Cara Parenting Rachel Vennya Ketika Mengajarkan Xabiru Belajar Sabar

Setiap orangtua memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak

13 Mei 2020

Cara Parenting Rachel Ven Ketika Mengajarkan Xabiru Belajar Sabar
Instagram.com/rachelvennya

Setiap orangtua di sebuah keluarga tentu memiliki gaya parenting tersendiri untuk diterapkan kepada anak-anaknya, begitu juga dengan Rachel Vennya. 

Walau usia Xabiru Oshe Al-Hakim dan Aurorae Chava Al-Hakim masih kecil, namun Rachel telah pelan-pelan mengajarkan banyak hal sebagai modal terkait dengan perkembangan karakter anak. 

Kesabaran dan kedisiplinan pun diterapkan oleh Rachel kepada putra sulungnya yang sudah jalan 2 tahun. Dari hal-hal yang sederhana mampu melatih pendidikan karakter anak. 

Dalam melatih kesabaran sejak dini, orangtua memang perlu percaya bahwa anak bisa mengendalikan sikapnya. Meskipun tidak bisa terjadi secara instan, namun orangtua dan anak perlu sama-sama berlatih. 

Jika Mama belum melihat dua video sederhana dari Rachel Vennya yang mengajarkan tentang kesabaran dan disiplin kepada Xabiru, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Mengetes dan melatih kesabaran dengan memberikan arahan 

Mendidik anak sabar dan disiplin tentu menjadi salah satu pembelajaran penting yang ingin diterapkan para orangtua kepada si Kecil sejak dini. 

Rachel Vennya sempat mengetes dan melatih kesabaran Xabiru dengan menuruti permintaan darinya. Sebuah video pun didokumentasikan untuk melihat sejauh mana kesabaran Xabiru agar tidak memakan donat di hadapannya. 

Di akhir video, Xabiru berhasil mendengarkan kata-kata sang Mama untuk tidak memakan donat yang ada di meja. 

Secara tidak langsung, Xabiru diajarkan untuk latihan menunggu hingga diperbolehkan untuk makan donat. Para peneliti pun mengatakan bahwa anak yang sabar menunggu membuat mereka kemampuan untuk mengalihkan perhatian.

Video menggemaskan dari Xabiru ini yang mau menuruti kata-kata Rachel Vennya sekaligus belajar sabar mendapatkan beragam komentar positif. 

Banyak yang bertanya mengenai "bagaimana caranya bisa mengajarkan Xabiru yang mau mendengarkan kata-kata sang Mama dan melatih kesabarannya?"

Jika diperhatikan, Rachel Vennya memang selalu memberikan afirmasi yang positif kepada Xabiru. Mulai dari kata-kata secara lisan atau melalui sebuah tindakan. 

Terbiasa memberikan arahan yang positif kepada anak pelan-pelan membuatnya menjadi pribadi disiplin dan tertib pada setiap aturan. 

Walau terkesan sederhana, namun ini bisa menjadi modal dan investasi jangka panjang untuk anak-anak. 

2. Mendampingi Xabiru belajar membuat playdough sendiri 

Sebagai seorang Mama dua anak, Rachel Vennya begitu memerhatikan perkembangan anak-anaknya baik itu Xabiru dan Chava.

Bukan saja soal nutrisi, kesehatan, pendidikan dan segala kebutuhan anak saja karena Rachel pun memerhatikan jenis mainan yang diberikan kepada putra serta putrinya. 

Salah satu cara Rachel dalam melatih kesabaran dari Xabiru, dirinya mengikutsertakan putranya untuk belajar membuat playdough sendiri. Ketika membuat playdough dari awal, maka Xabiru juga berlatih untuk berkreasi terhadap bahan-bahan yang sudah disiapkan.

"Butuh kesabaran memang ketika membuatnya, kira-kira 30 menit," tulis Rachel Vennya dalam unggahannya di Instagram. 

Demi mendapatkan kualitas playdough yang diinginkan, Rachel Vennya dan Xabiru harus sama-sama belajar sabar. Kegiatan membuat playdough ini sangat menyenangkan dan tentu berkesan untuk anak karena mengharuskannya untuk sabar. 

Tak hanya bisa melatih keterampilan, kesabaran dan mengenalkan proses untuk membuat playdough. Keseruan yang diciptakan oleh Rachel Vennya dan Xabiru juga dijadikan momen untuk belajar mengenal warna.

3. Mengikutsertakan Xabiru untuk memasak bersama

Mengisi waktu bersama anak-anak memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melibatkan anak ketika memasak. 

Hanya saja perlu diingat bahwa aktivitas di dapur dengan melibatkan anak perlu disesuaikan dengan usia serta perkembangannya. Mengingat ada berbagai peralatan masak yang bisa membahayakan keamanan si Kecil. 

Hal lain yang diajarkan oleh Rachel Vennya kepada Xabiru untuk melatih kesabaran yakni dengan mengikutsertakan dirinya untuk memasak. Tidak hanya bisa memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi saja, namun mengajarkan berposes dalam menciptakan sebuah makanan. 

Aktivitas memasak memang membutuhkan proses pastinya, mulai dari mengolah bahan mentah hingga benar-benar menjadi makanan yang siap untuk disajikan. Ketika berproses, maka kesabaran anak juga diuji agar tetap bisa menyelesaikan setiap tahapan ketika memasak. 

Jika diperhatikan Rachel Vennya sempat mengunggah beberapa momen kebersamaannya dengan Xabiru ketika memasak. 

Itulah beberapa gaya parenting yang sempat dibagikan oleh Rachel Vennya di Instagram pribadinya. Belajar dari istri dari Niko Al-Hakim ini, Mama bisa menerapkan hal serupa untuk anak-anak di rumah. 

Hanya saja perlu diingat bahwa setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga melatih kesabaran anak tetap perlu konsiten dan pendampingan dari orangtua.

Tetap semangat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.