8 Cream Penghilang Bekas Luka untuk Anak, Gunakan yang Berbahan Alami

Dibutuhkan produk dengan bahan alami untuk kulit anak yang masih sensitif

3 Desember 2021

8 Cream Penghilang Bekas Luka Anak, Gunakan Berbahan Alami
Pexels/Kha Ruxury

Sebagian kulit anak itu memiliki kondisi lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Bisa jadi anak mama salah satunya yang memiliki kulit sensitif sejak kecil. Bahkan bekas luka ataupun bekas gigitan nyamuk pada kulit mereka bisa saja tidak mudah hilang.

Salah satu penyebab kulit anak sensitif bisa dikarenakn lapisan terluar (stratum korneum) pada kulit mereka lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. 

Ketika anak terluka, Mama tidak perlu khawatir lukanya tidak hilang Ma. Saat ini sudah banyak cream yang bisa membantu menyamarkan bekas luka tersebut. 

Di bawah ini, Popmama.com akan beri rekomendasi untuk Mama cream apa saja yang Mama butuhkan untuk bekas luka anak. 

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Beauty Barn Soother Stick

1. Beauty Barn Soother Stick
Shopee.co.id/Kizziekids

Untuk menghilangkan bekas luka anak, Mama juga bisa menggunakan Beauty Barn Soother Stick. Produk ini menggunakan bahan-bahan alami yang bisa menenangkan dan membuat nyaman segala jenis keluhan pada kulit anak. 

Beauty Barn Soother Stick bisa digunakan untuk menangani luka karena benda tajam, luka bakar, gigitan serangga, dan masih banyak lagi. Tidak hanya untu anak-anak, produk ini ternyata bisa digunakan orang dewasa, Ma. 

Komposisi aktif di dalamnya ada sweet almond oil yang membantu menyembuhkan dan melembapkan kulit kering dan meringankan sakit akbiat inflamasi. Kandungan bargamot di dalamnya berfungsi untuk anti biotik, menekan rasa sakit dan menyamarkan bekas luka. 

Kandungan tea tree yang juga mempercepat pemulihan dan menghilangkan bekas luka. Dan kandungan myrrh yang memperlancar peredaran darah serta mempercepat penyembuhan luka sekaligus melindunginya. 

Beauty Barn Soother Stick dibandrol dengan harga sekitar Rp 120 ribuan. 

2. Bio Oil untuk luka anak usia di atas 2 tahun

2. Bio Oil luka anak usia atas 2 tahun
Bio-oil.com

Bio Oil tentunya sudah cukup dikenal di kalangan para mama ya. Selain ampuh mengurangi stretch mark saat hamil maupun melahirkan, Bio Oil juga bermanfaat mengatasi kulit kering dan meratakan warna kulit. 

Bio Oil sudah diuji secara klinis dan membuktikan bahwa produk ini dapat memperbaiki tampilan bekas luka dan stretch mark. Keberhasilan dari uji klinis ini akhirnya mendorong banyak dokter dan apotek merekomendasikan produk ini. 

Jadi jika Mama membeli produk ini, bisa digunakan untuk Mama dan anak sekaligus. 

Bio Oil memiliki kisaran harga Rp 55 ribu saja, Ma. 

3. Hansaplast Salep Luka 

3. Hansaplast Salep Luka 
Hansaplast.id

Produk yang mungkin sudah banyak dikenal orang ialah Hansaplast, selain mengeluarkan plester, Hansaplast juga mengeluarkan salep luka.

Produk ini berfungsi untuk menyembuhkan luka dan kulit yang rusak. Bahkan diklaim bisa menyembuhkan luka dua kali lebih cepat lho, Ma. 

Dengan kelebihan tersebut, Hansaplast Salep Luka mengurangi risiko luka yang membekas. Melindungi dan menenangkan kulit yang sangat kering juga pecah. Tentunya ini bisa diberikan untuk anak mama jika mereka memiliki bekas luka. 

Untuk harga Hansaplast Salep Luka yaitu Rp 28 ribu - Rp 45 ribu. 

Editors' Picks

3. Hiruscar Kid Gel produk dari Swiss

3. Hiruscar Kid Gel produk dari Swiss
Pexels/Hokibuy88

Hiruscar Kid Gel adalah gel anak-anak dari Swiss yang terbuat dari 5 bahan aktif. Yaitu mucopolysaccharide polysulphate, ekstrak oat, allantoin, allium cepa dan juga aloe vera yang membantu melembapkan bekas luka serta menyamarkan bekas luka yang menghitam.

Gel ini dapat diserap untuk mengembalikan kelembutan serta kehalusan alami kulit pada anak. Oleskan Hiruscar Kids dengan lembut pada bekas luka anak 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

Hiruscar Kids Gel dibandrol dengan harga Rp 227 ribu. 

