7 Lagu Anak Sepanjang Masa yang Perlu Anak Ketahui

Dengan lagu, anak akan mempelajari hal baru secara tidak langsung

6 Januari 2020

7 Lagu Anak Sepanjang Masa Perlu Anak Ketahui
summitmedia-digital.com

Musik diciptakan untuk dinikmati semua orang, termasuk anak-anak. Sayangnya, tidak banyak lagu anak yang diproduksi Indonesia saat ini.

Bahkan, sebagian besar anak terpaksa mendengarkan lagu orang dewasa yang sebenarnya memiliki lirik yang tidak sesuai untuk mereka.

Sebenarnya, tidak harus lagu terbaru, Mama bisa mengajak anak mendengarkan lagu anak-anak yang dirilis beberapa tahun lalu kok. Lagu-lagu ini diciptakan khusus untuk anak sehingga pasti lebih bermanfaat untuk mereka.

Yuk, dengarkan dan ajak anak menyanyikan lagu anak sepanjang masa berikut. Dengan menyanyikannya, secara tidak langsung anak akan mempelajari hal baru lho, Ma!

1. Ceriakan liburan anak dengan lagu Libur Tlah Tiba

Libur tlah tiba, libur tlah tiba.

Mama pasti sudah tidak asing dengan lirik lagu ini. Setiap mendekati liburan, lagu ini pasti sering dinyanyikan oleh anak-anak.

Nah, Mama bisa mengajak anak menyanyikan lagu ini ketika liburan untuk menambah keceriaan yang ada.

2. Ajak anak untuk selalu riang gembira dengan lagu Anak Gembala

Lagu yang dinyanyikan oleh Tasya Kamila ini termasuk salah satu lagu sepanjang masa yang masih terkenal hingga saat ini. Lagu ini sendiri memiliki tema yang unik, yaitu tentang peternakan.

Selain tentang peternakan, lagu ini akan mengajarkan anak untuk selalu riang gembira ketika mengerjakan sesuatu lho, Ma.

3. Kenalkan kehidupan desa dengan lagu Paman Datang

Selain Anak Gembala, Paman Datang adalah lagu Tasya Kamila yang juga tidak lekang oleh waktu.

Lagu yang dirilis pada tahun 2000 ini menceritakan tentang seluk beluk kehidupan desa, seperti mandi di sungai, turun ke sawah, hingga menggiring kerbau.

Editors' Picks

4. Lagu Menanam Jagung akan mengajarkan anak tentang kebersamaan

Cangkul, cangkul, cangkul yang dalam. Menanam jagung di kebun kita.

Mama pasti pernah mendengar lagu ini. Lagu yang dirilis pada tahun 2007 ini menceritakan ativitas yang dilakukan untuk menanam jagung.

Nah, dengan lagu ini, Mama bisa menceritakan asal usul makanan yang anak makan. Mama juga bisa mengajarkan arti kebersamaan.

5. Ajak anak bergerak dengan lagu Kalau Kau Suka Hati

Kalau kau suka hati tepuk tangan!

Yuk, ajak anak menyanyi sekaligus bergerak dengan lagu ini, Ma. Tidak hanya hati yang akan menjadi lebih gembira, tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

Mama juga bisa memodifikasi lagu ini dengan gerakan-gerakan lain dan mengajak anak bermain.

6. Biasakan hidup sehat dengan lagu Aku Anak Sehat

Yuk, ajak anak hidup sehat dengan menyanyikan lagu Aku Anak Sehat, Ma! Dengan lagu ini, Mama bisa mengajarkan anak pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki tubuh yang kuat.

Bagaimanapun, memiliki anak yang sehat adalah impian semua orangtua!

7. Belajar berhitung dengan lagu Tek Kotek

Tidak hanya menyenangkan, lagu Tek Kotek akan mengajarkan matematika dasar pada anak dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu, yuk ajak anak berhitung sambil bernyanyi dengan lagu ini!

Itulah tujuh lagu anak sepanjang masa yang akan mengajarkan anak kosakata baru dengan cara yang menyenangkan. Tidak hanya kosakata, anak juga akan mempelajari hal-hal baru lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, ajak anak mendengarkannya. Mama juga bisa bernostalgia lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!