutin olahraga ringan setiap pagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

3. Rutin olahraga ringan setiap pagi tetap menerapkan protokol kesehatan
Freepik/senifpetro

Selama masa pandemi ini, Mama dan anak tentunya lebih banyak aktivitas di rumah saja. Tapi bukan berarti tidak berolahraga, karena tetap melakukan rutin olahraga setiap hari tubuh Mama dan anak bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Lakukan olahraga ringan seperti yoga, jogging atau bersepeda, namun jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, beri jarak kurang lebih 2 meter dengan orang lain, bawa tempat minum sendiri, dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Menyempatkan olahraga ringan setiap pagi sebelum beraktifitas membuat Mama dan anak dapat menghirup udara bersih, berjemur di bawah sinar matahari, serta lebih semangat dan segar untuk bersekolah dan melakukan pekerjaan.

Jadi walaupun sedang pandemi, jangan lupa tetap berolahraga ya, Ma!

4. Membuat berbagai macam prakarya seni untuk mengasah bakat dan minat anak

4. Membuat berbagai macam prakarya seni mengasah bakat minat anak
Freepik

Mengisi waktu luang bersama anak juga bisa sebagai cara untuk mengasah bakatnya. Mama dapat menyiapkan peralatan sesuai yang dibutuhkan. Kemudian, Mama juga bisa mengetahui minat dan bakat anak dari kegiatan ini, serta bisa mengarahkan kemampuannya dengan tepat saat pandemi sudah hilang.

Coba berbagai bidang seni, seperti membuat kerajinan tanah liat, melukis, membuat karya makrame untuk hiasan di dinding, atau membuat prakarya DIY lainnya. Mama dapat menyiapkan peralatannya sesuai yang dibutuhkan.

Jika sudah jadi, Mama bisa membantu anak untuk memajang hasil karyanya di rumah sebagai cara apresiasi. Dengan ini, anak akan menjadi lebih semangat untuk membuat karya-karya lainnya dan mengurangi penggunaan gadget.

5. Tetapkan jam maksimal anak bermain gadget di luar waktu sekolah online dan tetap awasi penggunannya

5. Tetapkan jam maksimal anak bermain gadget luar waktu sekolah online tetap awasi penggunannya
Freepik/bristekjegor

Terakhir, jangan lupa untuk membatasi waktu bermain gadget anak dengan membuat jadwal khusus. Selama pandemi ini, tetapkan jam maksimal anak bermain gadget di luar waktu sekolah online dan mengerjakan tugas-tugasnya.

Tetapkan jam pada waktu di mana Mama bisa mengawasi anak secara penuh. Selain itu, tetap ajarkan pada anak cara bijak menggunakan teknologi. Beri tahu apa saja dampak positif dan negatif yang bisa anak dapatkan dari penggunaan internet.

Dengan melakukan kegiatan di atas, Mama dapat melindungi anak dari bahaya penggunaan ketergantungan gadget pada masa pandemi ini.

Walaupun teknologi dapat memudahkan anak dalam berbagai hal, Mama harus memastikan anak tetap menggunakannya dengan baik dan benar sesuai usianya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.