5. Laderma Scar Repair Cream menggunakan 100% aruba aloe vera segar

5. Laderma Scar Repair Cream menggunakan 100% aruba aloe vera segar
guardianindonesia.co.id

Kulit anak yang masih sensitif dibutuhkan produk dengan bahan-bahan alami untuk dapat mengobati lukanya ataupun menghilang bekas luka.

Laderma Scar Repair Cream menggunakan 100% aruba aloe vera segar yang hanya tumbuh dikepulauan Karibia. Membantu menyamarkan bekas luka lama ataupun baru, membantu membuat jaringan kulit lebih lembut dan elastis.

Selain itu, ia juga bisa mengurangi gatal dan kemerahan pada bekas luka baru. Produk ini bisa digunakan untuk anak-anak dan Mama juga lho. Cukup oleskan secara tipis dan merata pada area bekas luka dan gunakan 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

Laderma Scar Repair Cream dibandrol dengan harga Rp 99 ribu. 

6. Lucas Papaw Ointment yang dapat menghilangkan luka baru dan lama

6. Lucas Papaw Ointment dapat menghilangkan luka baru lama
Shopee.co.id/Tutishop._

Bekas luka pada balita ataupun anak bisa dikarenakan hiperpigmentasi kulit, yaitu bekas kehitaman atau kulit berwarna gelap di bandingkan kulit di sekitarnya karena peradangan luka yang mulai mereda. 

Nah, selain menjaga kebersihan kulit, lotion juga bisa membantu mempercepat penyembuhan dan melembapkan kulit. 

Lucas Papaw Ointment bisa menjadi produk pilihan Mama untuk menyembuhkan luka anak. Produk ini terbuat dari bahan alami, yaitu fermentasi pepaya dan berbentuk jel, sehingga ketika dioleskan pada kulit tidak meninggalkan tekstur lengket. 

Mama bisa menggunakan produk ini untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak yang sudah menghitam. Terdapat berbagai ukuran, 15 ml, 25 ml, 75 ml dan 200 ml. Untuk kisaran harga mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 175 ribu. 

7. Pulih skin solution salve Botanina bantu regenerasi kulit

7. Pulih skin solution salve Botanina bantu regenerasi kulit
Botanina.com

Pulih Skin Solution Salve merupakan produk lokal dari brand Botanina. Produk dari brand ini terbuat dari bahan-bahan alami yang yang membantu menutrisi dan menangkan kulit dari iritasi dan inflamasi ringan yang disebabkan oleh gigitan serangga, luka ringan, benturan, luka bakar minor. 

Selain itu Pulih Skin Solution Salve juga bersifat anti bakteri, anti jamur, antiseptik, anti inflamasi dan regenerasi jaringan kulit. Sehingga cream ataupun salep ini bisa menjadi pilihan Mama untuk persediaan di rumah ketika anak mengalami luka. 

Produk ini dihargai Rp 85 ribu. Mama bisa dapatkan melalui website officialnya. 

8. Pure Paw Paw Ointment Original

8. Pure Paw Paw Ointment Original
Shopee.co.id/ Sinarkosmetik

Anak-anak biasanya sulit sekali ya, Ma diberikan obat untuk luka mereka. Untuk mensiasatinya, Mama bisa coba mencobanya dengan menggunakan cream Pure Paw Paw Ointment Original.

Produk serbaguna yang dibuat dengan buah-buahan segar asal Australia yang kemudian difermentasi. 

Pure Paw Paw Ointment Original berfungsi untuk melembapkan bibir pecah-pecah, kulit kering, luka ringan serta bisa juga mengatasi ruam kulit bayi karena pemakaian popok. 

Itulah rekomendasi cream penghilang bekas luka pada anak. Semoga Mama bisa menentukan cream yang cocok untuk anak ya, Ma. 

Oya, Ma. Penanganan luka pada anak juga akan menjadi pembahasan di acara Popmama.com Parenting Academy 2021 (POPAC) dengan tema "Tips dan Trik Mengatasi Kasus Luka pada Anak saat di Rumah."

Materi akan disampaikan oleh dr. Robert Soetandio, Sp.A, M.Si, Med pada Selasa, 14 Desember 2021 melalui kuliah WhatsApp. 

Jangan lupa untuk ikut serta hadir ya, Ma. Akan banyak sekali trik-trik yang diberikan untuk mengatasi luka pada anak. 

Pendaftaran bisa langsung melalui link di bawah ini.

Pendaftaran Tips dan Trik Mengatasi Kasus Luka pada Anak saat di Rumah

Ditunggu kehadirannya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk