Ayo Coba! 5 Ide Permainan Seru dan Bermanfaat untuk Bayi

Bayi yang baru lahir pun bisa diajak bermain lho, Ma!

14 Januari 2019

Ayo Coba 5 Ide Permainan Seru Bermanfaat Bayi
pexels.com/Public Domain Pictures

Memilih jenis permainan untuk anak sesuai usia penting untuk dilakukan. Sebab permainan yang diberikan kepada anak bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah kreativitas, keterampilan, dan media belajar anak. 

Bermain bisa dilakukan sejak dini yaitu sejak dilahirkan. Bayi yang baru lahir mungkin terlihat susah untuk diajak bermain, sebagian besar waktunya hanya dihabiskan untuk tidur saja. Jadi bagaimana Mama bisa mengajaknya bermain?

Bermainmelibatkan indra bayi seperti sentuhan, penglihatan, penciuman, dan pendengaran. Selama 3 bulan pertama, bayi mungkin menjangkau dan mencoba untuk mengambil sesuatu serta terpesona oleh suara, bau, dan pola.

Dilansir dari laman IDAI, pada usia 0-6 bulan fungsi pendengaran dan penglihatan bayi mulai berkembang. Pada fase ini bayi mulai menyukai melihat dan mengikuti gerak benda. Ia juga akan berpaling jika mendengar suara di dekatnya dan dapat menggenggam dan mulai meraih mainan.

Pada usia ini, permainan dengan warna yang mencolok akan menarik bagi bayi dan dapat membantu bayi mengembangkan penglihatannya. Selain itu mainan yang memiliki bunyi yang dapat dipegangnya seperti icik-icik, akan menarik baginya.

Berikut 5 ide permainan untuk bayi.

1. Dance revolution

1. Dance revolution
today.com

Mama bisa memutar lagu dan menari sambil menggendong bayi. Gendong sambil mengayunkannya dengan lembut sesuai dengan irama musik. Mama bisa berputar atau mengayunkannya dengan lembut ke udara. Pastikan leher bayi tersangga dengan baik dan posisinya nyaman ya, Ma.

Gerakan yang heboh bisa menjadi hiburan untuk bayi.

2. Tunjuk barang

2. Tunjuk barang
Pixabay/2081671

Sebagian besar waktu bermain biasanya akan dihabiskan untuk menunjukkan barang-barang ke bayi. Benda apa pun di rumah yang tidak berbahaya bagi bayi adalah permainan mengasyikkan.

Bawa bayi ke dapur dan tunjukkan sendok, garpu, dan piringnya.

Mama juga bisa meletakkan beberapa benda di sekitar tempat tidur seperti sisir, dot, gelang bahkan buku. Saat bayi terlihat bosan, Mama bisa mengambil salah satu barang dan berkata “Lihat! Ini ada sisir”. Biarkan bayi belajar memegangnya juga.

Editors' Picks

3. Petualangan ke lemari

3. Petualangan ke lemari
www.freepik.com

Mama suka berburu baju-baju unik? Keluarkan baju atau rok-rok lucu dari lemari, letakkan di tempat tidur dan biarkan bayi berbaring di atasnya. Atau Mama juga menggendong bayi sambil menunjukkan baju-baju tersebut. Warna-warna atau tekstur baju mungkin akan membuat bayi heran dan penasaran.

Dalam beberapa bulan, bayi akan mulai meraba manik, sulaman, atau hiasan baju.

4. Hei! Apa yang ada di kepalaku?

4. Hei Apa ada kepalaku
Pixabay/Pexels

Hal-hal yang sederhana dapat membuat bayi senang dan heran. Ikatkan tali atau pita ke sebuah sendok kayu dan gantung di depan wajah bayi. kemudian ayunkan dengan lembut. Mama bisa mengayunkan sambil berseru “Boink! Boink!”

Tapi jangan pernah meninggalkan bayi sendirian dengan tali atau pita yang berada di dekat mukanya ya, ma.

5. Diva

5. Diva
Pixabay/publicdomainpictures

Jangan takut jika suara Mama fals, bayi tidak akan menyadarinya.

Bayi akan menyukai semua yang Mama nyanyikan. Nah, sekarang Mama bisa mulai mencari lagu-lagu anak yang populer seperti Bintang Kecil, Cicak Cicak di Dinding, Potong Bebek Angsa. Sebagian besar bayi menyukai lagu yang disertai dengan gerakan.

Cobalah menyanyikan lagu dengan suara pelan dan kemudian dengan suara melengking tinggi, untuk melihat mana yang paling bereaksi. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan boneka untuk alat peraga dalam bernyanyi.

Untuk bermain dengan bayi yang baru lahir, pengulangan diperlukan. Rentang perhatian bayi juga berbeda-beda tergantung umur, temperamen, dan suasana hatinya. Diperlukan waktu beberapa detik bagi bayi baru lahir untuk merespons Mama atau ia mungkin tidak merespons sama sekali. Bersabarlah - Mama mungkin perlu terus mencoba atau menunggu beberapa saat baginya untuk memasuki keadaan waspada dan responsif.

Selamat bermain!