Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Autis yang Bisa Diketahui Sejak Dini

Mengenali ciri-ciri autisme pada anak sejak dini itu perlu lho Ma!

10 September 2020

Kenali 8 Ciri-Ciri Anak Autis Bisa Diketahui Sejak Dini
Freepik/ Freepic.diller

Ciri-ciri anak autisme dapat dikenali sedini mungkin, bahkan sejak bayi berusia 6 bulan. Namun, ciri-ciri autisme akan semakin jelas terlihat ketika anak memasuki usia balita.

Autisme merupakan kelainan perkembangan sistem saraf dan gangguan pada otak yang menyebabkan beberapa area di dalam otak tidak mampu bekerjasama.

Autisme dapat disebabkan oleh beberapa faktor termasuk faktor genetik dan lingkungan.

Namun, dengan mengenali ciri-ciri autisme Mama dapat mendeksi autisme anak sejak dini. Sehingga Mama bisa memberikan tindakan atau terapi untuk membantu si Kecil menyesuaikan diri dengan orang lain.

Nah, berikut ini Popmama.com sudah merangkum 7 ciri-ciri anak autis yang bisa dikenali sejak dini.

1. Kesulitan komunikasi baik verbal maupun non verbal

1. Kesulitan komunikasi baik verbal maupun non verbal
pixabay.com/nastya_gepp

Ciri-ciri anak autisme yang pertama adalah kesulitan komunikasi dengan orang lain, baik secara verbal maupun non verbal.

Anak-anak autisme biasanya sulit melakukan komunikasi verbal seperti berbicara, membaca, dan menulis. Bahkan anak dengan autisme juga memiliki kesulitan untuk memahami perkataan dan mengikuti petunjuk.

Bukan hanya komunikasi verbal, anak autisme juga sulit memahami komunikasi non verbal atau penggunaan bahasa tubuh seperti menunjuk dan melambai. Selain itu, ia juga tidak melakukan kontak mata saat berbicara.

2. Gangguan dalam berhubungan sosial

2. Gangguan dalam berhubungan sosial
themagpieproject.org

Dalam berhubungan sosial anak dengan autisme lebih sulit berbaur dengan orang lain atau anak sebayanya. Hal itu dikarenakan ia terlalu asyik dengan dunianya sendiri. Ia juga sulit mengerti dan memahami perasaan orang lain.

Semua yang ia sukai menjadi miliknya sendiri dan sulit berbagi dengan teman. Sehingga anak autisme akan lebih memilih untuk menyendiri dibandingkan berbaur dengan orang disekitarnya.

3. Melakukan tantrum untuk mengungkapkan keinginannya

3. Melakukan tantrum mengungkapkan keinginannya
parentinghub.co.za

Apa anak Mama sering tantrum untuk mengungkapkan keinginannya? Jika itu terjadi, bisa saja anak Mama mengalami autisme.

Sebab, selain kesulitan komunikasi dan interaksi sosial, ciri-ciri anak autisme lainnya adalah sulit untuk mengungkapkan ekspresi. Sehingga tantrum menjadi pilihan untuk mendapatkan keinginannya.

Editors' Picks

4. Kesulitan beradaptasi dengan perubahan rutinitas

4. Kesulitan beradaptasi perubahan rutinitas
rawpixel.com/149024

Ciri-ciri anak autisme selanjutnya adalah sulit beradaptasi dengan perubahan rutinitas. Terlebih jika kegiatan itu belum pernah ia lakukan sebelumnya atau tidak sesuai dengan keinginannya.

Ia akan merasa ketakutan untuk mencoba hal baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Hal ini juga disebabkan karena kesulitannya berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

5. Memiliki kemampuan luar biasa dalam satu bidang

5. Memiliki kemampuan luar biasa dalam satu bidang
freepik.com/Prostooleh

Setiap ada kekurangan pasti ada kelebihan Ma, termasuk pada anak dengan autisme yang memiliki kemampuan luar biasa dalam suatu bidang.

Kesulitannya beradaptasi dan memulai hal baru akan membuatnya semakin terfokus pada suatu bidang sehingga menjadikan anak Mama sangat memahami dan terampil dalam bidang tersebut. Apa pun kemampuannya dukung terus Ma, agar dapat berkembang baik.

6. Melakukan hal yang sama secara berulang

6. Melakukan hal sama secara berulang
health.wusf.usf.edu

Ketika anak autisme menyukai sesuatu, ia akan melakukannya berulang-ulang. Dan terus membicarakan hal yang ia sukai kepada semua orang.

Gerakan yang paling sering dilakukan anak autisme secara berulang adalah mengibaskan tangannya.

7. Asyik dengan dunianya sendiri

7. Asyik dunia sendiri
Pexels/Anna Shvets

Ciri anak autis yang umum terjadi adalah mereka merasa asyik dengan dunianya sendiri. Anak merasa terganggu dengan suara berisik di sekitarnya.

Kalau sudah seperti ini, anak bisa bereaksi seperti melirik, menoleh atau berteriak. 

8. Kekuatan salah satu indra atau lebih

8. Kekuatan salah satu indra atau lebih
understood.org

Ciri-ciri anak autisme yang terakhir adalah memiliki satu atau beberapa kekuatan lebih dari kelima indra. Kekuatan ini bisa berupa pendengaran, penglihatan atau penciuman yang lebih tajam dari pada anak normal lainnya.

Hal ini bisa saja mejadi kelebihan atau kekurangan baginya tergantung bagaimana ia menyikapinya. Karena jika anak yang memiliki pendengaran tajam bisa saja merasa sangat terganggu dengan bising atau keramaian yang tidak di inginkan.

Namun, jika ia bisa mengatasinya dengan baik hal ini dapat menguntungkan dan menunjang bakatnya.

Nah, itulah 8 ciri-ciri anak autisme yang bisa Mama kenali sejak dini. Jika merasa anak mama menunjukan lebih dari satu ciri-ciri autisme, sebaiknya Mama segera memeriksakan kondisi anak Mama ke dokter spesialis anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.