Camilan Sehat Balita, Coba Yuk Resep Pancake Pisang dan Kacang Kenari

Tak hanya nikmat, namun juga sehat untuk si Kecil!

10 April 2021

Camilan Sehat Balita, Coba Yuk Resep Pancake Pisang Kacang Kenari
Freepik/User13763324

Apakah Mama sering bingung saat ingin menyediakan camilan untuk anak? Jika membeli camilan kemasan, seringkali Mama ragu tentang bahan-bahannya yang belum tentu aman untuk si Kecil, selain itu nutrisi yang rendah membuat Mama perlu berpikir dua kali untuk membeli camilan kemasan.

Salah satu solusinya adalah dengan membuat camilan sehat untuk anak. Panekuk pisang dan kacang kenari menjadi pilihan baik untuk memperkenalkan makanan kecil pada balita, makanan ini juga memiliki lembut dan mudah dikunyah.

Berbagai manfaat lainnya membuat panekuk ini menjadi makanan yang tepat balita. Pancake yang dibuat dengan mengikuti resep sederhana ini juga pasti akan disukai si Kecil. Seperti apa resepnya?

Yuk simak resep pancake pisang dan kacang kenari yang telah Popmama.com siapkan berikut ini!

Manfaat Pancake Pisang dan Kacang Kenari bagi Kesehatan Balita

Manfaat Pancake Pisang Kacang Kenari bagi Kesehatan Balita
Freepik/Willeroy

Sebelum mengetahui bahan-bahan yang digunakan, tak lengkap bila Mama belum mengetahui manfaat kesehatan yang didapatkan balita setelah menyantap panekuk pisang dan kacang kenari untuk balita. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Pisang dan gandum sama-sama kaya serat dan membantu gangguan pencernaan.
  • Selain itu pisang dan gandu membuat balita cepat kenyang untuk durasi yang lebih lama.
  • Pisang dan kenari dikemas dengan nutrisi penting termasuk kalium, kalsium, vitamin, dan lain-lain. Membantu pertumbuhan berat badan.
  • Oat juga kaya akan Vitamin B-6, Vitamin K, Vitamin E, folat, niasin, riboflavin, dan lain-lain, serta mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Jika si Kecil tidak menyukai banyak tekstur pada pancake ini, campurkan gandum dan kenari untuk membuat tepung halus.

Nah setelah mengetahui manfaat kesehatan apa yang didapatkan, kini Mama bisa catat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pancake pisang dan kacang kenari untuk balita!

Editors' Picks

1. Bahan-bahan pancake pisang dan kacang kenari yang perlu disiapkan

1. Bahan-bahan pancake pisang kacang kenari perlu disiapkan
Freepik/topntp26

Pancake pisang kacang kenari ini dapat disajikan untuk balita berusia 14 bulan ke atas sebagai menu sarapan, camilan pagi, makan siang, atau kudapan malam.

Bahan-bahan yang perlu Mama siapkan:

  • 1 pisang ukuran sedang dan matang
  • 1 telur ukuran sedang
  • 1-2 sdt mentega
  • ¼ cangkir oat
  • 2 sdm kacang kenari yang dihaluskan
  • 1-2 sdt madu (opsional)

2. Cara membuat pancake pisang dan kacang kenari yang sederhana

2. Cara membuat pancake pisang kacang kenari sederhana
Freepik/User13763324

Ikuti petunjuk langkah demi langkah berikut untuk membuat pancake pisang dengan kacang kenari yang nikmat dan sehat sebagai menu camilan si Kecil.

Cara membuat:

  1. Kupas pisang yang sudah matang sempurna dan haluskan dengan baik menggunakan garpu, pastikan tidak ada gumpalan yang tersisa, atau Mama juga bisa membuat bubur halus menggunakan blender.
  2. Ambil mangkuk, pecahkan telur dan kocok hingga berbusa.
  3. Masukkan pisang yang telah dihaluskan ke dalam kocokan telur dan aduk rata.
  4. Sekarang campur oat dan bubuk kenari ke dalam campuran pisang, dan aduk dengan benar untuk mendapatkan campuran tanpa gumpalan.
  5. Siapkan wajan datar dan panaskan dengan api sedang.
  6. Olesi wajan dengan mentega sebelum menuangkan adonan pancake ke atasnya.
  7. Tuang sedikit campuran di atas wajan.
  8. Masak pancake selama sekitar 2 menit dari kedua sisi hingga berubah menjadi cokelat keemasan.
  9. Ulangi proses ini sampai semua bahan pancake habis.
  10. Sajikan hangat dan tuangkan sedikit madu untuk menambah rasa.

Tips Resep Pancake Pisang Kacang Kenari Agar Lebih Sehat

Tips Resep Pancake Pisang Kacang Kenari Agar Lebih Sehat
Freepik/Zefirchic06

Bagaimana Ma, mudah bukan cara pembuatannya? Namun agar pancake pisang dan kacang kenarinya semakin maksimal untuk kesehatan anak, sebaiknya ikuti beberapa tips resep di bawah ini:

  • Gunakan kenari hanya jika balita tidak alergi. Mama dapat menggunakannya dalam potongan kecil jika si Kecil menyukainya. Namun bentuk bubuk lebih disukai untuk memberinya manfaat kacang kenari.
  • Pancake ini bisa disimpan untuk digunakan untuk camilan selanjutnya, namun pastikan Mama menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap segar dan lembab.
  • Menuangkan madu adalah opsional, Mama bisa menyajikan pancake tanpa menambahkan madu karena pisang juga membuatnya manis.
  • Mama juga bisa menambahkan irisan pisang cincang menjadi topping tambahan ke dalam resep jika balita sudah bisa mengunyah dengan benar.
  • Selalu cuci tangan dengan baik sebelum memasak makanan apapun. Semua peralatan juga harus dicuci dan dibersihkan dengan benar sebelum digunakan.
  • Resep ini tidak memerlukan tambahan gula, karena pisang matang itu memiliki rasa manis, tetapi jika si Kecil lebih suka makanan manis, tuangkan sedikit madu dalam adonan.

Sekarang Mama sudah tahu cara membuat panekuk pisang dan kacang kenari. Jadi tunggu apalagi? Cukup kumpulkan bahan-bahannya dan mulailah menyiapkan makanan yang sehat dan lezat untuk si Kecil. Selamat mencoba resepnya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.