5 Pilihan Terapi Cerebral Palsy pada Anak Balita

Terapi akuatik bisa menjadi pilihan perawatan yang berharga, lho!

9 Februari 2020

5 Pilihan Terapi Cerebral Palsy Anak Balita
Pixabay/timkraaijvanger

Anak-anak dengan cerebral palsy memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebagian dari mereka punya masalah dengan fisik maupun keterbatasan gerak motoriknya.

Dilansir dari Cerebral Palsy.org, terapi fisik hingga terapi okupasi bersama dengan peralatan adaptif adalah bentuk perawatan yang populer untuk anak-anak dengan cerebral palsy.

Melakukan rencana perawatan komprehensif terkoordinasi dan terapi, memang memainkan peran penting dalam mengoptimalkan mobilitas anak.

Berikut Popmama.com berikan 5 pilihan terapi untuk membantu cerebral palsy pada anak balita, diantaranya :

1. Akupunktur meringankan banyak gejala

1. Akupunktur meringankan banyak gejala
Freepik/nikitabuida

Terapi yang dapat digunakan dalam perawatan anak celebral palsy yaitu akupunktur.

Di mana menggunakan kombinasi terapi akupunktur dan obat-obatan bisa membantu mengelola gejala yang dialami anak celebral palsy.

Science Direct.com menjelaskan, metode akupunktur Cina di kulit kepala tampaknya menjadi pengobatan yang efektif untuk pasien dengan celebral palsy. Akupunktur ini dapat meringankan banyak gejala dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Manfaat penggunaan akupunktur yang paling umum adalah dapat menghilangkan rasa sakit kronis, pemulihan saraf otak dan membantu mengurangi hipertonisitas otot anak.

Editors' Picks

2. Terapi akuatik bisa menjadi kekuatan penyembuhan

2. Terapi akuatik bisa menjadi kekuatan penyembuhan
Pixabay/platinumportfolio

Terapi tidak terbatas pada anak celebral palsy. Di mana terapi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, tujuan dan diterapkan pada berbagai tahap perkembangan anak.

Hydro Worx.com mengungkapkan, bahwa pasien cerebral palsy sering menggunakan terapi dan obat-obatan untuk membantu mengelola gejalanya. Biasanya ini dikombinasikan dengan terapi akuatik, yakni latihan berbasis air dalam meningkatkan fungsi fisik secara keseluruhan.

Metode terapi akuatik sebagai pilihan perawatan yang berharga untuk anak-anak dengan cerebral palsy. Daya apung air membuat pasienH cerebral palsy lebih mudah bergerak lebih efektif dan aman.

Bahkan anak-anak dengan cerebral palsy, air bisa menjadi kekuatan penyembuhan yang bersifat restoratif dan detoksifikasi.

3. Terapi perilaku membantu anak berinteraksi

3. Terapi perilaku membantu anak berinteraksi
Freepik/Racool_studio

Pilihan perawatan anak dengan celebral palsy ketiga yakni terapi perilaku. Di mana metode ini mempelajari emosional dan perilaku tidak produktif.

Bahkan metode ini membantu peningkatan kualitas hidup dan kemampuan berkomunikasi sang anak.

Kids Health.org mengatakan, tidak ada obat untuk cerebral palsy. Tetapi sumber daya dan terapi dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang. Segeralah meminta bantuan spesialis medis, termasuk perawat, terapis, psikolog, pendidik, dan pekerja sosial.

Di mana tahapan terapi perilaku bertujuan agar anak mampu berinteraksi dengan lingkungan dan mendapatkan kendali atas emosi mereka.

4. Terapi fisik salah satu aspek terpenting

4. Terapi fisik salah satu aspek terpenting
Pixabay/thinhvuongvn8088

Terapi fisik adalah cabang kesehatan rehabilitasi yang dianggap sebagai salah satu aspek terpenting dalam merawat anak-anak dengan cerebral palsy.

Dikutip dari laman Mayo Clinic.org, jika anak didiagnosis menderita cerebral palsy mungkin akan dirujuk ke spesialis. Tujuannya untuk menguji kondisi lain yang sering dikaitkan dengan gangguan tersebut. Tes-tes ini dapat mengidentifikasi masalah pengembangan gerakannya.

Di mana terapi fisik memberikan pelatihan dalam menguatkan otot-otot besar yang ada di lengan, kaki dan perut anak.

Hal ini tentu membantu memaksimalkan kontrol fungsional tubuhnya.

5. Terapi bermain dikaitkan sebagai penghilang stres

5. Terapi bermain dikaitkan sebagai penghilang stres
Freepik/prostooleh

Terkadang, anak-anak dengan cerebral palsy sering mengalami gejala psikologis dari fobia sosial.

Menggunakan metode bermain dengan berbagai mainan di lokasi publik berbeda, hal ini bertujuan agar mereka memiliki pengalaman yang menyenangkan.

Flint Rehab.com mengungkapkan, bermain dikaitkan sebagai penghilang stres dan kesenangan. Ini merupakan komponen penting dari perkembangan pada anak-anak, karena memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif dan menjelajah dengan bebas.

Dengan demikian, terapi bermain adalah proses inovatif untuk memberikan keterampilan yang anak butuhkan.

Itulah kelima pilihan terapi untuk anak celebral palsy. Memang diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara merawat anak dengan cerebral palsy.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.