Inilah Alasan Mengapa Ingatan Masa Kecil Sulit Dilupakan

Ingatan masa kecil ternyata ikut menentukan sikap dan karakter seseorang.

14 September 2020

Inilah Alasan Mengapa Ingatan Masa Kecil Sulit Dilupakan
Pixabay.com/seven_0707

Masa kecil sangatlah indah dan berharga. Ia menyimpan berbagai kenangan yang melekat dalam ingatan. Menjadikan momen-momen masa kecil menjadi salah satu pengalaman hidup yang luar biasa. 

Ketika beranjak dewasa, pasalnya kenangan masa kecil ini sulit untuk dilupakan. Akan ada satu hingga dua peristiwa yang sangat erat dalam ingatan. Rasanya mustahil untuk melupakan ingatan nan indah tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa peristiwa masa kecil yang kita alami sangat sulit untuk dilupakan. Apalagi beberapa kenangan yang membahagiakan. Salah satunya karena ingatan masa kecil ikut berdampak pada pendewasaan diri seseorang.

Untuk itu, pada ksempatan kali ini, Popmama.com akan membahas alasan mengapa ingatan masa kecil sulit dilupakan dan dampaknya pada pendewasaan si Kecil. Simak pembahasannya ya Ma!

1. Kenangan masa kecil menentukan kehidupan saat ini

1. Kenangan masa kecil menentukan kehidupan saat ini
habyts.com

Pengalaman yang si Kecil alami di usia-usia awal kehidupan ternyata ikut menentukan kehidupan dewasanya kelak. Kebiasaan dan perlakuan yang ia terima secara perlahan ikut menyusun serpihan keberhasilan si Kecil.

Ketika si Kecil dibiasakan tumbuh sebagai pribadi yang disiplin dan selalu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Bukannya tidak mungkin si Kecil akan tumbuh menjadi seseorang yang sukses kedepannya. 

Inilah yang membuat mengapa peristiwa masa kecil sangat sulit dilupakan, apalagi ketika kita telah berhasil meraih apa yang kita perjuangkan. 

2. Kenangan masa kecil dapat memberikan emosi positif

2. Kenangan masa kecil dapat memberikan emosi positif
Freepik/nitipong168

Melansir dari motivationnyou.com, kenangan masa kecil dapat memberikan emosi positif ketika anak-anak beranjak dewasa. Emosi positif ini dapat menumbuhkan kembali rasa semangat dan bahagia. 

Semakin dewasa, anak-anak akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang lebih rumit dari sebelumnya. Mengingat momen dan peristiwa membahagiakan di masa lalu membuat ia ikut merasakan kebahagiaan ketika itu juga. 

Dengan melakukan hal tersebut, si Kecil dapat melupakan rasa cemas dan stres dengan lebih mudah. KIta dapat ini sebagai salah satu bentuk self-motivation melalui peristiwa masa lalu.  

Editors' Picks

3. Kenangan Masa Kecil Memengaruhi Karakter

3. Kenangan Masa Kecil Memengaruhi Karakter
Freepik

Pembentukan karakter dan kepridaian seseorang dimulai ketika ia masih berada dalam masa anak-anak. Itulah mengapa pendidikan emosi dan karakter sangat penting bagi si kecil. 

Apa yang mereka pejalari akan terus melekat dalam ingatan. Seperti ketika anak-anak belajar mengenai sopan santun kepada orang lain. Ini akan terbawa hingga mereka besar nanti membentuk mereka menjadi pribadi yang sopan. 

Pembentukan karakter anak-anak juga ikut dipengaruhi oleh perilaku orangtua di rumah. Maka dari itu, orangtua harus memberikan teladan dan contoh yang baik bagi anak-anaknya. 

4.  Kenangan masa kecil ikut membentuk nilai dan prinsip hidup

4.  Kenangan masa kecil ikut membentuk nilai prinsip hidup
Freepik/rawpixel.com

Pelajaran-pelajaran kehidupan yang diterima sewaktu kecil ikut membentuk nilai-nilai kehidupan seseorang. Tidak hanya nilai, prinsip yang dipegang ketika dewasa nanti juga ikut terpengaruh oleh ingatan masa kecil. 

Anak yang didik untuk selalu menghemat uang akan memiliki prinsip hemat dan enggan untuk menghamburkan uangnya. Begitu pula jika Mama mendidik si Kecil dengan nilai-nilai kebaikan yang positif, seperti jujur, senang menolong, juga rendah hati. 

Berhati-hatilah untuk tidak menanamkan nilai-nilai dan prinsip yang negatif selagi anak masih kecil. Sebab itu dapat terbawa hingga ia dewasa.

5. Ada banyak momen menggembirakan saat kecil

5. Ada banyak momen menggembirakan saat kecil
Freepik/freepik

Di usia anak yang masihlah kecil, ia akan mengalami berbagai peristiwa. Banyak dari itu merupakan peristiwa yang menggembirakan, seperti perayaan ulang tahun, atau liburan bersama keluarga. 

Memori-memori bahagia yang ia dapatkan saat kecil membuat berbagai peristiwa terasa begitu spesial dan enggan pergi dari ingatan. Ini membuat beberapa orang akan selalu mengingat momen bahagia mereka sewaktu kecil.

Perlu diperhatikan, si Kecil juga akan mudah mengingat pengalaman yang negatif yang berbekas padanya.

Ada hal lain yang bisa menjadi pengalaman menyenangkan masa kecil, salah satunya adalah memiliki sebuah hobi yang bisa dilakukan secara terus-menerus.

Misal saja hobi mengkoleksi aksesori atau mainan dari tokoh kartun. 

Demi meembahagiakan anak-anak, Kinder Joy juga menghadirkan momen kebahagiaan sejak 1968. Bagi Mama Papa yang menyukai tokoh kartun Doraemon, kini saatnya menularkan kepada anak dan kumpulkan delapan seri Doraemon dari jajanan yang satu ini.

Melalui rilisnya dijelaskan bahwa seri Doraemon ini terinpirasi oleh perannya untuk menghadirkan momen-mone kecil namun spesial dalam kehidupan sehari-hari, pihaknya pun terus menciptakan coklat inovatif yang dibuat untuk berbagai keluarga, berbagi kebahagiaan dan kebersamaan.

6. Pentingnya membangun masa kecil yang baik

6. Penting membangun masa kecil baik
Freepik

Dari beberapa alasan tadi, kita dapat menemukan benang merahnya. Yaitu bahwa ingatan semasa kecil sangatlah penting karena turut mempengaruhi kehidupan anak di masa mendatang. 

Itulah mengapa sebaiknya ketika masih anak-anak, Mama perlu memberikan peristiwa yang menyenangkan dan positif bagi pertumbuhannya, Berikan anak-anak kebahagiaan di setiap momen. Hindarkan sikap keras yang membuatnya merasa takut dan tertekan. 

Tidak hanya itu, didiklah anak-anak dengan nilai dan prinsip yang baik. Sehingga itu dapat melekat di dalam ingatannya dan ikut membentuk mereka menjadi seseorang yang memiliki sikap dan karakter positif. 

Perhatikan selalu perkembangan dan pertumbuhan si Kecil ya Ma!  

Itulah alasan mengapa ingatan masa kecil sulit dilupakan. Lebih baik isi kenangan manis untuk anak meski sedang di rumah saja.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.