5 Rekomendasi Obat Batuk Berdahak Anak Beserta Kisaran Harganya

Ini beberapa rekomendasi obat batuk berdahak untuk si Kecil nih, Ma!

9 Oktober 2020

5 Rekomendasi Obat Batuk Berdahak Anak Beserta Kisaran Harganya
chw.org

Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak, termasuk kondisi berdahak. Jika si Kecil mengalami batuk berdahak, maka dahak atau lendirnya dapat menganggu saluran pernapasan. 

Batuk berdahak pada anak memang bisa disembuhkan melalui cara alami, namun Mama pun bisa menggunakan obat batuk bermerek jika kondisinya tak kunjung sembuh. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat berdampak buruk untuk kondisi kesehatannya bahkan menurunkan imunitas tubuh. 

Jika Mama ingin mencari beberapa rekomendasi obat batuk berdahak anak, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasinya. 

Catat dan perhatikan rekomendasi obat batuk berdahak untuk si Kecil ya, Ma!

1. Bisolvon Kid

1. Bisolvon Kid
chemistwarehouse.com.au

Anak-anak yang mengalami batuk berdahak seringkali membuatnya tidak nyaman saat sedang beraktivitas. Kondisi batuk berdahak dapat disebabkan karena si Kecil sedang mengalami pilek disertai dengan demam. 

Untuk mengurangi batuk berdahak, Mama dapat memberikan Bisolvon Kid sirup 
ebagai salah satu obat batuk bermerek untuk anak-anak. Namun, perlu diperhatikan kalau obat yang satu ini baru bisa dikonsumsi ketika si Kecil sudah berusia 2 tahun. 

Selain memiliki beragam varian rasa yang membantu anak-anak lebih mudah saat diminta minum obat, Bisolvon Kid memiliki kandungan Bromhexine HCL. Kandungan ini berguna untuk mengencerkan dahak, lendir dan memperbaiki sistem pernapasannya. 

Bisolvon Kid sirup 60 ml bisa dibeli apotek dengan harga Rp 40.000 - Rp 50.000. 

Editors' Picks

2. Actifed Plus Expectorant

2. Actifed Plus Expectorant
bukalapak.com

Rekomendasi obat batuk berdahak untuk anak yang bisa menjadi pilihan yaitu Actifed Plus Expectorant. Perlu Mama ketahui bahwa obat batuk ini dapat membantu si Kecil dalam meringankan pilek hingga batuk berdahak. 

Actifed Plus Expectorant memiliki kerja expectorant yang dapat menurunkan produksi lendir dengan cara meningkatkan volume serta kandungan air dari sekresi tenggorokan. Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, maka obat batuk ini dapat membantu si Kecil dalam mengeluarkan dahak. 

Obat batuk berdahak Actifed Plus Expectorant ini bisa aman dikonsumsi oleh anak-anak mulai dari usia 2 tahun sampai orang dewasa. Sebelum dikonsumsi, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Dengan kandungan senyawa dari golongan pyrolidine, obat batuk berdahak ini dapat menyebabkan lebih cepat mengantuk. Actifed Plus Expectorant 60 ml bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 45.000 - 65.000 tergantung tempat pembelian. 

3. Triaminic Ekspektoran

3. Triaminic Ekspektoran
Tokopedia.com/multivita

Batuk yang disertai dengan keluarnya dahak dapat menimbulkan ketidaknyamanan untuk si Kecil apalagi saat sewaktu-waktu muncul di malam hari. 

Untuk meredakan batuk berdahak pada anak-anak, Mama sebagai orangtua bisa memberikan Triaminic Ekspektoran sebagai salah satu pilihan jenis obat batuk bermerek.

Obat batuk yang satu ini dapat mengatasi beberapa gejala yang menganggu keseharian si Kecil seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, pernapasan yang tersendat hingga batuk disertai dengan dahak. 

Triaminic Ekspektoran varian lemon mengandung pseudoephedrine HCl dan guaifenesin. Perlu diketahui bahwa pseudoephedrine HCl membantu dalam melebarkan saluran pernapasan serta menyempitkan pembuluh darah, semantara guaifenesin bisa membantu dalam mengumpulkan dahak di dalam tenggorokan dan mempercepat pengeluarannya. 

Triaminic Ekspektoran 60 ml bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 60.000 - 75.000.

4. Uni Baby Cough 

4. Uni Baby Cough 
Bukalapak.com/Apotek Habibi Farma

Uni Baby Cough jenis sirup bisa menjadi rekomendasi obat yang dapat menyembuhkan batuk berdahak bahkan untuk usia anak di bawah 1 tahun. 

Obat batuk khusus anak-anak ini memiliki komposisi yang sempurna karena mengandung Paracetamol, Glyceryl guaiacols, Chlorpheniramini maleat dan Oleum anise. Berbagai kandungan ini dapat meringankan batuk berdahak hingga berujung sembuh. 

Mama tak perlu khawatir jika si Kecil enggan untuk mengonsumsinya karena obat batuk berdahak yang satu ini memiliki rasa yang manis, sehingga mudah dikonsumsi oleh anak-anak dan tidak menimbulkan efek samping. 

Uni Baby Cough Syrup ukuran 60 ml dijual dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar Rp 6.000 - 12.000. 

5. Anakonidin Sirup

5. Anakonidin Sirup
Bukalapak.com/Tugu Pahlawan Shope

Rekomendasi lain yang bisa meredakan batuk berdahak pada anak-anak yaitu Anakonidin. Namun, perlu diketahui bahwa obat batuk berdahak rasa blueberry ini baru bisa digunakan untuk usia 2-5 tahun. 

Tak hanya bisa meredakan batuk berdahak saja, namun Anakonidin bisa menyembuhkan demam, sakit kepala, hidung tersumbat hingga alergi. Dextromethrophan di dalam obat batuk ini dapat berfungsi dalam mengencerkan dahak, sehingga mudah dikeluarkan secara bersamaan dengan batuk.  

Anakonidin sirup 60 ml dijual dengan harga 14.000 - 18.000.  

Nah, itulah beberapa merek obat batuk berdahak yang bisa direkomendasikan untuk anak-anak. Namun, jika batuk si Kecil bertambah parah dan tak kunjung sembuh sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter. 

Semoga beberapa rekomendasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.