5 Mainan yang Cocok untuk Anak 2 Tahun

Penting untuk memberikan mainan yang sesuai umur anak

27 Februari 2019

5 Mainan Cocok Anak 2 Tahun
Freepik

Semakin besar usia anak, jenis permainan mereka akan berubah. Nah untuk anak umur 2 tahun, ada beberapa rekomendasi jenis mainan yang bisa dipilih.

Tidak sekadar bermain, memilihkan mainan yang tepat juga bisa membantu tumbuh kembang mereka. Sembari main, syaraf, otak, dan otot juga dilatih untuk berkembang. Oleh karena itu, penting untuk memberikan mainan yang sesuai dengan umur mereka.

Popmama.com telah mengumpulkan beberapa rekomendasi yang bisa jadi pilihan Mama:

1. Puzzle

1. Puzzle
Pixabay/congerdesign

Saat berumur 2 tahun, anak sudah bisa dikenalkan dengan puzzle. Tak perlu yang terlalu rumit. Mama bisa mulai mengenalkan puzzle sederhana yang berisi 4 atau 6 potong.

Setelah mengetahui konsep puzzle, Mama bisa menaikkan tingkat kesulitan dari puzzle. Tak apa memilih potongan yang agak banyak, asal anak sudah terbiasa dengan mainan yang satu ini.

2. Bricks

2. Bricks
Freepik/rawpixel.com

Selanjutnya adalah bricks atau mainan bongkar pasang. Pilihlah yang ukurannya cukup besar agar mereka bisa bermain dengan menyenangkan dan jauh dari rasa kesal karena mainannya terlalu rumit.

Memainkan puzzle atau bricks bisa membantu mengembangkan otak mereka. Mulai dari harus menyatukan bagian gambar, hingga stimulasi warna yang menarik.

Editors' Picks

3. Bermain peran

3. Bermain peran
Freepik/Prostooleh

Umur 2 tahun sangat senang bermain peran. Apalagi setelah mendapat pengalaman baru. Biasanya mereka akan langsung semangat bermain peran.

Jika sering melihat orangtuanya menggunakan laptop saat bekerja, mereka bisa berkhayal menggunakan buku dan menjadikannya itu laptop. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Mama bisa mengajak mereka bermain peran yang telah dikenalnya. Dengan begini, mereka bisa mengetahui aneka kegiatan lain yang tak kalah seru.

Beberapa yang bisa jadi pilihan adalah bermain peran dokter-dokteran, masak-masakan, atau menjadi kasir. Bahkan, bermain peran jadi pemilik bengkel juga tak kalah menarik.

4. Permainan yang menggunakan fisik

4. Permainan menggunakan fisik
Freepik

Aneka permainan yang menggunakan fisik sangatlah dianjurkan untuk anak 2 tahun. Karena pada dasarnya, energi mereka tidak habis-habis, sehingga perlu penyaluran yang benar agar mereka bisa lebih fokus dan tenang.

Beberapa mainan fisik adalah sepeda, skuter, atau trampolin. Masing-masing mainan memiliki keseruan yang tak bisa ditolak anak.

5. Balok kayu

5. Balok kayu
Freepik

Masih ingat mainan balok kayu beragam bentuk dan warna yang biasanya ada di Taman Kanak-kanak? Nah siapkan mainan seperti itu untuk anak umur 2 tahun.

Dijamin mereka bisa duduk tenang di tempatnya setidaknya selama 30 menit. Dengan memberikan mainan ini, Mama bisa memacu kemampuan mereka menyelesaikan masalah dan meningkatkan konsentrasi. 

Sudah tahu kan, Ma, jenis-jenis mainan yang cocok untuk si Kecil. Yuk pilih yang sesuai dengan minat dan kebutuhan tumbuh kembang mereka!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!